Potret Tokoh

From the Desk of the Dean: Mengenal Fakultas Kedokteran UPN
5600 views

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 4 Next »  
dr. Mariono Reksoprodjo, Sp.OG, Sp.KP
dr. Mariono Reksoprodjo, Sp.OG, Sp.KP
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jakarta

UPN “Veteran” Jakarta lahir pada tahun 1958 berdasarkan surat keputusan Menteri Urusan Veteran RI No : 121/kpts/1958 tanggal 8 Oktober 1958 tentang berdirinya Akademi Pembangunan Nasional (APN) “Veteran”  yang memiliki jurusan Geologi, Pertambangan, Ekonomi Pertanian dan Teknologi Perusahaan.

Pada tanggal 15 Desember 1958 secara resmi dibuka kuliah perdana yang berlangsung di Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) di Yogyakarta, sedangkan peresmiannya dilakukan oleh Menteri Urusan Veteran RI pada tanggal 21 Februari 1959.

Tugas Pokok dari APN adalah membina mental melalui semangat patriotic dan penanaman Pancasila sebagai Falsafah Negara serta sapta marga sebagai pedoman hidup.

Pada tanggal 21 Februari 1967, melalui keputusan Menteri Veteran dan Demobilisasi RI No : 09/kpts/Menvet/1967 , berdirilah PTPN “Veteran” cabang Jakarta yang kemudian berubah menjadi UPN “Veteran” Cabang Jakarta berdasarkan surat keputusan Menhankam / Pangab No : Skep/155/1977 dengan status kedinasan.

Pada awalnya hanya memiliki 3 akademi yaitu Akademi Maritim, Akademi Bank dan Akademi Tekstil.

Sedangkan Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta baru didirikan pada tahun 1993 dan kegiatan belajar mengajarnya baru efektif pada Februari 1994.

Lulusan yang semakin banyak serta adanya tuntutan lapangan pekerjaan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka berdasarkan keputusan Menhankam No: Kep/01/II/1993, UPN “Veteran” Jakarta tidak lagi merupakan cabang dari UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dalam perkembangan selanjutnya berdasarkan keputusan bersama Menhankam, Mendikbud dan Menpan N0: 0307/10/1994 dan Kep/10/XI/1994 Status UPN “Veteran” Jakarta menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Pada awal berdirinya FK UPN “Veteran” Jakarta, direncanakan lulusan dokternya adalah untuk menjadi dokter TNI yang siap untuk mengawaki jajaran kesehatan TNI, namun dalam perkembangannya sampai saat ini banyak pula yang berkarya diluar lingkungan TNI / Polri

Karakter bela negara yang tertanam dalam filosofi “Wydya Mwat Yasa” sejak pendirian UPN “Veteran” menjadi salah satu faktor yang membawa pada proses penegerian UPN “Veteran” Jakarta.

Saat ini proses penegerian UPN “Veteran” Jakarta telah diresmikan oleh Presiden RI tanggal 6 Oktober 2014 yang tertuang dalam Perpres No: 20/2014 tertanggal 6 Oktober 2014 dan diundangkan oleh Menkum Ham RI di Jakarta pada tanggal 9 Oktober 2014 dalam lembaran Negara No : 149/2014

Dari rangkaian sejarah berdirinya, pertumbuhan dan perkembangan UPN “Veteran” Jakarta, terdapat “benang merah” bahwa UPN “Veteran” Jakarta memiliki keterkaitan pada bidang pertahanan. Hal ini mewarnai karakter seluruh civitas akademika UPN “Veteran” Jakarta yang dalam berbagai aktivitasnya senantiasa mengutamakan disiplin.

“Warna bidang pertahanan”ini tampak jelas di dalam visi dan misi pada seluruh fakultas yang ada di UPN “Veteran” Jakarta.

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 4 Next »  

Pilih Berdasarkan:

Kategori
Judul

Pilih Berdasarkan:

Kota
Judul

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media