Berita Terkini

Industri Jasa Kesehatan dan Era Perdagangan Bebas
734 views

Jika Terkena Virus Zika, Tidak Boleh Hamil Lagi Selamanya?Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memungkinkan berlakunya kebebasan lalu lintas manusia, uang, produk barang/jasa, investasi di antara negara-negara anggota ASEAN.

Dikatakan bahwa aturan konsensus ini berlaku sejak tanggal 1 Januari 2016. Ini berarti saya dapat berkunjung ke negara-negara ASEAN dan menjalankan bisnis saya dengan tenang dan damai. Atau saya bisa memanfaatkan sumber daya di negara-negara ASEAN untuk kepentingan saya. Tentu saja dengan tetap menganut peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara tersebut dan negara anggota ASEAN lainnya.

Indonesia, sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk 250 juta dengan pertumbuhan ekonomi di atas 4.5% dan komunitas konsumen atas yang diperkirakan mencapai 10%, merupakan pasar produk maupun jasa yang menjanjikan. Secara umum, komunitas konsumen kelas atas mempunyai kebutuhan dan tuntutan produk jasa yang tidak lagi fungsional tetapi yang lebih nyaman.

Produk jasa mempunyai kriteria penawaran berupa komunikasi dengan konsumen yang berkualitas, mutu ekstra dalam pelayanan, kenyamanan, memberikan rasa gengsi, serta harga pantas untuk dibeli.

Produk jasa kesehatan dikemas dengan baik oleh industri jasa kesehatan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia untuk menjaring konsumen Indonesia. Promosi jasa kesehatan mereka yang agresif dan dibungkus dengan kenyamanan wisata medis telah mampu menarik sekitar 700.000 konsumen kesehatan Indonesia pada tahun 2013. Bahkan, kecenderungan kenaikan jumlah konsumen jasa kesehatan dari Indonesia telah dibidik mencapai angka satu juta pada 2-3 tahun mendatang. Jumlah rupiah yang dikeluarkan untuk membeli jasa kesehatan pada tahun 2013 ada di angka sekitar 100 triliun. Jumlah rupiah yang bisa memperkuat alutsista TNI kita.

Apakah 'migrasi' konsumen jasa kesehatan ini bisa dihambat? Atau, apakah industri jasa kesehatan melakukan investasi di Indonesia? Angka-angka di atas adalah angka sebelum resminya MEA dinyatakan berlaku.

Yang pasti, era MEA akan memberikan dampak pergeseran wajah jasa kesehatan, yakni kompetisi dalam profesionalisme penanganan konsumen kesehatan, promosi jasa kesehatan dalam bentuk apa pun baik digital maupun tradisional, berkembangnya program wisata medis, dan dikembangkannya jasa kesehatan spesifik (kardiologi dan operasi jantung, pengenalan kesehatan regeneratif/sel punca).

Tentu saja, persiapan untuk menyambut kompetisi pelayanan jasa kesehatan tidak lepas dari penguatan kata kunci atau mantra SDM jasa kesehatan, di antaranya produktivitas, etos kerja, dan daya saing.

Selamat datang, era MEA!

 

Ditulis Oleh:

dr. Doddy Partomihardjo, Sp.M

Ketua Umum Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia (FIAKSI)

Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (ILUNI FKUI) 2005-2014


Pilih Berdasarkan:

Kategori
Judul

Pilih Berdasarkan:

Kota
Judul

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media