Berita Terkini

Menuju Indonesia Sehat: 7 Langkah Praktis
1292 views

Menuju Indonesia Sehat: 7 Langkah PraktisMenuju Indonesia Sehat merupakan visi dan misi kesehatan yang perlu kita pahami bersama. Visi dan misi ini menginginkan agar seluruh rakyat Indonesia memiliki kesadaran terhadap kesehatan baik dalam segi pencegahan maupun pengobatan sedini mungkin. Hal ini bermanfaat untuk mencapai taraf kesehatan yang lebih baik secara menyeluruh.

Terdapat 7 langkah praktis strategis untuk dapat mewujudkan Indonesia Sehat, yang terdiri dari 5 langkah pencegahan dan 2 langkah pengobatan:

1) Terus menggalakkan masyarakat untuk hidup sehat, makan bergizi, olahraga, istirahat cukup, dan mengelola stres. Ini penting bukan hanya karena mencegah jauh lebih baik dari mengobati, tapi juga karena masyarakat secara umum sebenarnya relatif siap menerima informasi baik.

2) Membuat aturan-aturan yang mendukung hidup sehat. Yang sudah dilakukan antara lain adalah kegiatan Car Free Day (CFD). New Delhi baru memulai CFD beberapa minggu yang lalu dari Old Delhi sampai India Gate. Paris juga baru memulai di Champ Elysse.

Selain itu, mungkin bagus juga jika dapat seperti New York & Singapore yang memberlakukan peraturan yang ketat mengenai merokok di tempat umum. Atau, Jepang yang mengurangi gula dalam sachet, atau yang secara serius menerapkan 3 jenis tong sampah di semua tempat, dan berbagai aturan jaga kesehatan lainnya.

‎3) Meningkatkan penyediaan fasilitas untuk masyarakat dapat menghentikan kebiasaan buruknya, misalnya klinik berhenti merokok, sarana untuk berhenti dari ketergantungan alkohol, klinik gizi sehat, dan lainnya.

‎4) Menganjurkan dan mempermudah masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara berkala dan teratur, katakanlah setahun sekali untuk orang dewasa. Kegiatan dapat dilakukan baik di klinik, Puskesmas dan RS, maupun langsung di desa / RW masing2, seperti halnya Posyandu dan Posbindu sekarang ini.

‎5) Mengkaitkan kebijakan lain dengan kesehatan. Misalnya, penerimaan murid SD harus menyertakan bukti sudah selesai imunisasi lengkap, mengatur pembangunan gedung baru dengan memperhatikan aspek pencegahan Sick Building Syndrome,atau jaminan sanitasi pada pembangunan ruko. Juga amat perlu penyediaan taman dan sarana olahraga di semua pemukiman. Hal ini sudah dilakukan di sebagian besar
kota New Delhi, walaupun di daerah lain sanitasi lingkungan tidak semua terjaga baik.

‎6) Sistem pelayanan kesehatan primer yang berbasis masyarakat, yang bermutu, terjangkau dan pro aktif sifatnya. Sesuai Deklarasi Alma Ata 1978 dan WHO Report 2008 "Primary Health Care, Now More Than Ever", maka pelayanan kesehatan primer memang jadi dasar penting peningkatan derajat kesehatan masyakat dunia.

‎7) Pelayanan kesehatan rujukan (sampai tersier) yang terjangkau dan bermutu, sehingga katakanlah semua penyakit (termasuk yang paling rumit) dapat ditangani dengan baik, didukung dengan staf, peralatan dan teknologi mutakhir.

Dengan demikian maka, Indonesia Sehat bukan lagi hanya sekedar slogan namun dapat sungguh-sungguh tercipta dengan baik dan merata. Salam Indonesia Sehat!

Ditulis oleh:

tjandra yogaProf dr Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), DTM&H, MARS, DTCE

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Di‎rektur SEA Regional Office-WHO, New Delhi

Mantan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan serta Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan.‎


Pilih Berdasarkan:

Kategori
Judul

Pilih Berdasarkan:

Kota
Judul

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media