HomeIbu Dan anakKehamilan12 Ciri-Ciri Janin Sehat dalam Kandungan yang Penting Mama Perhatikan
Kehamilan

12 Ciri-Ciri Janin Sehat dalam Kandungan yang Penting Mama Perhatikan

Siti Putri Nurmayani, 21 Sep 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada beberapa ciri-ciri janin sehat di dalam kandungan. Ibu hamil perlu tahu cara mengetahui janin sehat tanpa USG berikut.

12 Ciri-Ciri Janin Sehat dalam Kandungan yang Penting Mama Perhatikan

Hampir semua ibu hamil berharap janin di dalam kandungannya dapat tumbuh dengan sehat. Menariknya, kondisi kesehatan buah hati ternyata bisa diketahui lewat perubahan yang dialami oleh Mama selama kehamilan. 

Biasanya, ciri-ciri janin sehat bisa menimbulkan sejumlah gejala pada bumil. Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah janin sehat? Yuk, kenali tanda-tanda bayi sehat lewat artikel di bawah ini. 

1. Mama Alami Mual dan Muntah

Morning sickness merupakan gejala mual dan muntah yang dialami wanita hamil di trimester pertama kehamilan. Ternyata, gejala ini menjadi salah satu tanda bahwa si kecil di dalam kandungan tumbuh dengan sehat dan normal. 

Kondisi mual dan muntah selama hamil dapat disebabkan oleh peningkatan kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam darah. Hormon yang satu ini dibutuhkan selama masa kehamilan. 

2.Muncul Flek saat Hamil

Di awal kehamilan, beberapa wanita mengalami flek atau keluarnya bercak darah yang disebut dengan istilah perdarahan implantasi. 

Kondisi tersebut disebabkan oleh sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim, sehingga menyebabkan perdarahan ringan. Muncul flek adalah hal normal yang terjadi di awal kehamilan. 

Namun, jika perdarahan muncul di trimester kedua dan trimester ketiga, Mama perlu berhati-hati karena bisa jadi ini merupakan tanda adanya masalah pada kandungan.

3. Payudara Mama Membesar dan Nyeri

Sejak awal trimester pertama kehamilan, Mama bisa merasakan adanya perubahan pada payudara yang menjadi lebih besar, berat, nyeri, dan sensitif. Kondisi ini dapat menandakan bahwa janin berada dalam kondisi yang sehat. 

Menurut dr. Yvonne Bohn dari LA Obgyn, Amerika Serikat, pembesaran payudara terjadi akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron. Lonjakan kedua hormon ini meningkatkan pertumbuhan kelenjar susu dan aliran darah di area payudara. 

“Meski membuat dada terasa nyeri, payudara membesar artinya tubuh beradaptasi dengan baik saat hamil,” tuturnya. 

4. Pembengkakan di Bagian Tubuh Mama

Melansir dari Pregnancy Birth & Baby, pembengkakan selama hamil, terutama di beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki merupakan kondisi yang normal. Ini juga menjadi tanda bahwa janin tumbuh dengan baik. 

Pasalnya, pertumbuhan bayi akan membuat rahim menekan dan menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah dari kaki ke jantung. 

Selain itu, hormon juga membuat dinding pembuluh darah sulit untuk bekerja dengan baik.

5. Pertambahan Berat Badan saat Hamil

Cara tahu ciri-ciri janin sehat tanpa ke dokter bisa dilihat dari kenaikan berat badan saat hamil.

Pada dasarnya, berat badan yang naik bukan disebabkan oleh lemak, melainkan karena adanya bayi, plasenta, cairan ketuban, jaringan payudara, suplai darah, simpanan lemak, hingga pertumbuhan rahim dalam kandungan. 

Berdasarkan MedlinePlus, tanda janin yang sehat adalah ketika bumil bertambah berat badan 11,5 hingga 16 kilogram (kg) selama kehamilan. 

Artikel Lainnya: Perkembangan Berat Badan Janin Normal Setiap Bulannya

6. Mama Sering Buang Air Kecil

Selain bertambahnya berat badan, perut bumil juga akan semakin membesar seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan. 

Rahim yang semakin membesar akan menekan kandung kemih, sehingga Mama akan sering buang air kecil saat hamil. Tak perlu khawatir, sering buang air kecil bisa menjadi pertanda bahwa janin tumbuh dengan sehat. 

Kondisi ini juga dipengaruhi oleh hormon kehamilan hCG yang meningkatkan aliran darah ke ginjal. Oleh karenanya, fungsi ginjal dalam membersihkan limbah dari tubuh ibu dan janin juga ikut meningkat.

7. Ada Gerakan Janin

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, ciri janin yang sehat dapat ditandai dengan adanya gerakan janin dalam kandungan. 

“Saat masa kehamilan di usia 20 minggu, ibu sudah bisa merasakan adanya gerakan janin. Pergerakan yang rutin bisa menjadi tanda bayi sehat dan normal,” ungkap Dokter Vita. 

Bila Mama tidak merasakan gerakan janin pada usia kehamilan 24 minggu, segera konsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

8. Mama Lebih Sering Keputihan

Keputihan merupakan kondisi normal yang dialami oleh seluruh wanita. Keluarnya cairan dari vagina dan leher rahim ini dikeluarkan secara alami oleh tubuh untuk menjaga kebersihan dan kelembapan vagina. 

Mengalami keputihan sepanjang masa kehamilan ternyata dapat menandakan bahwa janin berada dalam keadaan sehat. Soalnya, kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon estrogen dalam tubuh. 

Keputihan yang normal selama hamil umumnya bertekstur encer, jernih, dan tidak berbau. 

Artikel Lainnya: Penyebab dan Jenis Keputihan saat Hamil

9. Detak Jantung Janin Normal

Ciri janin sehat juga bisa dilihat dari detak jantung bayi. Untuk mengetahuinya, tentu dibutuhkan pemeriksaan oleh dokter. 

Detak jantung janin dapat terdengar sejak minggu kelima kehamilan. Umumnya, berkisar antara 100 hingga 160 detak per menit. 

Penting untuk Mama melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Penasaran kehamilan sudah minggu ke berapa? Yuk, hitung usia kandungan Mama dengan Kalendar Kehamilan KlikDokter.

10. Mama Alami Pusing dan Sakit Kepala

Selama fase kehamilan, mungkin Mama sering mengeluhkan pusing dan sakit kepala. Menariknya, ini bisa menjadi tanda bahwa bayi tumbuh normal dan sehat di dalam kandungan. 

Biasanya, keluhan pusing pada ibu hamil lebih sering terjadi pada trimester kedua. Kondisi ini diakibatkan oleh perubahan aliran darah dan hormon yang dialami selama hamil. 

Untuk mengatasinya, Mama bisa tidur dalam posisi miring dan mencukupi kebutuhan cairan agar terhindar dari dehidrasi.

11. Muncul Stretch Marks di Kulit Mama

Selama kehamilan, tubuh wanita terus mengalami perubahan. Tak jarang, Mama juga mengeluhkan munculnya stretch marks akibat kulit yang meregang. 

Namun tak perlu khawatir, ini dapat menjadi tanda bahwa bayi tumbuh dengan sehat dalam kandungan. Pasalnya, pertumbuhan bayi bisa membuat tubuh bumil semakin membesar, sehingga kulit akan ikut meregang dan menimbulkan stretch marks

Bila kondisi kulit ini terasa mengganggu, Mama bisa mengoleskan pelembap untuk mengatasinya. 

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Sensitif saat Hamil

12. Mama Sulit Tidur

Insomnia atau sulit tidur juga menjadi salah satu tanda bayi dalam kandungan tumbuh dengan sehat. 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Pakistan Journal of Medical Sciences, 80 persen ibu hamil akan mengalami insomnia selama kehamilan. Bahkan, keluhan ini akan semakin memburuk pada trimester ketiga. 

Masalah tidur yang satu ini sering disebabkan oleh perubahan-perubahan yang terjadi selama hamil, seperti sakit punggung, sering buang air kecil, pergerakan janin, nyeri payudara, dan kram kaki. 

Nah, itu dia sejumlah ciri-ciri janin tumbuh sehat yang bisa dirasakan oleh Mama selama hamil. Meski dapat mengganggu aktivitas harian, bumil tidak perlu khawatir ketika mengalaminya. 

Jika gejala-gejala di atas terasa mengganggu, jangan sungkan untuk bertanya ke dokter. Coba gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi dengan chat dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Kamu juga bisa bertemu langsung dengan dokter spesialis kandungan dan cari layanan kehamilan dengan mudah di KlikDokter.

Yuk, #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi lengkap seputar kehamilan. 

(NM)

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait