Sukses

Pengertian Bufaflam

Bufaflam adalah gel pereda nyeri yang diproduksi oleh PT. Bufa Aneka. Bufaflam digunakan untuk mengobati peradangan pada tendon, ligamen, otot, dan sendi yang disebabkan oleh trauma. Bufaflam mengandung Diclofenac diethylamine yang termasuk kedalam golongan obat nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID).

Keterangan Bufaflam

  • Golongan: Obat Bebas Terbatas
  • Kelas Terapi: NSAID
  • Kandungan: Diclofenac diethylamine 11,6 mg
  • Bentuk: Emulgel
  • Satuan Penjualan: Tube
  • Kemasan: Box, Tube @ 20 gram
  • Farmasi: Bufa Aneka.

Kegunaan Bufaflam

Bufaflam digunakan untuk mengobati peradangan pada tendon, ligamen, otot, dan sendi yang disebabkan oleh trauma.

Dosis & Cara Penggunaan Bufaflam

Oleskan tipis-tipis pada kulit yang sakit 3-4 kali sehari.

Cara Penyimpanan:
Simpan pada suhu antara 20-25°C. Lindungi dari panas.

Efek Samping Bufaflam

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan obat ini adalah gatal & kemerahan pada kulit.

Kontraindikasi:
Hipersensitif terhadap diklofenak, asam salisilat, NSAID lainnya, isopropanol atau propilen glikol. Pasien dengan asam asetilsalisilat (aspirin) atau NSAID lainnya menginduksi asma, urtikaria, atau rinitis akut.

Kategori kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengategorikan Bufaflam ke dalam Kategori C:
Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.

Overdosis:

  • Pemberian Bufaflam yang melebihi dosis yang dianjurkan akan menimbulkan gejala, seperti kelesuan, tinitus, sakit kepala, mengantuk, mual, muntah, diare, pusing, nyeri ulu hati, perdarahan saluran cerna, kejang-kejang; jarang, reaksi anafilaktoid, hipertensi, depresi pernapasan, gagal ginjal akut, koma.
  • Jika terjadi overdosis, segera lakukan pengobatan simtomatik dan suportif (dibantu oleh tenaga medis profesional). Pertahankan jalan napas. Pemberian arang aktif dalam waktu 1 jam konsumsi atau lakukan bilas lambung. Dapat melakukan katarsik osmotik dalam waktu 4 jam konsumsi.
Artikel
    Penyakit Terkait