Sukses

Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Setelah Melahirkan

Sebagian ibu yang baru melahirkan mengalami wasir atau ambeien. Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasi ambeien setelah melahirkan? Yuk, cari tahu selengkapnya!

Ambeien merupakan kondisi saat terjadi pembengkakan pembuluh darah di area dubur. Saat mengalaminya, Anda akan merasakan adanya massa lunak yang bisa saja menonjol keluar dari anus.

Ukuran wasir bisa sangat beragam, mulai dari sekecil kismis hingga sebesar anggur. Ambeien bisa menimbulkan rasa gatal, sakit, hingga memicu pendarahan dubur terutama saat buang air besar.

Kondisi ini umumnya terjadi saat masa kehamilan dan bisa sembuh dengan sendirinya setelah Anda melahirkan. Namun, tidak sedikit wanita yang masih mungkin mengalami ambeien setelah melahirkan.

Lantas, apa penyebab ambeien setelah melahirkan? Berikut penjelasan dan cara menanganinya.

Artikel Lainnya: Ketahui Penyebab Bokong Sakit, Akibat Penyakit di Anus? 

Penyebab Ambeien Setelah Melahirkan

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan ambeien setelah melahirkan. Salah satunya adalah ukuran rahim yang berkembang saat kehamilan.

Faktanya, rahim yang membesar akan memberikan tekanan pada pembuluh darah di sekitar panggul dan perut. 

Tekanan tersebut akan memperlambat kembalinya darah menuju bagian bawah tubuh. Hal ini akhirnya meningkatkan tekanan pada vena di bawah rahim, sehingga mencetuskan ambeien.

Selain itu, kehamilan juga akan meningkatkan kadar hormon progesteron. Kondisi ini akan membuat dinding pembuluh darah melemas, sehingga lebih mudah bengkak. 

Di sisi lain, ibu hamil juga bisa mengalami peningkatan kadar hormon progesteron. Kondisi ini dapat memperlambat saluran usus, yang pada gilirannya menyebabkan sembelit alias susah buang air besar. 

Saat sembelit, Anda akan cenderung mengejan ketika buang air besar. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko atau memperburuk wasir. 

Mengejan saat melahirkan juga bisa menyebabkan ambeien setelah melahirkan.

Artikel Lainnya: Cara Mengobati Ambeien Berdasarkan Keparahan, Stadium 1 Sampai 4

Cara Mengatasi Ambeien Setelah Melahirkan

Mengatasi rasa sakit karena ambeien dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Kompres Dingin

Melansir dari University of California, San Francisco Medical Center, kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang terjadi saat ambeien.

Untuk merasakan manfaat ini, Anda bisa mengompres dingin atau membungkus es batu dengan kain dan meletakkannya pada ambeien selama beberapa menit. 

  • Bersihkan dengan Lembut dan Menyeluruh

Ambeien bisa menyebabkan rasa sakit. Karenanya, pastikan Anda membersihkan anus dengan lembut. 

Gunakan botol semprot yang telah diisi air hangat untuk menggantikan tisu toilet. Selanjutnya, tepuk-tepuk area tersebut dengan tisu basah.

Selain itu, Anda bisa ‘membungkus’ wasir dengan pembalut yang mengandung witch hazel. Melansir Healthline, witch hazel memiliki sifat antiradang yang bisa mengurangi gatal, nyeri, serta pembengkakan.

  • Lebih Banyak Berbaring

Menurut dr. Devia Irine Putri, berbaring akan membantu mengurangi tekanan pada area anus sehingga rasa sakit dapat berkurang. 

“Penderita ambeien bisa saja jika ingin duduk. Namun, pastikan untuk memberikan bantalan tambahan agar bagian ambeien tidak langsung menyentuh alas yang keras,” saran dr. Devia. 

  • Melakukan Sitz Bath

Melansir jurnal Women and Birth, sitz bath bisa mengobati ambeien pada wanita yang hamil. Sitz bath merupakan terapi menggunakan kit khusus dan air hangat. 

Mengutip Medical News Today, terapi ini akan membuat anus tetap bersih, serta mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan karena wasir.

  • Hindari Produk Kebersihan Mengandung Parfum

Produk kebersihan, seperti tisu, pembalut, dan lainnya yang mengandung parfum harus dihindari. Menurut dr. Devia, produk tersebut bisa meningkatkan rasa tidak nyaman.

“Ambeien bisa menyebabkan rasa nyeri dan gatal. Penggunaan produk kebersihan yang mengandung pewarna atau pewangi bisa meningkatkan risiko iritasi, sehingga kondisi hemoroid (wasir) bisa lebih tidak nyaman,” kata dr. Devia. 

  • Konsultasikan ke Dokter 

Untuk mengatasi ambeien setelah melahirkan, Anda mesti berkonsultasi kepada ke dokter terkait jenis obat atau salep yang aman digunakan. Selain itu, tanyakan pula kepada dokter berapa lama obat tersebut aman digunakan. 

Pastikan Anda hanya menggunakan produk yang diizinkan dokter. Hal ini penting diperhatikan, terlebih jika Anda menjalani pembedahan episiotomi atau mengalami robekan pada area vagina saat melahirkan.

 

Demikian sekilas fakta tentang penyebab dan cara mengatasi ambeien setelah melahirkan. Jika setelah beberapa minggu keluhan tidak kunjung reda meskipun telah diobati, segera periksakan lebih lanjut ke dokter.

Anda pun bisa berkonsultasi kepada dokter secara daring melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Baby Center. Diakses 2022. Postpartum hemorrhoids

Verywell Family. Diakses 2022. Hemorrhoids After Giving Birth

Women and Birth. Diakses 2022. Hemorrhoids during pregnancy: Sitz bath vs. ano-rectal cream: A comparative prospective study of two conservative treatment protocols

Healthline. Diaskes 2022. Hemorrhoids Home Remedies and OTC Treatment

University of California, San Francisco Medical Center. Diakses 2022. Patient Edication Herrhoids

Medical News Today. Diakses 2022. What are the benefits of a sitz bath?

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

0 Komentar

Belum ada komentar