Diet dan Nutrisi

Cara Memasak Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau

Tri Yuniwati Lestari, 04 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kalau salah memasaknya, daging kambing bisa keras dan masih bau amis. Jangan bingung, ikuti tips masak daging kambing di sini, ya.

Cara Memasak Daging Kambing Agar Empuk dan Tidak Bau

Sebentar lagi Idul Adha tiba! Rasanya sudah tak sabar ingin berkumpul dengan keluarga dan menikmati hidangan daging. 

Selain sapi, daging kambing juga kerap jadi favorit. Namun, cara memasak yang salah justru bisa bikin daging kambing alot dan bau prengus. 

Lalu, bagaimana cara masak daging kambing agar empuk dan tidak prengus? Simak di bawah ini, ya!

1. Tidak Perlu Cuci Daging

Menurut dr. Devia Irine Putri, kamu tidak perlu mencuci daging kambing sebelum diolah atau disimpan di lemari pendingin. Anjuran ini pun diungkapkan oleh USDA (United States Department of Agriculture).

“Daging kambing tidak perlu dicuci kalau mau dimasak atau disimpan. Ini tujuannya untuk mencegah menyebarnya bakteri yang ada di daging ke peralatan masak atau ke sumber makanan lainnya,” ucap dr. Devia. 

2. Iris Daging Kambing dengan Benar

Kunci dalam cara masak daging kambing yang empuk adalah mengiris daging dengan benar. Kamu bisa ikuti cara potong daging kambing berikut ini:

  • Agar irisan daging lembut, periksa arah serat otot. Potong melintang atau tegak lurus dengan serat otot daging 
  • Jangan memotong daging searah dengan serat otot, karena daging bisa keras saat dimasak

Tips memotong daging kambing tersebut juga membantu memecah protein yang keras dan membuat bumbu rendaman (marinasi) terserap lebih mudah. 

3. Marinasi Daging yang Lama

Kemudian, cara masak daging kambing agar empuk adalah menggunakan pepaya mentah. Rendam daging kambing di dalam pepaya mentah yang dihaluskan selama kurang lebih 2-3 jam. 

Selain itu, gunakan juga marinasi dari kiwi atau lemon yang dicampur merica dan garam agar daging kambing tidak bau dan keras. Campuran ini dapat membantu proses pemecahan serat yang padat pada daging kambing. 

Bila serat-serat terurai, daging bisa lebih empuk dan siap dimasak. Marinasi juga membuat daging kambing lebih lezat dan juicy!

4. Rebus atau Panggang Daging

Menurut dr. Devia, cara masak daging kambing yang paling sehat adalah dipanggang dan direbus. Hindari teknik menggoreng daging karena dapat menambah lemak.

Artikel lainnya: Cara Aman Konsumsi Daging Kambing untuk Penderita Hipertensi

Kemudian, merebus daging kambing perlahan sekitar tiga jam lebih pada suhu rendah dapat membantu membuat daging lebih empuk.

Menu kambing rebus apa yang enak? Kamu bisa coba bikin kari atau sup daging kambing! 

Lalu, berdasarkan USDA, gunakan suhu hingga 71 derajat Celsius untuk memasak daging kambing giling. Sementara, cara memanggang steak daging kambing bisa dilakukan dengan suhu hingga 62 derajat Celsius.

Agar daging kambing tidak prengus dan lebih mantap, jangan ragu menambahkan rempah-rempah lainnya seperti ketumbar, bawang putih dan merah, jahe, dan sebagainya sesuai selera.

Nah, kamu sudah tidak bingung lagi, kan, bagaimana cara masak daging kambing yang empuk dan tidak bau prengus? Kalau mau tahu tips memasak daging yang aman dan sehat lainnya, download aplikasi KlikDokter!

Tetap #JagaSehatmu dengan tidak makan daging kambing berlebihan, ya. Chat dokter online kalau kamu punya masalah kesehatan akibat konsumsi daging, gratis!

(FR/JKT)

Referensi:

Foods - MDPI. Diakses 2022. Sheep and Goat Meat Processed Products Quality: A Review.

United States Department of Agriculture. Diakses 2022. Washing Food: Does it Promote Food Safety?

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

daging kambingTips Sehatdaging

Konsultasi Dokter Terkait