HomeInfo SehatGigi MulutBenarkah Daun Salam Bisa Menyembuhkan Sakit Gigi?
Gigi Mulut

Benarkah Daun Salam Bisa Menyembuhkan Sakit Gigi?

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 04 Agu 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Daun salam dipercaya sebagai obat alami untuk sakit gigi. Apakah benar daun salam bisa menyembuhkan sakit gigi? Yuk, simak di sini.

Benarkah Daun Salam Bisa Menyembuhkan Sakit Gigi?

Daun salam merupakan salah satu bahan masakan yang sering digunakan, khususnya ketika memasak makanan tradisional. Selain sebagai penyedap, daun salam berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap dari masakan.

Tak sebatas itu, masyarakat di Indonesia telah lama menggunakan daun salam sebagai obat alternatif. Perlu kamu ketahui, rebusan daun salam dipercaya dapat mengurangi kadar asam urat pada seseorang, lho.

Tak cukup sampai di situ, penelitian menemukan bahwa penggunaan daun salam berkhasiat untuk kesehatan rongga mulut. Bahkan, daun salam dipercaya dapat mengatasi sakit gigi.

Lalu, apakah manfaat daun salam untuk sakit gigi memang benar adanya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat Daun Salam untuk Sakit Gigi

Kamu mungkin sudah sering mendengar jika daun salam memiliki manfaat tersendiri bagi penderita asam urat. Namun, bagaimana dengan khasiatnya pada rongga mulut? Apakah daun salam bisa menyembuhkan sakit gigi?

Faktanya, manfaat daun salam bagi kesehatan rongga mulut memang sangat banyak, termasuk untuk mengatasi sakit gigi.

Daun salam memiliki kandungan tanin, flavonoid, minyak atsiri, dan masih banyak lagi. Nah, seluruh kandungan tersebut menjadikan daun salam bermanfaat untuk masalah sakit gigi.

Artikel Lainnya: Manfaat Getah Jarak untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

Tanin dan flavonoid merupakan dua zat yang dapat berperan sebagai antiinflamasi. Kedua zat itulah yang pada akhirnya membantu meredakan rasa sakit.

Perlu kamu ketahui, ketika seseorang mengalami sakit gigi, sebagian besar di antaranya disebabkan oleh adanya peradangan atau inflamasi.

Nah, daun salam akan membantu proses penyembuhannya dengan mempercepat prosesnya. Pada akhirnya, peradangan menjadi lebih cepat berlangsung. Kamu pun akan segera sembuh.

Selain tanin dan flavonoid, daun salam memiliki kandungan minyak atsiri. Kandungan ini bertindak sebagai analgesik sehingga rasa sakit yang dirasakan dapat berkurang.

Artikel Lainnya: Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Daun Salam

Khasiat daun salam untuk gigi telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Termasuk soal bagaimana cara mengobati gigi yang sakit dengan daun salam.

Salah satu penelitian pada daun salam dilakukan dengan mengekstraksi etanol 96 persen. Hasil penelitian menemukan bahwa tanaman daun salam memang dapat memberikan manfaat untuk sakit gigi.

Meski ditemukan adanya potensi manfaat tersebut, sayangnya penelitian baru diujicobakan kepada hewan. Oleh karena itu, penelitian terhadap manusia perlu dilakukan guna menguji tingkat keamanannya.

Selain itu, terdapat penelitian lain yang mengungkap bahwa manfaat daun salam untuk sakit gigi bisa diperoleh dengan mengonsumsinya secara langsung.

Menurut penelitian tersebut, daun salam dapat dikonsumsi dengan cara direbus. Cara ini juga sudah banyak dilakukan sejak dahulu untuk mengobati asam urat.

Merebus daun salam memang merupakan cara termudah untuk mendapatkan manfaatnya, terutama dalam mengobati sakit gigi.

Nah, kini kamu sudah mengetahui manfaat daun salam untuk sakit gigi. Meski sejumlah penelitian telah membuktikan khasiat ini, pastikan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan herbal apa pun.

Untuk kemudahan konsultasi, chat dokter online lewat Live Chat 24 jam atau melalui aplikasi KlikDokter. Mari #JagaSehatmu selalu dengan mulai memperhatikan kesehatan gigi dan mulut!

[WA]

Referensi:

Chakrabarti S, Bhattacharya R, Deb K. Cell-based Wound Healing: Mechanisms and Treatments. Br J Med Med Res. 2016;11(4):1–17. Diakses 2022.

Agustina R, Indrawati DT, Masruhin MA. Aktivitas Ekstrak Daun Salam (Eugenia Polyantha) Sebagai Antiinflamasi Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus). Lab Penelitian Dan Pengemb Farmaka Trop Fak Farm Univ Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur. 2015;120–3. Diakses 2022.

Muhammad IR, Hariandja EM. Review : Aktivitas Farmakologis, Senyawa Aktif, dan Mekanisme Kerja Daun Salam (Syzygium polyanthum). Sains Farm dan Klin. 2015; 6–7. Diakses 2022.

Gigi dan MulutDaun Salam

Konsultasi Dokter Terkait