Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatTHT7 Fungsi Daun Telinga yang Perlu Kamu Ketahui
THT

7 Fungsi Daun Telinga yang Perlu Kamu Ketahui

dr. Valda Garcia, 12 Des 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Daun telinga adalah salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Mari ketahui fungsinya dan masalah yang dapat dialami daun telinga.

7 Fungsi Daun Telinga yang Perlu Kamu Ketahui

Saat mengenakan anting atau mengaitkan masker di wajah, kamu membutuhkan daun telinga sebagai tempat penyangga. 

Sayangnya, daun telinga alias lobulus auriculae sering kali dianggap hanya sebagai pajangan semata. Namun, anggapan tersebut tidak benar. Daun telinga memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh. 

Apa saja fungsi daun telinga? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Menjaga Telinga Tetap Hangat  

Daun telinga memiliki pasokan darah cukup banyak. Pasokan darah yang cukup dapat menjaga telinga bagian dalam tetap hangat ketika kamu berada di cuaca yang dingin. 

2. Mengarahkan dan Menangkap Gelombang Suara

Kegunaan daun telinga berikutnya, yaitu membantu meneruskan dan mengarahkan gelombang suara ke dalam telinga.

Berdasarkan John Hopkins Medicine, daun telinga bertugas mengumpulkan gelombang suara dan mengarahkannya ke saluran telinga bagian dalam yang menjadi tempat untuk memperkuat suara.

Gelombang suara akan bergerak menuju gendang telinga hingga bergetar. Getaran gendang telinga mengirimkan sinyal ke saraf pendengaran, lalu diterjemahkan otak sebagai suara atau bunyi. 

Artikel lainnya: Memahami Cara Kerja Telinga dan Proses Mendengar Suara

3. Melokalisasi Sumber Suara

Daun telinga memiliki sistem persarafan yang cukup sensitif. Ketika menerima gelombang suara, sensitivitas sistem saraf daun telinga membantu melokalisasi sumber suara tersebut.

4. Menyeimbangkan Tekanan Udara

Tekanan udara di sekitar dapat memengaruhi kondisi telinga kamu. Terkadang ketika ada perbedaan tekanan yang cukup besar, keluhan nyeri telinga bisa muncul. Kondisi ini sering terjadi ketika kamu berada di dalam pesawat, baik ketika akan mengudara maupun mendarat.

Nah, fungsi daun telinga adalah menyeimbangkan tekanan udara di dalam telinga kamu.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Telinga Berdengung yang Terbukti Efektif

5. Pelindung Telinga Bagian Dalam

Ilustrasi penyebab sakit kepala belakang telinga karena neuralgia oksipital

Daun telinga berfungsi untuk melindungi telinga bagian dalam agar terhindar dari infeksi. Daun telinga membuat bagian dalam telinga tidak terpapar langsung oleh keringat maupun udara yang kotor. Hal ini dapat membantu meminimalkan risiko infeksi.

6. Menyaring Kotoran

Telinga kamu berisiko kemasukan udara kotor, debu, hingga binatang. Nah, fungsi daun telinga dapat membantu menyaring kotoran sehingga telinga bagian dalam terlindungi.

Selain itu, keberadaan folikel rambut turut membantu menyaring zat asing yang ingin masuk ke telinga bagian dalam.

7. Area Rangsangan Seksual 

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa daun telinga bisa menjadi titik rangsangan seksual tubuh. Kulit daun telinga umumnya sangat tipis. Selain itu, terdapat banyak ujung saraf di bagian luar telinga. 

Ketika bagian belakang telinga kamu dicium, diraba, atau digigit lembut, kamu bisa merasakan sensasi rangsangan yang nikmat.

Artikel lainnya: 9 Kondisi pada Telinga Ini Tunjukkan Kesehatan Anda

Kini, kamu sudah tahu macam-macam fungsi daun telinga, bukan? Untuk mengetahui fungsi bagian tubuh lainnya, baca terus artikel di Klikdokter. Unduh aplikasinya dan temukan beragam fitur menarik yang bisa bikin #JagaSehatmu jadi lebih praktis! 

Kamu bisa pakai fitur Tanya Dokter misalnya, untuk berkonsultasi mengenai isu kesehatan apa pun. 

(ADT/JKT)

Kesehatan Telinga
Tanya Dokter