Sukses

Pengertian Icunes

Icunes adalah produk obat yang memiliki kandungan zat aktif Dexmedetomidine HCl dengan bentuk sediaan injeksi, diproduksi oleh Novell Pharmaceuticals Laboratories. Icunes digunakan untuk obat penenang untuk tindakan sebelum operasi. Penggunaan Icunes harus dengan pengawasan dokter dan dilakukan oleh Tenaga Medis Profeisonal.

Keterangan Icunes

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Hipnotik dan Sedatif
  • Kandungan: Dexmedetomidine HCl 100 mcg/mL
  • Bentuk: Cairan Injeksi
  • Satuan Penjualan: Vial
  • Kemasan: Box, 1 Vial @ 2 mL
  • Farmasi: Novell Pharmaceuticals Laboratories.

Kegunaan Icunes

Icunes digunakan sebagai obat penenang dengan analgesik untuk penggunaan ICU.

Dosis & Cara Penggunaan Icunes

Icunes termasuk dalam golongan obat keras, maka dari itu penggunaan obat ini harus dengan anjuran resep dokter.

Dewasa: 1 mcg / kg Intravena selama 10 menit, diikuti dengan infus pemeliharaan 0.2-0.7 mcg/kg/jam, disesuaikan untuk mencapai efek sedatif yang diinginkan.

Cara Penyimpanan:
Simpan pada suhu 25°C.

Efek Samping Icunes

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Icunes antara lain Hipotensi, hipertensi, bradikardia (menurunnya irama detak jantung), mual, mulut kering, dan sifat tidur.

Kontraindikasi:
Hindari penggunaan Icunes pada pasien yang memiliki Blok AV derajat 2 atau 3, hipotensi yang tidak terkontrol, gangguan serebrovaskular akut.

Interaksi obat:
Berikut adalah beberapa Interaksi obat yang umumnya terjadi saat penggunaan Icunes:
Meningkatkan efek anestesi, sedatif, hipnotik dan opioid.

Kategori kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengategorikan Icunes ke dalam Kategori C:
Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.

Overdosis:

  • Pemberian Icunes yang melebihi dosis yang dianjurkan akan menimbulkan gejala, seperti denyut jantung lambat, tekanan darah rendah, mengantuk, henti jantung.
  • Jika terjadi overdosis, segera obati henti sinus dengan atropin dan glikopirrolat. Resusitasi diperlukan dalam kasus terisolasi overdosis parah yang mengakibatkan henti jantung.
Artikel
    Penyakit Terkait