Gigi Mulut

Mengenal Poli Gigi, Pengertian, dan Jenis Layanannya

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 04 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pernah mendengar poli gigi saat kamu berkunjung ke pusat pelayanan kesehatan? Mari kenali apa itu poli gigi, pengertian, tujuan, dan layanannya di sini.

Mengenal Poli Gigi, Pengertian, dan Jenis Layanannya

Perawatan gigi bisa dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan. Beberapa di antaranya adalah praktik dokter gigi pribadi, klinik kesehatan yang melayani perawatan gigi, puskesmas, dan pelayanan di rumah sakit.

Jika mengunjungi fasilitas kesehatan klinik, puskesmas, dan rumah sakit, kamu akan mendapati bagian khusus yang melayani perawatan gigi, yaitu poli gigi.

Di sisi lain, praktik dokter gigi pribadi tidak memiliki unit poli gigi karena hanya melayani satu jenis perawatan. Berbeda halnya dengan pusat fasilitas kesehatan yang memiliki berbagai jenis pelayanan.

Berbeda jenis pelayanan, berbeda pula nama perawatannya. Hal ini tentu saja akan memudahkan pasien saat akan melakukan perawatan.

Apa yang Dimaksud Poli Gigi?

Poli gigi merupakan suatu unit yang melayani perawatan gigi. Biasanya poli gigi berada di pusat fasilitas kesehatan yang memiliki berbagai jenis pelayanan.

Sebelum masuk ke poli gigi, kamu akan terlebih dahulu memasuki unit pendaftaran dan beberapa pemeriksaan lainnya tergantung pada kebijakan fasilitas kesehatan tersebut.

Jika di rumah sakit, poli gigi biasanya berada dalam unit rawat jalan dan tidak berdekatan dengan unit rawat inap.

Tujuan dari adanya poli gigi pastinya adalah untuk melayani pasien yang akan melakukan perawatan gigi.

Artikel Lainnya: Daftar Perawatan Gigi yang Ditanggung BPJS

Poli gigi juga melayani pasien yang akan melakukan operasi pada bagian kepala leher, misalnya pencabutan gigi bungsu yang impaksi (tumbuh tidak normal).

Sebelum mendapatkan ruangan rawat inap dan jadwal operasi, pasien akan terlebih dulu melakukan pemeriksaan di poli gigi.

Jenis-Jenis Layanan di Poli Gigi

Berikut ini adalah sejumlah pelayanan yang bisa kamu peroleh ketika mengunjungi poli gigi:

1. Konsultasi

Petugas kesehatan akan melayani pasien yang akan melakukan pemeriksaan awal sebelum perawatan gigi berikutnya.

2. Perawatan Jaringan Lunak

Perawatan ini meliputi scaling dan merawat jaringan lunak pendukung gigi, contohnya perawatan gusi.

3. Perawatan Penyakit Mulut

Poli gigi melayani berbagai macam penyakit pada rongga mulut, seperti infeksi jamur, herpes, tumor, dan lainnya. 

4. Perawatan Gigi Anak

Petugas di poli gigi menyediakan perawatan pencegahan terhadap terjadinya penyakit pada rongga mulut anak. 

Artikel Lainnya: Perawatan Gigi yang Tak Boleh Dilewatkan

5. Perawatan Bedah Mulut

Perawatan ini meliputi pencabutan gigi dan beberapa operasi mengenai kepala leher.

6. Perawatan Ortodontik

Perawatan ini bertujuan untuk merapikan gigi dengan alat ortodontik.

7. Perawatan Gigi Tiruan

Pelayanan yang ada di poli gigi mencangkum pembuatan gigi tiruan pada pasien yang mengalami kehilangan gigi.

8. Perawatan Konservasi

Dokter akan merawat gigi berlubang atau membuat gigi tetap bertahan lama pada rongga mulut.

9. Pemeriksaan Rontgen Gigi

Pelayanan yang satu ini memungkinkan petugas kesehatan melakukan pemeriksaan radiologi untuk melihat kondisi gigi dari dalam.

Prosedur yang Dilakukan di Poli Gigi

Ketika mendatangi poli gigi, prosedur yang kamu lalui meliputi: 

  1. Dokter menanyakan keluhan yang dialami. Beberapa pertanyaan pendukung akan diajukan untuk semakin mengenali permasalahan apa yang sedang dialami.
  2. Setelah wawancara medis, dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung pada pasien di kursi khusus. Dokter gigi akan mengonfirmasi apakah jawaban pasien sesuai dengan kondisi rongga mulut pasien.
  3. Sebagai pemeriksaan objektif, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan tambahan untuk mengetahui kondisi gigi yang sebenarnya.
  4. Jika diagnosis sudah diperoleh secara pasti, dokter gigi akan menjelaskan mengenai diagnosis, penyebab, dan rencana perawatannya.
  5. Apabila dokter membutuhkan pemeriksaan radiologi, dokter akan membuatkan surat pengantar agar pasien terlebih dahulu melakukan pemeriksaan radiologi. Ini dilakukan untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.
  6. Ketika semua penjelasan sudah dilakukan, dokter gigi akan menanyakan kepada pasien jenis perawatan apa yang diinginkan.
  7. Setelah pasien memilih jenis perawatan, dokter akan segera melakukan perawatan tersebut.

Itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang poli gigi. Periksakan kondisi gigi dan mulutmu setiap 6 bulan sekali dengan mendatangi fasilitas kesehatan yang menyediakan perawatan gigi dan mulut.

Jika memiliki pertanyaan seputar topik terkait, gunakan fitur Live Chat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Mari, #JagaSehatmu selalu!

[WA]

Referensi

Anggraini, S. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Kepuasan Pasien dan Poliklinik Gigi Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi Tahun 2014. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Astuti, S.W dan Hayati, R. Pengaruh Efektivitas Komunikasi Kualitas Teknis dan Kualitas Fungsional Jasa Klinik Onkologi Surabaya Terhadap Komitmen Pasien untuk Berhubungan Melalui Kepercayaan pasien. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, 2005, vol 3 no. 2, Mei-Agustus, hal 56-63. Universitas Airlangga, Surabaya.

Setyaningsih, I. Analisis kualitas pelayanan rumah sakit terhadap pasien menggunakan pendekatan Lean Service. Spektrum Industri, 2013, 11, pp. 133-148.

Gigi dan MulutPerawatan Gigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait