Sukses

Pengertian Buvanest Spinal

Buvanest Spinal mengandung Bupivacaine. Obat ini adalah sejenis anestesi atau obat bius yang digunakan dalam menahan rasa sakit, pembiusan selama operasi, serta untuk mencegah atau meringankan rasa sakit pasca operasi. Bupivacaine bekerja dengan menghambat penghantaran sinyal pada syaraf. Hal ini tercapai dengan menurunkan sensitivitas syaraf terhadap perubahan muatan listrik. Efek obat ini menyebabkan penurunan respon tubuh terhadap rasa sakit; serta menyebabkan kehilangan kesadaran pada dosis yang lebih tinggi.

Keterangan Buvanest Spinal

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Anestesi Lokal
  • Kandungan: Bupivacaine 5 mg
  • Bentuk: Ampul
  • Satuan penjualan: Ampul
  • Kemasan: Box @ 5 Ampul
  • Farmasi: PT Kalbe Farma.

Kegunaan Buvanest Spinal

Buvanest Spinal merupakan obat yang digunakan sebagai obat bius pada operasi pembedahan, menahan rasa sakit pasca operasi.

Dosis & Cara Penggunaan Buvanest Spinal

Buvanest Spinal adalah obat keras. Obat ini tidak dapat dibeli tanpa resep Dokter dan tidak tersedia diluar apotek atau toko obat terstandar. Obat ini hanya dapat digunakan oleh tenaga medis profesional.

Efek Samping Buvanest Spinal

Setiap obat pasti memiliki efek samping. Akan tetapi, efek samping yang dirasakan setiap orang bisa saja berbeda-beda. Adapun efek samping yang mungkin anda rasakan selama mengonsumsi obat ini adalah:
- Penurunan detak jantung
- Kekurangan tekanan darah
- Darah tinggi
- Mual dan muntah
- Penglihatan berbayang
- Gangguan syaraf
- Luka pada jaringan syaraf tepi
- Peradangan pada membran pelindung syaraf
- Kelemahan otot
- Kelumpuhan tubuh bagian bawah
- Kejang-kejang
- Sensasi seperti ditusuk jarum
- Tubuh gemetaran
- Pusing dan sakit kepala
- Reaksi alergi
- Serangan jantung.
Apabila anda mengalami efek yang tidak seharusnya; efek samping yang anda rasakan tidak kunjung membaik; atau kondisi justru memburuk, segera hentikan penggunaan obat ini dan konsultasikan pada Dokter.

Kontraindikasi:
Tidak boleh diberikan pada pasien dengan riwayat penyakit Sistem Saraf Pusat aktif (misalnya meningitis /Radang selaput otak dan sumsum tulang belakang, biasanya disebabkan oleh infeksi), perdarahan intrakranial (Kondisi darurat ketika pembuluh darah yang pecah menyebabkan pendarahan di dalam otak), TBC tulang belakang (Penyakit ini umumnya menginfeksi tulang belakang pada area toraks (dada belakang) bagian bawah dan vertebra lumbalis (pinggang belakang) atas), infeksi piogenik pada tempat suntikan.

Interaksi Obat:
- Lidokain
- Mexiletine
- Obat pelambat denyut nadi
- Hyaluronidase
- Cimetidine
- Ranitidine
- Beta bloker
- Bloker kanal Kalsium

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Buvanest Spinal ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.

Artikel
    Penyakit Terkait