Kesehatan Umum

Cara Ukur Lingkar Pinggang di Rumah

Tim Redaksi KlikDokter, 28 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mengukur lingkar pinggang bisa membantu mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Ketahui cara mengukur lingkar pinggang di sini.

Cara Ukur Lingkar Pinggang di Rumah

 Tidak sedikit orang yang mendambakan bentuk tubuh ideal. Salah satu komponen yang diperhatikan ketika ingin memiliki tubuh ideal adalah ukuran pinggang.

Ukuran pinggang dapat diketahui dengan mengukur lingkar pinggang alias lingkar perut, yaitu garis yang menyentuh area bawah tulang rusuk dan bagian atas tulang pinggul.

Pria dan wanita memiliki lingkar pinggang ideal yang berbeda. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), lingkar perut pria idealnya adalah 90 cm atau kurang. Sementara, ukuran lingkar pinggang wanita ideal adalah 80 cm atau kurang.

Selain menunjang penampilan, ukuran lingkar pinggang ideal bisa mengurangi risiko terjangkit penyakit, lho. Di bawah ini manfaat serta cara mengukur lingkar pinggang yang bisa kamu coba di rumah.

Alasan Pentingnya Mengukur Lingkar Pinggang

Menurut dr. Devia Irine Putri, lingkar pinggang perlu diukur secara berkala. Menurutnya, ukuran lingkar pinggang dapat membantu mengetahui risiko mengalami masalah kesehatan.

“Soalnya, semakin lebar ukuran lingkar pinggang, semakin rentan pula kamu mengalami masalah kesehatan. Sebab, hal ini menandakan adanya kelebihan lemak di perut,” jelas dr. Devia.

Menurut studi yang dimuat jurnal Circulation, lemak perut berlebih dapat meningkatkan risiko mengidap penyakit jantung. Soalnya, lemak perut dapat melepaskan senyawa penyebab peradangan.

Senyawa ini bisa menyebabkan pembuluh darah jantung meradang dan menyempit sehingga risiko gangguan jantung semakin besar. 

Risiko mengidap penyakit jantung bahkan bisa dialami orang dengan lemak perut berlebih, tetapi memiliki indeks massa tubuh yang sehat. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat, lemak perut berlebih juga bisa meningkatkan risiko mengidap gangguan kesehatan lainnya, seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Karena itu, penting mengetahui cara mengukur lingkar pinggang agar kamu bisa mengubah pola hidup dan mencegah risiko terjangkit penyakit. 

Cara Mengukur Lingkar Pinggang

Mengukur lingkar pinggang tidaklah sulit. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, lho.

Kamu hanya perlu menyiapkan alat seperti pita meteran, benang, penggaris, dan cermin. Berikut cara mengukur lingkar perut:

1. Mengukur Lingkar Pinggang dengan Pita Pengukur

Sebelum mengukur lingkar pinggang menggunakan pita meteran, penting bagi kamu untuk menyingkap baju hingga di bawah dada. Jika dirasa kurang nyaman, kamu juga dapat melepaskan baju ketika mengukur lingkar perut.

Tujuannya adalah agar penghitungan lingkar pinggang menjadi lebih akurat. Lalu, siapkan pita meteran sambil berdiri di hadapan cermin.

Lakukan sederet langkah-langkah di bawah ini:

  • Berdiri tegak dalam keadaan relaks
  • Bernapaslah dengan normal dan jangan mengencangkan perut
  • Lingkarkan pita meteran di sekeliling perut, tepat di atas tulang pinggul dan sejajar dengan pusar
  • Pastikan pita meteran tidak melingkar tidak terlalu ketat ataupun kendur
  • Tempelkan ujung meteran angka 0 di pusar, sementara sisanya melingkari perut
  • Ukur pinggang tepat setelah kamu mengembuskan napas. Caranya, dengan mengambil angka yang berpotongan dengan angka 0 di pita meteran

2. Mengukur Lingkar Pinggang dengan Benang

Jika tidak memiliki pita meteran di rumah, kamu bisa menggunakan benang untuk mengukur lingkar pinggang. Selain itu, siapkan juga penggaris dan spidol. 

Simak cara mengukur lingkar pinggang pakai benang berikut:

  • Lingkarkan benang di sekeliling pinggang hingga ujungnya saling bertemu
  • Lingkarkan benang sejajar dengan pusar dan tepat di atas tulang pinggul
  • Apit benang menggunakan telunjuk dan ibu jari untuk menyesuaikan ukurannya pada pinggang
  • Bernapaslah dengan normal dan jangan mengencangkan perut
  • Buang napas dengan lembut ketika mengukur lingkar perut
  • Gunakan spidol untuk menandai titik akhir benang 
  • Gunakan penggaris untuk mengukur tanda pada benang

Cara mengukur lingkar pinggang sangatlah mudah. Terapkan langkah-langkah di atas untuk mengetahui ukuran lingkar pinggang kamu, ya!

Jika ukuran lingkar perut melebihi batas ideal, berarti kamu perlu mengubah gaya hidup. Caranya, dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. 

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui makanan sehat apa saja yang bisa membantu kamu memiliki lingkar pinggang ideal. Kamu juga bisa tanya dokter online di KlikDokter secara langsung untuk mengetahui topik seputar kesehatan apapun.

(ADT/NM)

Referensi:

  • Centers for Disease Control and Prevention. Diakses 2022. Assessing Your Weight.
  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses 2022. Cek Lingkar Perut Anda.
  • American Heart Association. Diakses 2022. Too Much Belly Fat, Even for People with a Healthy BMI, Raises Heart Risks.
  • Circulation. Diakses 2022. Obesity and Cardiovascular Disease: A Scientific Statement From the American Heart Association.

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

Bugar dan sehatBerat Ideal

Konsultasi Dokter Terkait