HomeInfo SehatReproduksi5 Fakta Tentang Kista yang Wajib Anda Ketahui
Reproduksi

5 Fakta Tentang Kista yang Wajib Anda Ketahui

dr. Dyah Novita Anggraini, 07 Agu 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berbagai informasi yang menyesatkan soal kista beredar di kalangan masyarakat. Karena itu, ketahui faktanya di sini.

5 Fakta Tentang Kista yang Wajib Anda Ketahui

Kista merupakan benjolan yang berisi cairan kental atau dalam istilah medis dinamakan tumor. Berbagai spekulasi tentang kista yang menyesatkan tersebar luas dan kerap dipercayai masyarakat.

Berikut ini 5 fakta tentang kista yang wajib Anda ketahui:

  1. Kista disebabkan adanya penyumbatan yang mengakibatkan penumpukan cairan atau udara. Penyumbatan ini bisa diakibatkan faktor genetika, infeksi dan penyebab lainnya.
  2. Selama ini masyarakat berpikir kista hanya terdapat di dalam rahim wanita saja, namun faktanya kista dapat tumbuh di berbagai organ tubuh seperti ginjal, pankreas, hati, rahim dan kulit. Lokasi kista paling sering di kulit dan rahim.
  3. Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua yaitu non–neoplastik dan neoplastik. Kista non–neoplastic bersifat jinak, tidak memerlukan perawatan karena akan hilang sendiri dalam 3 bulan namun ada beberapa tumor jinak dilakukan tindakan aspirasi jarum. Sedangkan kista neoplastik ditangani dengan cara pembedahan.
  4. Tumor jinak ini terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sehingga untuk penangannya jika dilakukan tindakan pembedahan untuk tumor jinak neoplastik ini mudah diangkat dan tidak membahayakan penderitanya.
  5. Sebagian besar kista tidak disertai gejala, penderita akan sadar jika muncul benjolan di atas kulit. Pada beberapa kista dapat muncul gejala yang berhubungan dengan organ-organ di tempat kista tersebut tumbuh contohnya ginjal dan hati.

Itulah beberapa fakta menarik soal kista. Karena itu, segera deteksi penyakit kista Anda sejak dini ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan penunjang seperti USG, CT Scan atau pengambilan jaringan di dalam kista melalui tindakan biopsi.

[DA/ RVS]

kistaBenjolanBiopsiTumor