Sukses

Pengertian Futrolit

Futrolit adalah sediaan infus yang digunakan untuk membantu mengatasi kebutuhan karbohidrat, cairan, dan elektrolit pada masa sebelum, selama dan sesudah operasi. Futrolit juga digunakan untuk membantu mengatasi dehidrasi isotonik (kondisi dimana tubuh kehilangan banyak air dan juga natrium dengan kadar yang sama).

Keterangan Futrolit

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Obat
  • Kandungan: Sodium Chloride 1.812 gram, Potassium Chloride 0.671 gram, Calcium Chloride dihidroksida 0.147 gram, Magnesium Chloride 0.305 gram, Sodium acetate 2.586 gram, Sorbitol 25 gram, Air injeksi hingga 500 mL
  • Bentuk: Cairan Injeksi
  • Satuan Penjualan: Softbag
  • Kemasan: Softbag @ 500 mL
  • Farmasi: Sanbe Farma.

Kegunaan Futrolit

Futrolit digunakan untuk membantu mengatasi kebutuhan karbohidrat, cairan dan elektrolit pada masa sebelum, selama dan sesudah operasi.

Dosis & Cara Penggunaan Futrolit

Futrolit merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembelianya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan futrolit juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu. Penggunaan Futrolit infus harus dibantu oleh tenaga ahli medis.

Dosis Lazim: 30 mL/kg berat badan/hari.

Cara Penyimpanan
Simpan pada suhu 25-30 derajat Celcius.

Efek Samping Futrolit

Efek samping yang mungkin terjadi adalah respons febril, trombosis vena (pembekuan darah dalam vena) atau flebitis (radang pembuluh darah) yang meluas dari tempat injeksi, rasa nyeri pada tempat injeksi.

Kontraindikasi
Tidak boleh diberikan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu komposisi dari futrolit.

 

Artikel
    Penyakit Terkait