Sukses

Pengertian Lotyn

Lotyn merupakan obat di produksi oleh Interbat. Obat ini mengandung Lovastatin yang diindikasikan untuk mengurangi kadar kolesterol total & LDL pada pasien dengan hiperkolesterolemia primer ketika respons terhadap diet lipid & kolesterol atau tindakan nonfarmakologis lainnya tidak memadai. Penurunan kadar kolesterol tinggi pada pasien dengan kombinasi hiperkolesterolemia (tingginya kadar kolesterol dalam darah) & hipertrigliseridemia (tingginya kadar trigliserida dalam darah). Mekanisme kerja obat ini adalah Lovastatin mengurangi kolesterol dengan secara kompetitif menghambat reduktase HMG-CoA, sehingga membatasi biosintesis kolesterol.

Keterangan Lotyn

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Obat Dislipidemia
  • Kandungan: Lovastatin 20 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Dus, 3 Strip @ 10 tablet
  • Farmasi: Interbat.

Kegunaan Lotyn

Lotyn digunakan untuk untuk mengurangi kadar kolesterol total & LDL pada pasien dengan hiperkolesterolemia primer ketika respons terhadap diet lipid & kolesterol atau tindakan nonfarmakologis lainnya tidak memadai. Penurunan kadar kolesterol tinggi pada pasien dengan kombinasi hiperkolesterolemia & hipertrigliseridemia.

Dosis & Cara Penggunaan Lotyn

Obat Keras. Harus dengan Resep Dokter. Aturan penggunaan:

Dewasa, Dosis awal: 20 mg sebagai dosis tunggal pada malam hari. Dosis ditingkatkan jika perlu setelah interval 4 minggu hingga maksimal 80 mg / hari untuk diminum dalam 2 dosis terbagi.

Efek Samping Lotyn

Efek Samping yang mungkin terjadi adalah:
Diare, mual, dispepsia (rasa tidak enak pada bagian perut), vertigo, pusing, ruam, iritasi mata, ophthalmoplegia (kelemahan otot mata), alopecia
(kebotakan).

Kontraindikasi:
Pasien dengan diagnosis penyakit hati aktif atau peningkatan transaminase serum persisten yang tidak dapat dijelaskan, laktasi.

Interaksi Obat:
Imunosupresan, gemfibrozil, niasin, eritromisin.

Kategori Kehamilan:
Kategori X: Studi pada hewan atau manusia telah menunjukkan kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman manusia. Risiko penggunaan obat ini pada wanita hamil jelas melebihi manfaat yang diharapkan. Obat ini dikontraindikasikan pada wanita hamil dan wanita usia subur yang memiliki kemungkinan hamil.

Artikel
    Penyakit Terkait