Diet dan Nutrisi

Pilihan Makanan Mengandung Vitamin B6

Tri Yuniwati Lestari, 29 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Makanan sehat mengandung vitamin B6 mudah sekali ditemukan! Cari tahu di sini apa saja sumber vitamin B6 yang bisa kamu santap.

Pilihan Makanan Mengandung Vitamin B6

Vitamin B6 atau piridoksin adalah salah satu vitamin penting yang diperlukan tubuh kita. Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, manfaat vitamin B6 yang utama adalah membantu tubuh memetabolisme protein, lemak, dan karbohidrat untuk energi.

Kekurangan vitamin B6 dalam jangka panjang dapat menyebabkan peradangan kulit (dermatitis), depresi, kebingungan, kejang, bahkan anemia. Maka dari itu, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 harian, misalnya lewat makanan sehat.

Penasaran apa saja makanan sumber vitamin B6? Simak daftarnya di bawah ini:

1. Susu

Salah satu sumber vitamin B6 yang bisa kamu temukan dalam bentuk minuman adalah susu. Kamu bisa pilih mau minum susu sapi atau susu kambing. 

Segelas susu sapi atau kambing dapat membantu memenuhi kecukupan vitamin B6 dalam sehari. Selain itu, susu juga menyediakan vitamin B12, kalsium, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya. 

Kamu dapat menikmati segelas susu di pagi hari atau menuangkannya ke mangkuk sereal. Sehat dan enak!

Artikel Lainnya: Vitamin B6: Manfaat dan Dosis yang Dibutuhkan

2. Salmon 

Bagi kamu yang gemar ke restoran Jepang, pasti sudah tak asing lagi dengan ikan salmon. Ikan lezat ini memang cocok dijadikan berbagai hidangan, misalnya sashimi. Tambah kecap asin atau bubuk cabai, sedap! 

Salmon bisa menjadi pilihan makanan yang mengandung vitamin B6. Menurut US Department of Agriculture, salmon Atlantik matang sebanyak 178 gram (1/2 fillet) mengandung 1,2 mg vitamin B6. 

Untuk kamu yang tidak menyukai salmon mentah, cobalah mengonsumsi salmon yang sudah dimasak. Selain itu, salmon dapat dinikmati dengan cara dipanggang dan digoreng bersama bahan makanan lainnya. 

3. Tuna 

Vitamin B6 membantu memproduksi hemoglobin, yaitu protein yang membawa oksigen melalui darah. Konsentrasi B6 yang sangat tinggi dapat ditemukan pada ikan tuna, terutama pada varietas yellowfin dan albacore

Selain menjadi sumber vitamin B6, tuna juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Artikel Lainnya: Pentingnya Memenuhi Vitamin B6 untuk Kesehatan Anak

4. Telur Ayam

Ada kabar bagus untuk kamu yang suka sarapan dengan telur ayam. Telur ayam menawarkan banyak zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Telur ayam juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. 

Tidak hanya itu, telur ayam mengandung vitamin B6. Telur ayam seberat 243 gram mengandung vitamin B6 sebanyak 0,3 mg. 

5. Hati Ayam 

Hati ayam sering kali dijadikan MPASI oleh para ibu. Karena, hati ayam memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

Kandungan hati ayam yang sehat antara lain protein, folat, vitamin A, vitamin B12, dan vitamin B6. Manfaat vitamin B6 dapat membantu tubuh memecah dan menggunakan protein secara efisien, khususnya untuk bayi. 

6. Daging Sapi 

Daging sapi termasuk banyak difavoritkan. Bagaimana tidak, daging sapi cukup mudah diolah menjadi beragam hidangan lezat dan kandungan gizinya pun tak kalah dengan makanan sehat lainnya.

Daging sapi juga mengandung vitamin B6. Daging sapi giling mentah (70 persen daging dan 30 persen lemak) seberat 28 gram mengandung vitamin B6 sebanyak 0,1 mg.

Artikel Lainnya: Daging Merah vs Daging Putih, Mana yang Lebih Kaya Gizi?

7. Wortel

Pasti kamu tahu kalau wortel termasuk makanan tinggi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan tubuh secara keseluruhan. Namun, nyatanya wortel juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin B6.

Wortel mentah beku seberat 284 gram dapat mengandung vitamin B6 sebanyak 0,3 mg.

8. Bayam 

Fungsi vitamin B6 membantu produksi antibodi untuk mencegah infeksi dan penyakit. Salah satu sayuran hijau yang mengandung vitamin B6 adalah bayam. 

Bayam yang belum diolah seberat 30 gram memiliki kandungan vitamin B6 sebanyak 0,1 mg. Jumlah ini dapat memenuhi sekitar 3 persen kebutuhan harian vitamin B6. 

9. Ubi Jalar 

Ubi jalar juga menjadi salah satu sumber karbohidrat yang enak, baik dikukus maupun dipanggang. Kandungan ubi jalar antara lain serat, vitamin A, magnesium dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ubi jalar yang belum diolah seberat 133 gram mengandung vitamin B6 sebanyak 0,3 mg. 

10. Pisang

Buah yang mengandung vitamin B6 salah satunya adalah pisang. Selain sehat, buah ini juga lezat dijadikan berbagai camilan, mulai dari kue hingga keripik. 

Vitamin B6 di dalam pisang dapat membantu produksi serotonin dan norepinefrin, yaitu bahan kimia yang membantu fungsi saraf dan transmisi sinyal di dalam otak. Sebanyak 225 gram pisang mentah dapat memiliki kandungan vitamin B6 yaitu 0,8 mg.

Artikel Lainnya: Belasan Manfaat dalam Buah Pisang

11. Kacang Polong 

Salah satu makanan yang juga mengandung cukup banyak nutrisi yaitu kacang polong. Kacang polong kaya akan serat serta vitamin A dan C. Selain itu, kacang polong juga termasuk sumber vitamin B6.

Kamu dapat menyajikan kacang polong sebagai sup. Campur juga dengan sayuran lain seperti wortel untuk menambah rasa dan nutrisi. Santap selagi hangat!

12. Buncis 

Masih dalam keluarga kacang-kacangan, buncis juga termasuk makanan yang mengandung vitamin B6. Buncis juga tinggi serat dan protein. Hidangan sayur buncis biasanya akrab kita santap sehari-hari.

Buncis seberat 110 gram mengandung vitamin B6 sebanyak 0,1 mg. Jadikan buncis sebagai salah satu sayur yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B6 kamu. 

13. Alpukat

Pilihan lainnya untuk buah yang mengandung vitamin B6 adalah alpukat. Lalu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan. 

Alpukat mentah seberat 150 gram mengandung 0,4 mg vitamin B6. Sebaiknya konsumsi buah alpukat dengan cara lebih sehat, misalnya avocado toast atau jus alpukat tanpa gula dan susu terlalu banyak. 

Yuk, #JagaSehatmu dengan konsumsi beragam makanan mengandung vitamin B6 di atas! Santaplah dalam porsi yang tidak berlebihan, ya.  

Mau tahu tips makan sehat yang mudah? Download aplikasi KlikDokter saja! Kamu juga bisa tanya dokter online untuk konsultasi praktis dan cepat. 

(FR/NM)

Referensi:

Data Komposisi Pangan Indonesia

US Department of Agriculture

National Institutes of Health – Office of Dietary Supplements. Diakses 2022. Vitamin B6.

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini

Makanan SehatJenis Vitamin BVitamin B6

Konsultasi Dokter Terkait