HomeInfo SehatGigi MulutMemutihkan Gigi Menggunakan Kulit Jeruk, Ini Caranya
Gigi Mulut

Memutihkan Gigi Menggunakan Kulit Jeruk, Ini Caranya

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 21 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kulit jeruk memiliki kandungan yang bisa bantu memutihkan gigi, lho! Yuk, ketahui cara memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk berikut ini.

Memutihkan Gigi Menggunakan Kulit Jeruk, Ini Caranya

Gigi dewasa cenderung lebih kuning dibandingkan gigi susu. Ini karena lapisan email lebih banyak ketimbang lapisan dentin.

Lapisan dentin pada gigi memiliki warna yang lebih putih. Sementara itu, lapisan email cenderung memiliki warna kekuningan.

Meski merupakan kondisi alami, tidak sedikit orang yang mengeluhkan masalah tersebut. Oleh karena itu, sejumlah perawatan gigi pun dijalani, seperti bleaching atau veneer.

Selain itu, penggunaan bahan alami seperti kulit jeruk dinilai mampu mengembalikan warna gigi menjadi lebih putih.

Apakah efektif penggunaan kulit jeruk untuk memutihkan gigi? Simak cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk dalam artikel berikut. 

Manfaat Kulit Jeruk untuk Memutihkan Gigi

Bleaching dan veneer merupakan dua perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi menjadi lebih putih.

Veneer merupakan perawatan mengubah warna gigi. Dokter akan mengurangi permukaan gigi yang terlihat lebih kuning. Setelahnya, lapisan yang menggantikannya akan dibuat sesuai dengan warna dan bentuk yang dikehendaki.

Kelebihan perawatan gigi ini adalah kamu dapat menentukan sendiri warna apa yang akan digunakan.

Artikel Lainnya: Bisakah Gigi Kembali Putih Hanya dengan Menyikat Gigi?

Di sisi lain, bleaching tidak membutuhkan pembuangan jaringan sehat gigi. Bleaching gigi dilakukan dengan mengaplikasikan suatu bahan yang memicu perubahan warna menjadi lebih putih.

Perubahan warna pada perawatan bleaching tidak seekstrem veneer karena kondisi gigi sendiri yang akan menentukan.

Akan tetapi, beberapa orang lebih memilih bleaching karena warna putih yang dihasilkan lebih alami dibandingkan dengan veneer.

Sementara itu, untuk cara alami memutihkan gigi, kulit jeruk dianggap mampu memberikan manfaat yang diharapkan. Namun, apakah kulit jeruk memang bermanfaat untuk memutihkan gigi? 

Jeruk mengandung pelarut alami yang dikenal sebagai d-limonene. Kandungan ini juga bertanggung jawab atas rasa jeruk kamu makan.

Banyak perusahaan memasukkan kandungan tersebut ke dalam produk mereka, termasuk ke dalam pemutih gigi dan pasta gigi.

Faktanya, sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam American Journal of Dentistry menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung d-limonene efektif mengurangi noda nikotin dari gigi.

Artikel Lainnya: Waspada, Ada Bahaya di Balik Produk Pemutih Gigi

Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

Agar mendapatkan manfaat kulit jeruk untuk memutihkan gigi, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Mencampurkan dengan Air Garam

Garam memiliki kandungan antiseptik sehingga sering digunakan sebagai penanganan pertama jika ada suatu luka atau peradangan pada rongga mulut.

Sebenarnya garam tidak memiliki kandungan untuk memutihkan gigi. Namun, fungsinya untuk memutihkan gigi bisa kamu peroleh jika digabungkan dengan kulit jeruk.

2. Campuran Baking Soda dengan Kulit Jeruk

Cara memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk selanjutnya adalah dengan mencampurkannya dengan baking soda.

Menurut penelitian, baking soda dapat digunakan untuk mengurangi stain alias noda pada gigi, atau ketika terdapat lapisan yang menutupi permukaan gigi sehingga terlihat kekuningan.

Baking soda dapat dicampurkan dengan kulit jeruk untuk menghasilkan konsistensi seperti pasta gigi. Kamu tinggal mengoleskan pasta gigi tersebut di permukaan gigi, lalu tunggulah selama sekitar 3 menit.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, 12 dari 30 orang partisipan mengalami perubahan warna gigi menjadi lebih putih.

Artikel Lainnya: Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Pemutih, Efektifkah?

3. Perendaman

Selain ekstraksi, perendaman ekstrak jeruk dan kulitnya juga menjadi cara yang paling banyak dilakukan oleh sejumlah penelitian guna mengetahui khasiat kulit jeruk untuk memutihkan gigi.

Rendaman ini berupa perasan jeruk atau bisa juga dalam bentuk jus. Waktu yang dibutuhkan untuk merendam kurang lebih selama 30 menit.

Sebelum diaplikasikan pada gigi, cari referensi yang tepercaya terlebih dahulu atau konsultasikan dengan dokter.

4. Campuran Tomat

Hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan utama dalam memutihkan gigi. Tomat ternyata memiliki kandungan ini. 

Jadi, apabila digabungkan dengan jeruk yang mengandung asam sitrat, manfaatnya untuk memutihkan gigi akan lebih maksimal.

Penelitian dilakukan melalui proses perendaman. Gigi sampel direndam dengan batasan waktu tertentu. Hasilnya ditemukan terdapat perubahan warna gigi menjadi lebih putih.

Manfaat kulit jeruk untuk memutihkan gigi memang sudah banyak yang membuktikan. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba cara alami ini untuk mengatasi gigi kuning.

Kendati demikian, sebaiknya konsultasikan kepada dokter gigi terlebih dahulu sehingga dampak buruknya bisa diminimalkan. Kamu bisa menggunakan layanan Live Chat KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter gigi lebih mudah.

[WA]

Referensi

Pacific Ave Dental. Diakses 2022. Can Orange Peels Give You a Whiter Smile?

Ariana, T. R., Wibisono, G., & Praptiningsih, R. S. (2015). Pengaruh perasan buah lemon terhadap peningkatan warna gigi. Media Dental Intelektual J, 2(1), 74–78.

Bazzi, J. Z., Bindo, M. J. F., Rached, R. N., Mazur, R. F., Vieira, S., & de Souza, E. M. (2012). The effect of at-home bleaching and toothbrushing on removal of coffee and cigarette smoke stains and color stability of enamel. J of the American Dental Association, 143(5), e1–e7.

Mala, H. F., Arti, D. W. K., & Aprillia, Z. (2017). Efektivitas asam askorbat dalam ekstrak buah tomat (Lycopersicon esculentum Mill.) terhadap pemutihan gigi dengan konsentrasi 30%, 70%, dan 100%. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 172–176.

Gigi putihKulit JerukGigimemutihkan gigi

Konsultasi Dokter Terkait