Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatTulangBagian-Bagian Tulang Tengkorak Manusia dan Fungsinya
Tulang

Bagian-Bagian Tulang Tengkorak Manusia dan Fungsinya

Klikdokter, 02 Apr 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tulang tengkorak manusia terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing. Kenali bagian dan fungsi tulang tengkorak di sini.

Bagian-Bagian Tulang Tengkorak Manusia dan Fungsinya

Tulang tengkorak adalah kumpulan berbagai tulang dengan bentuk berbeda-beda. Pada dasarnya, tengkorak manusia terkenal dengan fungsinya untuk menjaga struktur otak. 

Tidak hanya melindungi struktur saraf saja, tulang tengkorak juga membentuk wajah. 

Sesuai dengan fungsinya, bagian tulang tengkorak terbagi dua, yaitu tulang cranium (yang terdiri atas atap dan dasar tulang tengkorak) serta tulang wajah. 

Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang pipih dan ada juga yang tidak beraturan. Jadi apa saja bagian dari tulang tengkorak manusia? Simak penjelasannya berikut. 

Bagian-Bagian dan Fungsi Tulang Tengkorak

Berikut ini adalah bagian dan fungsi dari tulang tengkorak yang perlu kamu ketahui: 

1. Tulang Dahi

Tulang dahi atau tulang frontal merupakan bagian depan dari tulang tengkorak. Fungsi tulang ini adalah melindungi otak dan menopang struktur lain dari kepala, seperti tulang-tulang yang mengelilingi mata dan hidung.

2. Tulang Ubun-Ubun

Nama lain dari tulang ubun-ubun adalah tulang parietal. Tulang ini berjumlah dua buah dan membentuk atap dari tulang tengkorak dan memanjang sampai ke bagian samping. 

Sebagai atap, fungsi tulang tengkorak ini melindungi seluruh bagian otak yang ada di bawahnya.

3. Tulang Pelipis

Tulang pelipis juga tidak hanya ada satu, melainkan dua yaitu di bagian kiri dan di kanan. 

Disebut juga tulang temporal, mereka melindungi otak besar bagian kanan dan kiri. Tak hanya itu, tulang tersebut merupakan tempat melekatnya otot-otot untuk mengunyah dan menelan. 

Fungsi lainnya dari tulang temporal adalah melindungi struktur-struktur saraf yang terlibat dalam pendengaran dan keseimbangan. 

4. Tulang Kepala Belakang

Tulang kepala belakang atau oksipital membentuk dasar tulang tengkorak di bagian belakang. 

Tulang ini melekat dengan tulang punggung teratas. Di tulang ini pula terdapat foramen magnum, lubang di mana saraf tulang belakang keluar. 

Selain itu, tulang oksipital juga berfungsi melindungi bagian otak yang bertanggung jawab terhadap penglihatan.

5. Tulang Tapis

Tulang tapis atau tulang etmoid memisahkan rongga hidung dan otak.  Tulang ini berstruktur seperti sponge dan terisi udara. 

Lokasi tulang ini yaitu pada bagian atas hidung, di antara tulang orbit yang mengelilingi bola mata.

6. Tulang Baji

Tulang baji disebut juga tulang sphenoid dan membentuk dasar dari tulang tengkorak. Bentuknya unik, yaitu menyerupai kupu-kupu. 

Selain melindungi struktur otak, tulang ini juga penting karena merupakan tempat melekatnya berbagai tulang wajah, ligamen, dan otot-otot.

Kenali Juga Bagian Tulang Wajah

Jika sebelumnya kita sudah membahas bagian-bagian tulang tengkorak, berikut adalah jenis-jenis tulang wajah.

1. Tulang Zygomatik

Tulang zygomatik merupakan pembentuk tulang pipi. Tulang ini melekat dengan tulang frontal, temporal, sphenoid, dan rahang atas. 

Selain melindungi organ-organ di bawahnya, tulang pipi juga melindungi struktur penting seperti pembuluh darah dan saraf.

2. Tulang Lakrimal

Tulang lakrimal yang berjumlah dua buah ini membentuk bagian tengah orbit, tulang yang mengelilingi bola mata. Uniknya, tulang ini merupakan tulang terkecil yang dimiliki manusia. 

Tulang lakrimal termasuk dalam sistem air mata dan melindungi struktur-struktur yang memproduksi air mata.

3. Tulang Mandibula

Nama lain dari tulang mandibula adalah tulang rahang bawah. Sesuai dengan namanya, tulang mandibula membentuk bagian bawah tulang tengkorak. 

Tempat menyatunya tulang mandibula dan tengkorak disebut sebagai sendi temporomadibular dan sendi ini berfungsi membantu pergerakan mulut. 

4. Tulang Maksila

Tulang maksila atau tulang rahang atas memiliki struktur yang memisahkan rongga hidung dan mulut. 

Tulang ini merupakan tempat bertumbuhnya gigi pada rahang atas, dasar dari tulang hidung dan tulang orbit, yaitu tulang tempat bola mata berada. Bersama dengan tulang mandibula, tulang maksila juga membantu dalam gerakan mengunyah.

5. Tulang Nasal

Biasa dikenal sebagai tulang hidung, tulang nasal berada di bagian tengah wajah, sehingga membentuk jembatan. 

Fungsi utama tulang ini adalah meningkatkan permukaan dari rongga hidung, sehingga lebih banyak udara yang bersentuhan dengan mukosa hidung dan rambut halus di dalamnya. 

Dengan demikian, udara dapat disaring, dihangatkan, dan dilembapkan sebelum masuk ke paru-paru. 

6. Tulang Palatina

Satu lagi tulang yang tergabung dalam tulang wajah, yaitu tulang palatina. Bentuknya seperti huruf L, terletak bagian belakang rongga hidung dan membentuk bagian atas mulut. 

Pada tulang ini terdapat saraf palatina yang memberi sinyal rasa nyeri pada gigi dan mulut.

Artikel Lainnya: Cara Mengetahui Lingkar Kepala Bayi Normal atau Tidak

Kini, kamu sudah tahu bagian dan fungsi dari tulang tengkorak, kan? Walaupun terdiri dari berbagai tulang, tetapi semuanya memilki fungsi yang mendukung satu sama lain. 

Jangan lupa #JagaSehatmu termasuk tulang tengkorak, salah satu caranya dengan menghindari cedera kepala.

Jika terjadi cedera kepala, segera ke rumah sakit untuk minta pertolongan dokter ya! Kalau membutuhkan informasi lainnya tentang tulang, kepala, atau hal-hal berkaitan dengan kesehatan lain, kamu bisa gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. 

(DA/JKT)

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter