HomeInfo SehatPernapasanMengenal Jenis Vaksin Flu yang Cocok untuk Lansia
Pernapasan

Mengenal Jenis Vaksin Flu yang Cocok untuk Lansia

Nimas Mita Etika, 18 Feb 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Terdapat beberapa jenis vaksin flu untuk lansia guna menurunkan risiko penularan virus influenza. Simak penjelasan seputar vaksin flu untuk lansia lewat fakta berikut!

Mengenal Jenis Vaksin Flu yang Cocok untuk Lansia

Vaksin flu menjadi perlindungan utama bagi lansia, khususnya mengingat sistem imun kita yang melemah seiring bertambahnya usia.

Dalam upaya memberikan pemahaman yang lebih komprehensif, mari kita bahas lebih detail jenis-jenis vaksin flu yang sesuai untuk lansia, manfaatnya, syarat pemberiannya, dan alasan mendalam mengapa vaksin ini begitu penting.

Pentingnya Vaksin Influenza untuk Lansia

Keberadaan vaksin influenza menjadi kunci dalam menurunkan risiko penyebaran virus influenza pada lansia.

Studi yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine menegaskan bahwa vaksin dosis tinggi memiliki efektivitas lebih baik dalam mencegah flu pada lansia, dan risiko masuk rumah sakit juga lebih rendah.

Vaksin influenza sangat disarankan bagi lansia, karena memiliki beberapa manfaat seperti:

1. Perlindungan terhadap infeksi yang berat

Lansia memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius akibat infeksi influenza. Vaksin influenza dapat memberikan perlindungan yang signifikan, mencegah perkembangan penyakit menjadi bentuk yang lebih berat, dan mengurangi risiko masuk rumah sakit.

2. Mengurangi risiko komplikasi jangka panjang

Lansia yang terinfeksi influenza berisiko mengalami komplikasi jangka panjang seperti pneumonia. Vaksinasi membantu mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi serius dan mendukung kesehatan umum lansia.

3. Mengurangi risiko penularan ke orang lain

Lansia sering berinteraksi dengan kelompok orang yang rentan, seperti cucu-cucu atau anggota keluarga yang mungkin memiliki sistem imun yang lemah.

Vaksinasi membantu melindungi lansia dan mencegah mereka menjadi sumber penularan virus influenza kepada orang di sekitarnya.

4. Memperbaiki kualitas hidup

Dengan mengurangi risiko infeksi influenza, vaksinasi berpotensi meningkatkan kualitas hidup lansia. Mereka dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih nyaman dan tanpa kekhawatiran akan potensi komplikasi kesehatan yang serius.

Jenis Vaksin Flu untuk Lansia

Vaksin Quadrivalent dirancang khusus untuk melindungi tubuh dari empat jenis virus influenza yang berbeda, termasuk dua jenis influenza tipe A dan dua jenis influenza tipe B.

Vaksin ini bisa diberikan kepada anak-anak usia 6 bulan hingga dewasa melalui suntikan pada otot lengan atas pada anak dan dewasa.Vaksin Influenza diulang satu kali setiap tahunnya.

Artikel lainnya: Saat Flu, Hindari 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Syarat Pemberian Vaksin Influenza untuk Lansia

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari vaksin influenza, penting untuk memperhatikan syarat pemberiannya.

Semua varian vaksin aman, CDC merekomendasikan Fluzone High-Dose Quadrivalent dan vaksin flu adjuvant khusus untuk lansia.

Namun apabila vaksin influenza dosis tinggi tidak tersedia, makan bisa diberikan vaksinasi influenza quadrivalent dengan dosis biasa.

Artikel lainnya: Mengenal Manfaat dan Efek Samping dari Vaksin Flu

Penting untuk diingat bahwa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang waktu dan jenis vaksin yang paling sesuai, konsultasikan dengan dokter.

Dalam era digital saat ini, Kamu juga dapat memanfaatkan layanan tanya dokter 24 jam atau aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi secara daring. Kamu juga bisa buat janji dengan dokter dengan layanan temu dokter.

Dengan memahami jenis vaksin, manfaatnya, syarat pemberiannya, dan alasan lansia harus mendapatkan vaksin flu, kita dapat bersama-sama menjaga kesehatan lansia dan mencegah penularan virus influenza yang dapat berdampak serius pada kesehatan mereka.

Kamu bisa manfaatkan fitur layanan medis & lab untuk vaksin influenza dan membeli suplemen dan vitamin di KALStore kapan pun dan di mana pun. Yuk #JagaSehatmu selalu.

vaksinInfluenza

Konsultasi Dokter Terkait