HomeInfo SehatTHTBolehkah Minum Kopi Saat Kena Radang Tenggorokan?
THT

Bolehkah Minum Kopi Saat Kena Radang Tenggorokan?

dr. Karin Wiradarma, 08 Apr 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat radang tenggorokan melanda, Anda dilarang untuk mengonsumsi asupan tertentu. Namun, apakah boleh minum kopi saat radang tenggorokan?

Bolehkah Minum Kopi Saat Kena Radang Tenggorokan?

Bagi Anda penyuka kopi, rasanya kurang lengkap bila dalam sehari belum minum minuman nikmat yang satu ini. Kopi memang kerap dianggap sebagai mood booster yang bisa mendukung aktivitas bagi sebagian orang.

Namun, apa masih boleh minum kopi saat radang tenggorokan? Tak perlu bingung, simak penjelasan berikut.

Efek Minum Kopi Saat Radang Tenggorokan

Gejala radang tenggorokan setiap orang bervariasi. Sebenarnya, boleh minum kopi saat radang tenggorokan jika memang membuat Anda lebih nyaman. 

Namun, tetap perhatikan jumlah kopi yang dikonsumsi. Kafein di dalam kopi dapat membuat Anda berdebar, cemas, atau sulit tidur. Padahal, dibutuhkan waktu istirahat yang ekstra saat sakit tenggorokan. 

Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan kemungkinan dehidrasi karena zat ini adalah diuretik alami. 

Efek samping lain ketika mengalami radang tenggorokan adalah tenggorokan kering dan gatal. Jika ini masalahnya, Anda lebih baik menghindari makanan dan minuman yang dapat membuat tenggorokan terasa lebih kering. 

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan soda, justru bisa mengeringkan mulut.

Artikel Lainnya: Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Anda merasa tenggorokan makin kering setelah minum kopi? Tak perlu khawatir, cobalah minuman lainnya yang tak kalah sehat dan justru secara tidak langsung bisa menjadi obat radang tenggorokan: 

1. Air Putih

Konsumsi air putih setidaknya dua liter per hari demi membantu mengurangi radang tenggorokan. Dehidrasi atau kekurangan cairan justru menyebabkan tenggorokan makin kering dan memperparah radang yang terjadi.

2. Air Hangat dengan Madu

Ini juga disarankan saat Anda mengalami radang tenggorokan. Air hangat dengan campuran madu efektif membantu mengurangi radang tenggorokan. 

Berdasarkan studi, madu cukup efektif meredakan radang dan membantu mengurangi batuk terutama di malam hari. 

Tapi ingat, Anda harus meminum madu asli, jangan sampai yang menggunakan pemanis buatan.

3. Air Garam

Berkumur air garam merupakan cara alami untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Ambil 1/2 gelas air hangat, campur dengan 1/2 sdm garam. Lakukan cara ini beberapa kali sehari. 

Air garam berfungsi sebagai peluruh kuman maupun kotoran di tenggorokan. Selain itu, air garam juga dapat membuat dahak encer dan keluar bersama kotoran lain yang menempel.

Artikel Lainnya: Tomat Bikin Radang Tenggorokan Makin Parah, Benarkah?

Perhatikan Ini Jika Mau Minum Kopi Saat Radang Tenggorokan

Anda boleh-boleh saja mengonsumsi kopi saat radang tenggorokan. Tapi, perhatikan gejala radang tenggorokan yang muncul. 

Jika tenggorokan terasa sangat kering, lebih baik tidak mengonsumsi kopi. Ganti dengan cairan lain yang lebih bermanfaat untuk mempercepat pemulihan, seperti air putih atau air hangat yang dicampur madu. 

Jika masih bisa mengonsumsi kopi, sebaiknya batasi 1-2 cangkir per hari. Batasi penggunaan gula, maksimum satu sendok teh per cangkir.

Apabila Anda mengalami radang tenggorokan berat disertai demam tinggi serta sulit menelan dan makan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Gunakan Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dan tebus obat lebih mudah.

(FR/NM)

tenggorokankopiRadang Tenggorokan
Tanya Dokter