Diet dan Nutrisi

Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan

Aditya Prasanda, 11 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat sejumlah manfaat minyak jarak untuk kesehatan. Apa saja khasiat minyak jarak bagi kesehatan tubuh? Simak di sini.

Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan

Castor oil alias minyak jarak diekstraksi dari biji tanaman jarak (Ricinus communis). Minyak ini dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. 

Manfaat minyak jarak disebut-sebut dapat mengatasi sembelit, meredakan radang sendi, merangsang pertumbuhan rambut, dan menjaga kesehatan kulit.

Sederet fungsi minyak jarak tersebut diduga berasal dari kandungan asam risinoleat di dalamnya. Asam risinoleat merupakan asam lemak yang terbukti memiliki sifat anti-peradangan.

Apa saja kegunaan minyak jarak untuk kesehatan? Yuk, telisik lebih jauh fakta medis soal khasiat castor oil di bawah ini:

1. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan berkurangnya frekuensi buang air besar. Kondisi ini mencetuskan sejumlah gejala, seperti sakit perut, kembung, mual, hingga penurunan nafsu makan. 

Disampaikan dr. Atika, minyak jarak diduga dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gejala sembelit. Terdapat studi yang menyebutkan, efek minyak jarak dapat menurunkan konsistensi feses dan mengurangi kebutuhan mengejan. 

“Namun, untuk membuktikannya, masih dibutuhkan penelitian lanjutan dengan lebih banyak responden serta menggunakan metode penelitian yang sahih,” tegasnya.

Artikel Lainnya: Ampuhkah Minyak Jarak untuk Memanjangkan Bulu Mata? 

2. Mendukung Tampilan Rambut

Tidak sedikit orang menggunakan minyak jarak untuk merangsang pertumbuhan rambut. Sayangnya, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah terkait manfaat minyak jarak tersebut.

Akan tetapi, minyak jarak mungkin dapat dimanfaatkan untuk mendukung tampilan rambut. Berdasarkan studi yang dimuat Journal of Cosmetic Science, manfaat minyak jarak dapat meningkatkan kilau rambut. 

Meski begitu, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak jarak untuk rambut. 

Menurut penelitian yang dirilis International Journal of Trichology, minyak jarak bisa menimbulkan efek samping berupa acute hair felting. Kondisi langka ini membuat tekstur rambut menjadi kaku dan keras.

3. Meredakan Radang Sendi

Fungsi minyak jarak berikutnya yaitu mengatasi radang sendi penderita osteoarthritis lutut. Osteoarthritis lutut merupakan radang sendi lutut kronis akibat kerusakan tulang rawan. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi lutut bengkak, nyeri, dan kaku. 

Sebuah riset yang diterbitkan jurnal Phytotherapy Research mengungkapkan, kebiasaan mengonsumsi suplemen minyak jarak dapat membantu menurunkan gejala osteoarthritis lutut secara signifikan. 

Manfaat tersebut bisa diperoleh jika suplemen minyak jarak diminum sebanyak 3 kali sehari selama 4 pekan.

Hasil studi juga menemukan, penggunaan minyak jarak untuk radang sendi lutut tidak menimbulkan efek samping. Meski begitu, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Artikel Lainnya: Ini Cara Mengobati Bisul Secara Alami 

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak jarak umum digunakan untuk melembapkan kulit, mengurangi kerutan, dan menjaga kesehatan kulit. 

Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan khasiat minyak jarak untuk kesehatan kulit. Mengutip Verywell Health, beberapa orang justru mengalami efek samping minyak jarak berupa ruam kulit.

 

Itu dia sederet manfaat minyak jarak untuk kesehatan. Ingatlah untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak jarak maupun produk herba lainnya. 

Gunakan Live Chat untuk konsultasi kepada dokter dengan respons cepat. Dapatkan info kesehatan lainnya lengkap di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Referensi:

Verywell Health. Diakses 2022. What Is Castor Oil?

Phytotherapy Research. Diakses 2022. Comparative clinical trial of castor oil and diclofenac sodium in patients with osteoarthritis.

Journal of Cosmetic Science. Diakses 2022. Optical properties of hair: effect of treatments on luster as quantified by image analysis.

International Journal of Trichology. Diakses 2022. “Castor Oil” – The culprit of acute hair felting.

Ditinjau oleh dr. Atika

herbalMinyak Esensial

Konsultasi Dokter Terkait