Kehamilan

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 11 Minggu

Tri Yuniwati Lestari, 03 Agu 2022

Ditinjau Oleh dr. Lidia Widianti, Sp. OG, M.Biomed

Pada usia janin 11 minggu, bayi sudah berukuran sebesar buah stroberi. Mari cari tahu selengkapnya perkembangan janin 11 minggu di sini.

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 11 Minggu

Momen kehamilan telah memasuki minggu ke-11, sang buah hati di kandungan semakin berkembang! Minggu ke-11 menandakan bumil menginjak bulan ke-3 kehamilan, sisa enam bulan lagi untuk menjadi ibu. 

Pada tahap akhir kehamilan trimester pertama ini, janin sudah berkembang pesat. Bagaimana perkembangan janin 11 minggu? Ketahui selengkapnya melalui ulasan berikut, yuk.

Bagaimana Perkembangan Janin pada Usia 11 Minggu?

Jika menjalani pemeriksaan USG pada minggu ke-11 kehamilan, biasanya janin sudah terlihat lebih jelas. Berikut beberapa perkembangan janin usia 11 minggu:

1. Berat dan Panjang Badan Bertambah

Ukuran janin 11 minggu memiliki panjang kurang lebih 5 cm dari kepala sampai tumit. Besarnya kira-kira akan seperti buah stroberi berukuran besar. 

Pada usia janin 11 minggu, ukuran kepala akan menjadi lebih besar, wajah mulai terbentuk, jari-jari mulai terbentuk, organ reproduksi juga sudah berkembang. Beratnya kira-kira sekitar 7 gram.

2. Semua Organ Vital Bayi Terbentuk 

Saat mencapai akhir trimester pertama, semua organ vital bayi sudah siap dan banyak yang sudah mulai berfungsi. Misalnya, organ hati bayi sudah mulai bekerja untuk membuat sel darah merah. Ginjal juga memulai tahap awal produksi rine dan pankreas mulai menghasilkan insulin. 

Kemudian, empat bilik jantung bayi juga hampir terbentuk sepenuhnya. Jantung bayi sudah berdetak dan akan tampak pada pemeriksaan USG.

3. Alat Kelamin Terbentuk 

Alat kelamin janin 11 minggu akan mulai berkembang. Namun, pada minggu ini, jenis kelamin belum dapat ditentukan karena alat kelamin belum terbentuk sempurna. 

Dibutuhkan beberapa minggu lagi untuk dapat dengan mudah melihat perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan pada pemeriksaan USG.

4. Rambut dan Anggota Badan Lainnya Mulai Terlihat 

Pada pemeriksaan USG minggu ke-11 kehamilan, orangtua mungkin akan melihat folikel rambut bayi yang sudah mulai terbentuk, baik di ubun-ubun maupun seluruh tubuh. 

Kemudian, anggota tubuh lain seperti tangan, kaki, dan jari-jari bayi juga sudah benar-benar terbentuk sempurna. Dalam beberapa minggu ke depan, kuku bayi pun akan mulai tumbuh.

Apa yang Dirasakan Ibu Saat Hamil 11 Minggu?

Berikut ini beberapa hal yang biasanya dirasakan bumil pada usia kehamilan 11 minggu:

1. Mual Berkurang dan Nafsu Makan Kembali 

Perubahan yang terjadi atau kerap dirasakan ibu saat kehamilan 11 minggu adalah berkurangnya morning sickness dan nafsu makan mulai kembali. 

Akan tetapi, ada juga beberapa wanita hamil yang masih merasakan keluhan morning sickness. Rata rata sampai usia kehamilan 14 minggu keluhan morning sickness banyak yang sudah tidak merasakan lagi.

2. Masalah Pencernaan dan Perubahan Payudara

Masalah sembelit dan sering begah mulai sering muncul karena perubahan hormonal, dan memperlambat sistem pencernaan. Beberapa ibu juga menyebutkan areola lebih gelap warnanya, payudara mulai terasa penuh.

Artikel Lainnya: Kiat Mudah agar Janin Tetap Sehat

3. Keputihan 

Peningkatan kadar estrogen juga dapat menyebabkan lebih banyak keputihan selama kehamilan. Kalau menemukan keputihan yang lebih banyak dari biasanya pada trimester pertama, tidak perlu khawatir.

Keputihan normal saat hamil berwarna bening hingga putih susu dan berbau ringan. Hubungi dokter kandungan atau bidan jika keputihan berbau tidak sedap, menyebabkan rasa sakit atau gatal, dan berwarna abu-abu, kuning, atau hijau.

4. Kelelahan dan Sakit Kepala

Keluhan-keluhan saat hamil janin 11 minggu ini memang kerap terjadi. Perubahan mood juga bisa muncul. Untuk mengatasinya, bumil perlu istirahat cukup dan berkualitas serta makan makanan bergizi seimbang, ya.

Bagaimana dengan bentuk perut bumil? Pada usia kurang dari 14 minggu , perut bumil belum tampak perbedaan, umumnya perut teraba membesar mulai usia 16 minggu.

Sementara pada kehamilan kedua atau kehamilan anak kembar, mungkin perubahan perut lebih terlihat pada minggu ke-11.

Artikel lainnya: Cepat Lelah Saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips Menjaga Kehamilan 11 Minggu


Berikut beberapa tips untuk menjaga kehamilan tetap sehat pada usia 11 minggu:

1. Pelajari Kenaikan Berat Badan Kehamilan

Jangan khawatir jika mual membuat bumil tidak bisa makan dengan baik atau berat badan belum bertambah saat trimester pertama. Bahkan, ada juga ibu hamil yang mengalami penurunan berat badan.

Pada trimester pertama, kenaikan berat badan yang dibutuhkan hanya 0,4-2,2 kg. Namun, beberapa wanita hamil juga bisa mendapatkan penambahan berat lebih dari 2 kg pada trimester pertama.

Namun jika belum mencapai target tersebut atau bahkan berkurang berat badannya, lakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan untuk melihat ukuran janin apakah masih sesuai dengan usia kehamilannya. Pasalnya, berat badan bumil khususnya di trimester pertama tidak selalu harus naik, asal ukuran berat janin normal.

2. Kurangi Stres

Selama tahap awal kehamilan, sangat wajar jika bumil mengalami mood yang berubah-ubah. Pastikan menghindari hal-hal yang membuat a berlebih. Jalinlah hubungan yang baik dengan suami, keluarga, dan sahabat. 

Berada di sekitar orang-orang tersayang dan suportif dapat membantu mengurangi rasa khawatir saat hamil. Selain itu, bumil juga bisa ikut komunitas yang membahas seputar kehamilan untuk menambah wawasan dan sharing.

Artikel Lainnya: Manfaat Sehat dari Kehamilan bagi Tubuh Ibu

3. Buat Jadwal Kunjungan ke Dokter Kandungan

Biasanya kunjungan kehamilan pertama dapat dilakukan pada minggu ke-6 hingga ke-8. Untuk minggu ke-11, jangan lupa buat janji kontrol dengan dokter kandungan. 

Umumnya, dokter menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setiap 4 minggu sekali pada trimester 1 dan 2. Pemeriksaan bisa dilakukan lebih sering pada trimester ketiga, yakni 2 minggu sekali.

4. Makan Makanan Tinggi Kalsium

Mendapatkan kalsium yang cukup sangat penting selama kehamilan. Bayi yang sedang berkembang di dalam kandungan membutuhkan kalsium untuk tulang, gigi, saraf, dan otot yang kuat. 

Kadar kalsium yang cukup juga dapat mengurangi risiko beberapa komplikasi kehamilan, contohnya meminimalisir terjadinya keguguran, preeklampsia, juga kelahiran prematur.

Jadi, penting untuk mengonsumsi asupan kaya kalsium ketika hamil janin 11 minggu. Konsumsi suplemen kalsium hanya berdasarkan rekomendasi dokter.

5. Merawat Kulit Tetap Sehat

Wanita hamil mungkin mengalami jerawat, varises, melasma, ruam, kulit gatal, atau stretch mark. Beberapa di antaranya tidak dapat dihindari.

Akan tetapi, bumil dapat menjaga kulit tetap sehat dengan minum banyak air, memakai tabir surya, dan sering menggunakan pelembap yang aman digunakan saat hamil.

Berkurangnya gejala mual dan muntah pada minggu ke-11 kehamilan memungkinkan ibu hamil untuk melakukan hubungan seksual di pagi hari dengan nyaman. 

Beberapa posisi seks trimester pertama yang aman misalnya woman on top, doggy style, dan spooning.

Artikel Lainnya: Sejumlah Buah-buahan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

#JagaSehatmu dan perkembangan janin tetap dengan memperhatikan kembali kondisi fisik dan mental Mama, ya. Papa juga bisa membantu menunjang kondisi kehamilan mama dengan sebisa mungkin selalu mendampinginya. 

Unduh aplikasi Klikdokter untuk mendapatkan beragam info seputar kehamilan dan perkembangan janin lengkap. Mama dan Papa juga bisa mencoba layanan Tanya Dokter agar konsultasi kehamilan jadi lebih mudah.

Penasaran dengan perkembangan si kecil selanjutnya? Yuk, baca perkembangan janin di usia kehamilan ke-12 minggu!

(FR/JKT)

KehamilanJanin

Konsultasi Dokter Terkait