Sukses

Pengertian Allergen

Allergen adalah obat yang digunakan untuk mengobati pilek, bersin-bersin, mata berair, gatal pada mata, hidung, tenggorokan atau kulit, yang disebabkan oleh reaksi alergi dan influenza. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati rinitis alergi, urtikaria (kelainan kulit akibat alergi).
Allergen mengandung Chlorpheniramine maleate. Obat ini bekerja dengan cara menghambat kerja histamin, senyawa di dalam tubuh yang memicu terjadinya gejala alergi. Saat alergi terjadi, produksi histamin dalam tubuh meningkat secara berlebihan sehingga memunculkan gejala dari reaksi alergi. Allergen mempunyai efek sebagai obat penenang ringan.

Keterangan Allergen

  • Golongan: Obat Bebas Terbatas.
  • Kelas Terapi: Antihistamin.
  • Kandungan: Chlorpheniramine Maleate 4 mg.
  • Bentuk: Tablet.
  • Satuan Penjualan: Strip.
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet.
  • Farmasi: Novapharin.

Kegunaan Allergen

Kegunaan Allergen (CTM) adalah untuk mengobati pilek, bersin-bersin, mata berair, gatal pada mata, hidung, tenggorokan atau kulit, yang disebabkan oleh reaksi alergi, influenza. Obat ini juga sering digunakan sebagai obat rinitis alergi, urtikaria (kelainan kulit akibat alergi).

Dosis & Cara Penggunaan Allergen

Dosis yang diberikan untuk dewasa dan anak-anak usia 12 tahun atau lebih : 1 tablet (4 mg), untuk anak usia 6 hingga di bawah 12 tahun : 1/2 tablet (4 mg). Anak di bawah usia 6 tahun : konsultasikan dengan Dokter.

Efek Samping Allergen

Efek samping yang mungkin terjadi dalam penggunaan obat Allergen 4 mg Tablet adalah depresi sistem saraf pusat, palpitasi (jantung berdebar), takikardia (detak jantung lebih 100 kali per menit), penglihatan kabur, diplopia (pandangan ganda), mual, mulut kering, diare, anoreksia, arthralgia (nyeri sendi), pusing, sakit kepala, retensi urin (kesulitan mengosongkan urin), radang tenggorok.

Kontraindikasi
Allergen sebaiknya tidak digunakan untuk pasien dengan riwayat asma akut, glaukoma sudut tertutup akut, obstruksi leher kandung kemih, pembesaran prostat jinak, ulkus peptikum (luka pada bagian atas usus kecil atau lambung).

Interaksi Obat
- Dapat meningkatkan efek sedatif hipnotik (golongan obat depresi sistem saraf pusat), ansiolitik (obat penenang), analgesik opioid (pereda nyeri), neuroleptik (obat penenang).
- Dapat menghambat sistem kerja fenitoin yang dapat menyebabkan toksisitas fenitoin.
- Dapat meningkatkan efek antikolinergik dengan MAOI (golongan antidepresan).

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Allergen Tablet ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

“Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).”

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat seperti Allergen Tablet selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.