Kulit

6 Cara Pakai Sunscreen yang Benar untuk Lindungi Kulitmu

Tri Yuniwati Lestari, 23 Jun 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Sudah pakai sunscreen tapi kulit tetap menghitam? Mungkin kamu salah cara pakainya. Coba cek cara memakai sunscreen yang benar di sini.

6 Cara Pakai Sunscreen yang Benar untuk Lindungi Kulitmu

Sebelum ke luar rumah, sunscreen tentu tidak boleh terlewat. Namun, sudahkah kamu melakukan cara pakai sunscreen yang benar?

Kesalahan pakai sunscreen akan membuat kulit tidak terlindungi maksimal. Akibatnya, kulit tetap menghitam, memiliki flek dan tanda penuaan, atau perih karena terbakar sinar matahari.

Penelitian tahun 2016 dalam American Journal of Epidemiology menemukan, orang yang terkena sengatan sinar matahari terus-menerus dapat berpeluang lebih besar terkena kanker kulit di kemudian hari.

Kamu tidak mau mengalaminya, kan? Maka dari itu, ikuti beberapa cara memakai sunscreen yang benar berikut ini:

1. Pilih Produk Sunscreen yang Tepat

Pertama, hal yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan sunscreen yang akan digunakan. Pilih tabir surya spektrum luas yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Faktor perlindungan matahari (SPF) sebaiknya minimal 30.

Meski pakai sunscreen, bukan berarti kamu bisa “mandi matahari” sepuasnya, ya. Tetap hindari paparan sinar matahari langsung ke kulit terus-menerus dalam waktu lama agar manfaat sunscreen lebih maksimal.

Artikel lainnya: Bagaimana Cara Kerja Sunscreen dalam Melindungi Kulit?

2. Kocok Sunscreen Sebelum Digunakan

Perhatikan cara menggunakan sunscreen yang tertera pada kemasan. Beberapa merek mengharuskan kamu untuk mengocok botolnya terlebih dahulu. Sunscreen dalam bentuk cair ataupun spray kadang perlu dikocok dulu.

Langkah ini bertujuan untuk mencampur partikel yang mungkin menggumpal di dalam wadah. Dengan demikian, cairan atau krim sunscreen bisa melindungi lapisan kulit dengan lebih maksimal dan merata.

3. Oleskan Tabir Surya 30 Menit Sebelum ke Luar Rumah

Agar lebih efektif, oleskan sunscreen tiga puluh menit sebelum kamu pergi ke luar rumah atau berada di bawah sinar matahari. Waktu tersebut ideal bagi sunscreen untuk dapat diserap oleh kulit dan mencegah luntur saat berkeringat.

Kalau kamu mudah berkeringat atau ingin berenang, carilah jenis sunscreen yang tahan air. Sementara, gunakan tabir surya berbahan dasar air jika kamu memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat.

4. Gunakan Sunscreen dengan Takaran yang Tepat

Berapa banyak harus pakai sunscreen di wajah atau tubuh? Hal ini kadang memang masih menjadi perdebatan, karena kondisi kulit dan jenis aktivitas memengaruhi takaran.

Menurut jurnal Frontiers in Medicine Dermatology, orang dewasa paling tidak harus menggunakan sekitar 35 ml (sekitar 2 sdm penuh) sunscreen untuk seluruh tubuh.

Takaran sunscreen mungkin bisa berbeda bila digunakan di wajah. Menurut riset dalam The British Medical Journal, sebenarnya tidak ada standar pasti mengenai dosis tabir surya.

Namun, menurut dr. Dyah Novita Anggraini, penggunaan sunscreen yang benar umumnya adalah tuang sepanjang jari telunjuk dan jari tengah. Oleskan merata pada wajah demi perlindungan efektif. Ingat, jangan terlalu sedikit, ya.

5. Pakai Sunscreen Secara Merata

Gunakan tabir surya pada seluruh bagian kulit yang terkena sinar matahari atau tidak tertutup pakaian, termasuk telinga, leher, punggung, bahu, atau kaki. Area kulit di tubuhmu selain wajah dan tangan juga harus dilindungi, lho.

Artikel lainnya: Bagian Tubuh Mana Saja yang Perlu Tabir Surya?

Oleskan sunscreen secukupnya, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Pakai hingga meresap sempurna di kulit. Kalau mau mengoleskan sunscreen di sekitar mata, lakukan pelan-pelan karena area kulit tersebut tipis dan sensitif.

6. Ulang Pemakaian Setiap 2 Jam Sekali

Dokter Dyah Novita berpesan, cara memakai sunscreen yang tak kalah penting adalah ulangi pemakaian setiap dua jam sekali bila kamu sering terpapar sinar matahari. 

Pastikan tangan kamu sudah bersih sebelum menggunakan sunscreen. Kalau sedang pakai makeup, gunakan bedak atau face spray mengandung tabir surya yang bisa langsung diaplikasikan di atas riasan. 

Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa sunscreen. Kalau masanya sudah lewat, perlindungan yang diberikan biasanya tidak maksimal. 

Yuk, jangan malas pakai tabir surya! Terapkan cara pakai sunscreen yang benar di atas agar kulit kamu tetap terawat dan awet muda.

Kamu bisa membeli berbagai produk sunscreen terbaik sesuai kebutuhan kamu di KALStore!

Mau tahu tips skincare lainnya yang aman? Download aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa tanya dokter kulit online lebih mudah, lho.

(FR/JKT)

kesehatan kulitsunscreenSkincare

Konsultasi Dokter Terkait