HomeInfo SehatTHTKetahui Penanganan Eksostosis Lewat Pengalaman Hamish Daud
THT

Ketahui Penanganan Eksostosis Lewat Pengalaman Hamish Daud

dr. Sara Elise Wijono MRes, 20 Apr 2017

Baru-baru ini, aktor Hamish Daud menjalani operasi akibat eksostosis.

Ketahui Penanganan Eksostosis  Lewat Pengalaman Hamish Daud

Aktor Hamish Daud baru saja menjalani operasi telinga. Penyebabnya adalah adanya eksostosis atau pertumbuhan tulang abnormal—dalam kasus kekasih Raisa ini, terjadi dalam liang telinga.

Eksostosis juga dikenal dengan nama surfer’s ear, karena banyak mengenai para pencinta olahraga selancar. Diduga, hal ini dipicu oleh paparan air dingin dalam waktu yang lama.

Untuk menangani eksostosis telinga, dokter umumnya memfokuskan pada pencegahan peradangan telinga luar. Liang telinga yang menyempit akibat pertumbuhan tulang ini, memang dapat membuat telinga luar meradang. Selain itu, penderita bisa mengalami penurunan pendengaran atau terperangkapnya kotoran telinga.

Sebenarnya, eksostosis rata-rata tidak menimbulkan gejala atau ancaman terhadap kesehatan. Namun, jika bergejala, penderita disarankan untuk melakukan operasi.

Setelah operasi, sebaiknya hindari paparan dan aktivitas dengan air dingin selama 2-6 minggu agar tidak infeksi. Pertumbuhan tulang bisa saja kambuh apabila terus-menerus terkena air dingin, meski sangat jarang terjadi.

Agar tidak terkena eksostosis, sebisa mungkin hindari paparan terhadap situasi ekstrem—salah satunya, air yang sangat dingin. Apabila Anda menyukai olahraga air, gunakanlah pelindung telinga saat beraktivitas.

Berkaca dari kasus Hamish Daud, eksostosis yang bergejala hanya dapat disembuhkan dengan operasi. Namun, terdapat cara-cara untuk mencegah munculnya penyakit ini.

[RS/ RH]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi

Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi

THT23 Jul 2022

Polip hidung yang menyumbat sinus dapat disembuhkan dengan beberapa jenis obat. Berikut 6 cara mengobati polip hidung tanpa operasi yang perlu kamu ketahui.

Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

THT15 Jul 2022

Radang tenggorokan memang bisa sangat mengganggu. Berikut adalah daftar makanan yang dianjurkan saat kamu mengalami radang tenggorokan.

Gejala Radang Tenggorokan yang Berbahaya

Gejala Radang Tenggorokan yang Berbahaya

THT17 Jun 2022

Radang tenggorokan yang berbahaya menyebabkan sejumlah gejala, seperti sulit bernapas hingga adanya darah pada dahak. Ketahui 8 ciri ciri radang tenggorokan yang sudah parah di sini.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert