Berita Terkini

Deteksi Dini Kanker Paru Lewat Tes Napas
4981 views

tes, napas, kanker, paru, KlikDokter.com – Kanker paru merupakan penyebab kematian nomor 1 untuk pria dan nomer 2 untuk wanita. Kanker ini dapat bersifat primer atau akibat sekunder (penjalaran / metastasis) dari kanker di bagian tubuh yang lain. Penyebab yang paling sering meliputi zat karsinogen (merokok), radiasi, dan infeksi virus. Untuk mendeteksi kanker paru, dibutuhkan serangkaian pemeriksaan yang memakanbiaya yang tidak sedikit.

Sebuah penelitian klinis yang dilakukan oleh ahli pernapasan dari Universitas of Leicester menemukan bahwa Breath Test dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kanker paru-paru

Program yang dilakukan adalah Lung Cancer Indicator Detection akan membuat sebuah terobosan baru dalam prosedur diagnosis non-invasif pada diagnosis kanker paru yang stadium awal. Hal yang diharapkan adalah kemampuan deteksi kanker paru pada stadium awal meningkat hingga 25 persen, dan pada akhirnya mampu memberikan penghematan yang besar bagi pemerintah.

Penggunaan alat ini adalah dengan mengukur VOC (Volatile Organic Compunds) pada konsentrasi rendah pada hembusan napas pasien, mudah dan murah untuk sebuah prosedur diagnosis. VOC adalah senyawa kimia yang mudah menguap, biasanya merupakan toluene atau benzene yang memiliki titik didih 250 derajat celcius.

Sumber Jurnal


dr. Muhammad Anwar Irzan

dr. Muhammad Anwar Irzan

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Pilih Berdasarkan:

Kategori
Judul

Pilih Berdasarkan:

Kota
Judul

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media