Berita Terkini

Mendiagnosa Demam Dengue dari Saliva
2624 views

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

air, ludah, dengue, saliva, diagnoseKlikDokter.com – Menurut Singapore's National Environment Agency demam dengue adalah infeksi virus yang paling umum yang dibawah oleh nyamuk. Penyakit ini menimbulkan ancaman kesehatan yang serius, dan merupakan penyebab utama penyakit dan kematian di iklim tropis dan subtropis. Ada empat serotipe yang diketahui dari virus dengue tapi tidak ada vaksin atau obat telah ditemukan untuk mengobati penyakit.

Masa inkubasi virus DBD sebelum timbul gejala umumnya berkisar antara 4 sampai 10 hari setelah infeksi.Oleh karena itu, diagnosis dini akan memungkinkan pasien untuk menerima perhatian medis yang segera dan menghindari komplikasi lebih lanjut.

Untuk mendiagnosis seorang pasien yang diduga menderita dengue sekarang dapat dilakukan dengan sebuah rapid test yang sangat mudah, dengan menggunakan saliva. The Institute of Bio engineering and Nanotechnology (IBN) of A*STAR dari Singapura mengembangkan sebuah alat berbasis kertas yang dapat dibuang setelah digunakan (disposable), yang mampu digunakan untuk melihat dengue specific antibody yang berada dalam saliva untuk bisa dideteksi dalam waktu 20 menit.

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

Pilih Berdasarkan:

Kategori
Judul

Pilih Berdasarkan:

Kota
Judul

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media