THT

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menguap

Zahra Aminati, 29 Mar 2022

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Tenggorokan sakit saat menguap dapat menjadi tanda dari beberapa penyakit. Apa saja penyebab tenggorokan sakit saat menguap?

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menguap

Menguap adalah refleks tubuh yang ditandai dengan membuka rahang lebar-lebar, menarik napas dalam-dalam, kemudian mengembuskan napas dengan cepat. 

Menguap dapat terjadi ketika tubuh terasa lelah dan erat dihubungkan dengan tanda mengantuk. Namun terkadang, menguap dapat menyebabkan tenggorokan sakit. Kenapa tenggorokan sakit saat menguap? Cari tahu faktor penyebabnya di sini. 

1. Tenggorokan Kering

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini sakit tenggorokan saat menguap dapat disebabkan oleh area tenggorokan yang kering. Tenggorokan kering dapat menyebabkan iritasi dan terasa gatal, terutama saat menelan, berbicara, atau menguap. 

Kondisi ini dapat terjadi ketika selaput di area organ tersebut Anda tidak menghasilkan cukup lendir untuk menjaga kerongkongan tetap lembap 

Artikel Lainnya: Kiat Mudah Atasi Tenggorokan Gatal  

2. Infeksi 

Dokter Dyah mengatakan, “Sakit tenggorokan saat menguap juga dapat terjadi karena ada penyakit yang mendasari, seperti paparan infeksi bakteri, virus flu atau virus corona, dan adanya luka di area tenggorokan.” 

Perlu diketahui, virus dapat masuk ke jaringan di tenggorokan dan menyebabkan peradangan.

Saat menguap, udara, partikel makanan, dan air liur dapat menyentuh area yang mengalami peradangan dan dan merangsang reseptor rasa sakit. Sekitar 50-80 persen sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus. Radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh faringitis.  

3. Radang Tenggorokan 

Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes. Infeksi bakteri ini biasanya menyebabkan sakit tenggorokan, terutama saat menelan.

4. Cedera Tenggorokan

Menelan makanan yang teksturnya tajam, seperti keripik atau kerupuk, dapat menyebabkan goresan pada jaringan bagian belakang tenggorokan. 

Goresan tersebut dapat menyebabkan tenggorokan terluka dan mungkin terasa sakit saat menguap atau menelan. Rasa sakit juga dapat muncul saat partikel makanan dan air liur mengiritasi area tenggorokan yang tergores. 

Artikel Lainnya: Efektifkah Teh Peppermint untuk Atasi Radang Tenggorokan? 

5. Tonsilitis

Amandel merupakan dua kelenjar getah bening yang terletak di belakang tenggorokan. Tonsilitis merupakan infeksi kelenjar getah bening yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan dan mungkin saat menguap. 

Tonsilitis dapat disebabkan oleh virus dan bakteri, termasuk bakteri Streptococcus pyogenes yang menyebabkan radang tenggorokan. Radang tenggorokan biasanya menyebabkan faringitis, tetapi juga dapat menyebabkan radang amandel karena tenggorokan dan jaringan amandel saling terhubung.

 

6. Kandidiasis Oral

Kondisi ini dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur berlebih di kerongkongan. Kandidiasis oral biasanya menyebabkan bercak putih atau kuning di bagian dalam mulut. Gejala kondisi ini dapat menyebabkan sensasi kebas di mulut.

Pada beberapa kasus, kandidiasis oral dapat muncul di lapisan kerongkongan dan menyebabkan rasa sakit saat menelan dan menguap. 

Orang dengan human immunodeficiency virus (HIV) yang memiliki gangguan kekebalan tubuh berisiko mengalami kandidiasis oral. Rutin mengonsumsi obat antibiotik juga dapat meningkatkan risiko terkena kandidiasis oral.

Artikel Lainnya: Jenis Obat Sakit Tenggorokan yang Bisa Dibeli di Apotek

7. Esofagitis

Esofagitis merupakan peradangan yang terjadi di kerongkongan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh refluks asam, tetapi juga dapat dipicu oleh infeksi atau sebagai efek samping konsumsi obat tertentu.

Gejala esofagitis umumnya ditandai seperti kesulitan menelan dan sakit tenggorokan. Esofagitis juga dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit saat menguap. 

8. Epiglotitis

Epiglotitis adalah infeksi di bagian epiglotis. Epiglotis adalah jaringan yang menutupi saluran udara saat menelan. Kondisi epiglotis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan berisiko mengancam jiwa apabila saluran udara tersumbat total

Gejala epiglotis ditandai dengan sakit tenggorokan, demam, dan nyeri saat menelan. Anda juga dapat merasakan rasa sakit saat menguap karena epiglotis bergeser saat bernapas dan menguap. 

Artikel Lainnya: Sering Radang Tenggorokan, Haruskah Khawatir? 

 

9. Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan dapat menyebabkan berbagai gejala, tergantung dari letak tumor atau kanker. 

Sakit tenggorokan dapat menjadi gejala kanker tenggorokan yang paling umum. Tidak dimungkiri, tumor di tenggorokan juga dapat menyebabkan rasa sakit saat menguap, terutama jika itu terjadi di dekat bagian epiglotis. 

Itu dia beberapa penyebab tenggorokan sakit saat menguap. Anda dapat segera berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatan tenggorokan sakit saat menguap dan menelan. 

Konsultasi langsung dengan dokter seputar masalah kesehatan tenggorokan lainnya hanya dengan aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT) 

 

menguapInfeksi JamurSakit Tenggorokan