Potret Tokoh

From the Desk of the Dean: Pendidikan Kedokteran di Era Perdagangan Bebas
3726 views

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  
Dr. dr. Soegianto Ali, M.Med.Sc
Dr. dr. Soegianto Ali, M.Med.Sc
Dekan Fakultas Kedokteran Atma Jaya, Jakarta

Dimulainya Pasar Bebas ASEAN - Pada tahun 2015 akan diberlakukan pasar bebas untuk ASEAN. Pasar bebas tersebut meliputi pekerja dengan keahlian khusus, termasuk dokter.

Dengan dimulainya era tersebut, secara prinsip dokter Indonesia dapat bekerja di negara ASEAN lainnya, namun sebaliknya dokter-dokter dari negara ASEAN lainnya juga dapat bekerja di Indonesia.

Kondisi di atas kemudian lebih sering dianggap sebagai ancaman terhadap dokter di Indonesia, bukan dianggap sebagai kesempatan. Di satu sisi kecemasan ini bukannya tidak memiliki dasar.

Menurut Kompas, diperkirakan terdapat 300.000 warga negara Indonesia yang berobat ke Singapura pada tahun 2010 (Kompas.com 9 September 2014).

Sinar Harapan menyebutkan 56% dari 500.000 pasien asing yang berobat di Malaysia berasal dari Indonesia (Sinarharapan.co 25 Februari 2014).

Thailand pun memiliki industri kesehatan yang cukup siap dipasarkan ke berbagai negara. Sementara itu, kita belum banyak mendengar kunjungan khusus pasien-pasien dari negara-negara tersebut untuk berobat ke Indonesia.

Dengan pendekatan dan persiapan yang baik, sesungguhnya pasar bebas ASEAN justru dapat menjadi peluang bagi dokter-dokter kita, bukan merupakan ancaman.

Lalu bagaimana kondisi pendidikan kedokteran di Indonesia di era perdagangan bebas ini? Berikut paparannya:

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

Pilih Berdasarkan:

Kategori
Judul

Pilih Berdasarkan:

Kota
Judul

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media