HomeInfo SehatKulitRangkaian Skincare Pagi dan Malam untuk Kulit Kombinasi
Kulit

Rangkaian Skincare Pagi dan Malam untuk Kulit Kombinasi

Tri Yuniwati Lestari, 21 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Merawat kulit kombinasi terkadang memang sulit. Tetapi jangan bingung, ikuti tips perawatan kulit kombinasi di pagi dan malam hari berikut ini.

Rangkaian Skincare Pagi dan Malam untuk Kulit Kombinasi

Mungkin kadang kamu bingung menentukan skincare untuk kulit kombinasi yang tepat. Nah, memahami jenis kulit merupakan langkah pertama yang harus dilakukan.

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang berminyak di beberapa area dan kering di bagian lainnya. Biasanya orang yang memiliki kulit kombinasi cenderung berminyak di area T zone (dahi, hidung) dan kering di bagian pipi. 

Penyebab kulit kombinasi dapat ditentukan oleh genetik. Namun, seiring waktu kondisi ini dapat berubah karena perubahan hormonal dan faktor lingkungan.

Untuk skincare yang cocok untuk kulit kombinasi, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan coba pilih produk yang lembut di kulit dan dapat melembapkan area kering di wajah, tanpa membuat lebih banyak minyak di area yang sudah berminyak.

Rangkaian Skincare untuk Kulit Kombinasi di Pagi Hari

Morning skincare routine penting sekali sebelum kamu mulai beraktivitas. Kamu bisa ikuti tips skincare pagi hari untuk kulit kombinasi berikut: 

1. Gunakan Pembersih untuk Kulit Kombinasi

Pakai facial cleanser yang diformulasikan untuk kulit kombinasi. Mencuci muka di pagi hari sangat penting untuk menghilangkan sisa-sisa skincare yang digunakan di malam hari.

Manfaat cuci muka di pagi hari juga membuat kulit lebih bersih ketika dioleskan skincare. Jadi, penyerapan dan efektivitasnya bisa cenderung lebih baik.

2. Pilih Toner Bebas Alkohol 

Toner yang dipakai dengan kapas dapat membantu menghilangkan sisa minyak atau kotoran yang tidak terangkat oleh sabun pembersih wajah. Fungsi toner juga dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit kamu.

3. Serum 

Salah satu kandungan skincare untuk kulit kombinasi, misalnya pada serum, yang bisa digunakan adalah hyaluronic acid atau asam hialuronat. Bahan ini dapat menghidrasi dan melindungi kulit.

Artikel Lainnya: Urutan Skincare Pagi

4. Pelembap 

Meski ada bagian kulit yang berminyak, bukan berarti kamu tidak butuh pelembap, lho. Mungkin kamu perlu dua pelembap, yaitu jenis krim untuk area yang kering dan pelembap berformula air untuk bagian yang berminyak.

Namun kamu tidak usah bingung. Kini sudah banyak pilihan moisturizer untuk kulit kombinasi yang mudah digunakan. Sesuaikan kandungannya dengan kondisi kulit kamu, ya.

5. Sunscreen 

Selalu gunakan sunscreen di pagi hari, apalagi sebelum keluar rumah. Pilihlah tabir surya dengan formula yang ringan dan setidaknya mengandung SPF 30.

Dokter Dyah Novita mengingatkan, “Penggunaan sunscreen sama pentingnya untuk semua jenis kulit, karena bisa melindungi dari risiko kanker kulit dan hiperpigmentasi (spot cokelat di kulit).”

6. Gunakan Produk Makeup untuk Kulit Kombinasi 

Jika kamu ingin menggunakan riasan wajah di pagi hari, pilihlah foundation dan concealer yang memiliki formula bebas minyak.

Artikel lainnya: Pelembap Gel atau Krim, Mana Lebih Baik untuk Kulit?

Rangkaian Skincare Malam untuk Kulit Kombinasi

Lawan rasa ngantuk kamu dan rawat kulit kombinasi sebelum tidur dengan beberapa tips berikut ini: 

1. Makeup Remover 

Kalau kamu memakai riasan wajah seharian, bersihkan dengan micellar water untuk kulit kombinasi sebelum menggunakan sabun cuci muka. Tahap skincare ini penting agar pori-pori tidak tersumbat akibat kotoran dan sisa makeup.

2. Sabun Muka 

Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut dan cocok untuk kulit kombinasi. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa riasan dan kotoran di wajah lebih maksimal.

3. Eksfoliasi 

Kamu perlu melakukan eksfoliasi seminggu sekali. Pengelupasan kulit sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati dan menjaga pori-pori tetap bersih.

Kamu bisa pakai chemical exfoliant yang relatif lembut di kulit.

Artikel Lainnya: Urutan Skincare Malam

4. Masker Wajah 

Kamu juga perlu menggunakan masker wajah seminggu sekali. Cobalah mengoleskan masker dengan formulasi berbeda ke area wajah yang membutuhkan (multi-masking).

Misalnya, oles masker clay di bagian kulit berminyak dan masker hydrating untuk area yang kering.

5. Serum dan Pelembap 

Gunakan serum dan pelembap wajah yang mampu melembapkan kulit di malam hari. 

Itu dia skincare untuk kulit kombinasi yang bisa kamu ikuti. Namun, masing-masing kondisi kulit bisa membutuhkan tahapan perawatan yang berbeda. 

Sesuaikan berbagai step di atas dengan kebutuhanmu. Konsultasi dengan dokter kulit agar kamu bisa tahu skincare routine yang pas untuk kamu.

Apa pun jenis kulitnya, rawatlah dengan benar agar tidak timbul masalah yang bisa menurunkan rasa percaya diri! Jangan lupa teliti bahan-bahan skincare agar tepat untuk tipe kulit.

Download aplikasi KlikDokter untuk tahu tips skincare yang aman. #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. The Ultimate Skin Care Routine for Combination Skin.

Healthline. Diakses 2022. Combination Skin? Here’s How to Identify and Create the Right Routine.

Cleveland Clinic Amerika Serikat. Diakses 2022. Know Your Skin Type Before Choosing Skin Care Products.

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini

Perawatan KulitKecantikanSkincare

Konsultasi Dokter Terkait