Sukses

Pengertian Afucid

Afucid merupakan sediaan krim yang mengandung Fucidic Acid. Afucid termasuk dalam golongan Antibiotik yang digunakan untuk membantu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh pertumbuhan pada bakteri seperti impetigo (infeksi kulit yang menular yang biasa menyerang bayi dan anak-anak), infeksi akibat terpotong/tersayat dan infeksi dermatitis (peradangan pada kulit). Afucid hanya bekerja untuk membantu mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, sedangkan pada infeksi yang disebabkan oleh virus maupun jamur tidak akan berhasil. Asam fusid mengganggu translokasi subunit peptida dan memperpanjang rantai peptida bakteri yang rentan, sehingga menghambat sintesis protein bakteri. Hindari penggunaan Afucid yang tidak tepat dapat menyababkan resistensi (bakteri menjadi kebal) dan penurunan efektifitas kerja dari obat tersebut.

Keterangan Afucid

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antibiotik Topikal
  • Kandungan: Fucidic Acid 2%
  • Bentuk: Krim
  • Satuan Penjualan: Tube
  • Kemasan: Tube 5 Gram
  • Farmasi: Ferron.

Kegunaan Afucid

Afucid Krim digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada kulit.

Dosis & Cara Penggunaan Afucid

Afucid termasuk ke dalam Golongan Obat Keras, sehingga pada setiap pembelian dan penggunaannya harus menggunakan resep Dokter.

Afucid Krim digunakan dengan dioleskan tipis-tipis pada kulit yang membutuhkan, 3-4 kali sehari. Maksimal pengobatan dengan Afucid Krim adalah 7 hari.

Efek Samping Afucid

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Afucid, antara lain iritasi, urtikaria (biduran), ruam kulit termasuk gatal, kulit mengelupas, bersisik dan benjol.

Kontraindikasi:
Hindari penggunaan Afucid pada pasien yang memiliki indikasi hipersensitif.

Interaksi Obat:
Berikut adalah beberapa Interaksi obat yang umumnya terjadi saat penggunaan Afucid:
- Aksi sinergis dengan penisilin antistaphylococcal.
- Antagonisme dengan Ciprofloxacin.

Artikel
    Penyakit Terkait