Gigi Mulut

Kunyit Bermanfaat untuk Memutihkan Gigi, Benarkah?

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 20 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kunyit dipercaya bermanfaat untuk memutihkan gigi. Benarkah demikian? Bagaimana cara memutihkan gigi dengan kunyit? Berikut penjelasannya.

Kunyit Bermanfaat untuk Memutihkan Gigi, Benarkah?

Kunyit adalah rempah-rempah yang tumbuh dengan sangat subur di Indonesia. Tanaman ini kerap kali digunakan sebagai campuran dalam membuat makanan ataupun hidangan lainnya.

Selain sebagai penyedap rasa pada masakan, kabarnya penggunaan kunyit untuk memutihkan gigi tak kalah bermanfaat, lho. Bagaimana faktanya? Simak di sini!

Manfaat Kunyit untuk Memutihkan Gigi

Kunyit dipercaya bermanfaat untuk membantu memutihkan gigi. Ini tak lepas dari kandungan kurkumin di dalamnya. Bahan aktif ini banyak terdapat di dalam kunyit.

Kurkumin memiliki khasiat sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kunyit menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk peradangan akibat bakteri.

Artikel Lainnya: Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Pemutih, Efektifkah?

Namun, benarkah penggunaan kunyit benar-benar efektif untuk memutihkan gigi? Faktanya, tidak banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Kalaupun ada, penelitian menemukan bahwa efektivitas kunyit masih kurang bila dibandingkan dengan bahan lain untuk memutihkan gigi.

Menurut penelitian yang membandingkan antara kunyit dan beberapa bahan lain tersebut, manfaat kunyit untuk memutihkan gigi kurang baik ketimbang bahan pemutih gigi lainnya.

Jadi, anggapan kalau kunyit dapat memutihkan gigi secara alami kurang tepat. Masih dibutuhkan penelitian pendukung lain guna membuktikan khasiat kunyit yang satu ini.

Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit

Walaupun perlu studi lebih lanjut guna membuktikan khasiat kunyit untuk memutihkan gigi, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba cara ini.

Pasalnya, penggunaan kunyit kemungkinan dinilai lebih aman bila dibandingkan dengan arang yang memiliki sifat abrasif.

Namun sebelumnya, hindari menggunakan kunyit untuk gigi lebih dari sekali dalam sehari. Selain itu, pada beberapa orang yang alergi, sebaiknya hindari penggunaannya.

Berikut ini beberapa cara memutihkan gigi dengan kunyit yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Gunakan Kunyit Saat Menyikat Gigi

Cara pertama adalah dengan memasukkan bubuk kunyit sebagai bahan tambahan ketika menyikat gigi. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Campurkan bubuk kunyit dan setetes ekstrak daun mint pada wadah.
  • Setelah membasahi sikat gigi, celupkan sikat gigi ke wadah yang berisi campuran tersebut.
  • Gosok gigi Anda seperti biasa. Lakukan selama sekitar 5 menit. 
  • Setelahnya, bilas dengan air.
  • Gosok kembali gigi Anda menggunakan pasta gigi biasa.
  • Pastikan untuk melakukan gerakan sikat gigi yang benar.

Artikel Lainnya: Manfaat Kulit Pisang untuk Memutihkan Gigi, Mitos atau Fakta?

2. Buat Pasta Gigi Kunyit

Selain itu, Anda juga bisa membuat langsung pasta gigi kunyit. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 1/8 sendok teh minyak kelapa cair.
  • Letakkan campuran bahan tersebut pada permukaan sikat gigi.
  • Sikatlah gigi Anda menggunakan campuran tersebut seperti menyikat gigi biasa.

3. Pakai Pasta Gigi yang Mengandung Ekstrak Kunyit

Apabila Anda menginginkan yang lebih praktis, gunakan saja pasta gigi yang memiliki kandungan kunyit di dalamnya.

Cara ini sangatlah mudah karena Anda tinggal menggunakan pasta gigi seperti halnya menyikat gigi secara umum.

Selain cara-cara di atas, beberapa referensi menyebutkan bahwa menggigit akar dari kunyit juga dapat mendatangkan efek serupa.

Kendati demikian, masih diperlukan penelitian terkait efektivitas kunyit untuk memutihkan gigi sekaligus efek samping yang ditimbulkannya.

Sebelum menggunakan kunyit atau herbal apa pun untuk memutihkan gigi Anda, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi guna menghindari efek yang tidak diinginkan.

Gunakan fitur Live Chat 24 jam dari KlikDokter untuk chat langsung dengan dokter. Gratis!

[WA]

Referensi

Abidia, Randa & El-Hejazi, Ahmed & Azam, Ambreen & Al-Qhatani, Shahad & Al-Mugbel, Khuloud & Alsulami, Maryam. (2019). Efficacy of Tooth Whitening Using Natural Products in Vitro. The Saudi Dental Journal. 31. 10.1016/j.sdentj.2019.01.020.

Anjali, A K & T, Jeyashree. (2021). Effect Of Activated Charcoal In Oral Cavity. International Journal for Pharmaceutical Research Scholars. 312-315. 10.31838/ijpr/2020.SP1.047.

Saito Nogueira, Marcelo & Junior, Aldo & Bagnato, Vanderlei & Panhoca, Vitor. (2021). Evaluation of the Whitening Effectiveness of Violet Illumination Alone or Combined with Hydrogen Peroxide Gel. Photobiomodulation, Photomedicine, and Laser Surgery. 39. 10.1089/photob.2020.4846.

Gigi putihGigiKunyit

Konsultasi Dokter Terkait