Gigi Mulut

Hilangkan Sakit Gigi dengan Daun Jambu Biji, Ini Caranya

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 04 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Daun jambu biji disebut-sebut bisa membantu penyembuhan sakit gigi. Bagaimana sebenarnya manfaat daun jambu biji untuk sakit gigi? Simak faktanya di sini.

Hilangkan Sakit Gigi dengan Daun Jambu Biji, Ini Caranya

Ilmu pengetahuan yang berkembang pesat berdampak pada berbagai temuan baru dalam bidang kesehatan. Salah satunya mengenai khasiat tumbuhan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Kamu mungkin pernah mendengar khasiat daun jambu biji untuk kesehatan. Namun, bagaimana dengan manfaatnya untuk gigi dan mulut?

Ternyata manfaat daun jambu biji untuk sakit gigi sudah banyak dipercayai masyarakat, lho.

Buah jambu biji memang memiliki berbagai kandungan yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Namun, bagaimana dengan perannya untuk mengatasi sakit gigi? Simak di sini!

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Sakit Gigi

Daun jambu biji memiliki beberapa kandungan yang baik bagi tubuh, termasuk untuk mengatasi sakit gigi.

Perlu kamu ketahui, daun jambu biji dapat bertindak sebagai antiinflamasi. Efek ini hadir berkat flavonoid di dalam kandungannya.

Flavonoid yang ada pada daun jambu biji akan menekan pertumbuhan prostaglandin. Senyawa ini bekerja dengan menghambat enzim siklooksigenase sehingga pembentukan prostaglandin ikut terhambat.

Dengan terhambatnya prostaglandin, maka proses antiinflamasi akan terjadi. Jika proses peradangan lebih cepat berlangsung, kamu pun akan lebih cepat sembuh.

Artikel Lainnya: Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah?

Efek lain dari flavonoid tersebut yaitu mengurangi rasa sakit gigi yang sedang dialami. Oleh karena itu, daun jambu biji juga merupakan alternatif untuk antinyeri.

Dengan adanya antiinflamasi, peradangan akan segera mereda. Sementara itu, dengan adanya antinyeri, rasa sakit yang dirasakan akan berkurang.

Bagaimana Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Daun Jambu Biji?

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa daun jambu biji berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit, terutama sakit gigi. Khasiat ini hadir berkat sejumlah kandungannya.

Tak hanya mengkaji manfaat daun jambu biji, berbagai penelitian juga mengungkapkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh khasiat tersebut.

Artikel Lainnya: Vanili Bubuk Bisa Atasi Sakit Gigi, Mitos atau Fakta?

Cara memperoleh manfaat daun jambu biji untuk sakit gigi yang paling mudah, yaitu dengan mengonsumsinya. Kamu tinggal merebus daun bersama air, kemudian diminum.

Penelitian lain juga mengemukakan jika daun jambu biji bisa diolah menjadi ekstraksi. Setelah itu, barulah ekstrak daun diaplikasikan ke gigi yang sakit.

Kendati demikian, masih diperlukan studi lebih lanjut mengenai penggunaan daun jambu biji sebagai antinyeri. Pasalnya, efek yang ditimbulkan tidak sebesar efek obat antinyeri.

Demikian penjelasan seputar penggunaan daun jambu biji untuk sakit gigi. 

Lebih bijaklah dalam memanfaatkan daun jambu biji sebagai obat sakit gigi. Jika ingin meminimalkan risiko efek samping, konsultasikan kepada dokter sebelum menggunakan herbal jenis apa pun. 

Konsultasi dokter lebih mudah dengan menggunakan fitur online Live Chat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[WA]

Referensi:

Oktiarni D, Manaf S, Suripno. 2012. Pengujian Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava linn) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar pada Mencit (Mus musculus). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Bengkulu; 8(1). Diakses 2022.

Zuhra, C.F., Tarigan, J.B., dan Sihotang, H., 2008, Aktivitas Antioksidan Senyawa Flavonoid dari Daun Katuk (Sauropus androgunus (L) Merr.). Jurnal Biologi Sumatera, 3 (1) : 7-1. Diakses 2022.

Yuliani, S., L. Udarno & E. Hayani. 2003. Kadar Tanin Dan Quersetin Tiga Tipe Daun Jambu Biji (Psidium guajava). Buletin Tanaman Rempah dan Obat.14(1):17-24. Diakses 2022.

Jambu BijiGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait