Jantung

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Jantung

Aditya Prasanda, 20 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mengurangi risiko penyakit jantung hingga menurunkan kolesterol, berikut 6 manfaat labu kuning untuk jantung yang perlu Anda tahu.

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Jantung

Labu kuning merupakan buah yang dapat diolah menjadi beraneka makanan lezat. Buah ini bisa dimanfaatkan untuk membuat sup maupun jajanan seperti bolu dan sumping waluh.

Tidak hanya memiliki cita rasa lezat, labu kuning pada dasarnya punya segudang khasiat salah satunya untuk mendukung kesehatan jantung.

Terdapat beberapa manfaat labu kuning untuk jantung, antara lain:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Disampaikan dr. Julia Zumpano, ahli diet dari Cleveland Clinic, AS, labu kuning mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Antioksidan berperan melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif, yaitu kondisi ketidakseimbangan kadar antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh.

Stres oksidatif berbahaya, karena dapat merusak sel-sel sehat dan menyebabkan peradangan kronis yang memicu kerusakan jaringan, termasuk pada jantung.

2. Melancarkan Aliran Darah

Labu kuning mengandung mineral penting yang diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung, yaitu kalium alias potassium.

Kalium bermanfaat mendukung fungsi jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini membantu jantung berdetak normal, sehingga mengurangi risiko aritmia atau gangguan irama jantung.

 

 

3. Mencegah Infeksi pada Jantung

Berdasarkan studi epidemiologis yang dihimpun Harvard T.H Chan School of Public Health, kondisi kekurangan nutrisi dapat melemahkan sistem kekebalan (imun) dan meningkatkan risiko infeksi patogen seperti virus, bakteri, dan jamur.

Infeksi patogen berbahaya, karena bisa mencetuskan gangguan jantung seperti miokarditis (peradangan otot jantung).

Labu kuning bisa menjadi salah satu sumber vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, labu kuning mengandung vitamin C sebanyak 2 miligram per 100 gram.

Dengan kandungan vitamin C di dalam labu tersebut, dapat memperkuat sistem imun dan menurunkan risiko gangguan jantung. 

4. Mengurangi Risiko Hipertensi

Labu kuning kaya akan vitamin A. Buah ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian sebanyak 209 persen, menilik data Healthline.

Berdasarkan jurnal Hypertension, vitamin A bermanfaat mengurangi tekanan darah, sehingga mencegah hipertensi alias tekanan darah melebihi ambang batas normal.

Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko gangguan jantung. Pasalnya, tekanan darah berlebih menyebabkan jantung bekerja ekstra keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Kondisi ini menyebabkan ventrikel kiri jantung menebal dan kaku, sehingga mencetuskan kondisi hipertrofi ventrikel kiri. Gangguan jantung ini menyebabkan distribusi darah ke seluruh tubuh semakin terbatas.

Dengan mengonsumsi labu kuning, risiko hipertensi dapat dikurangi sehingga menurunkan risiko hipertrofi ventrikel kiri. 

Pada gilirannya, khasiat labu kuning juga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini penting untuk mendukung fungsi organ tubuh secara menyeluruh.

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Jantung

 

5. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol jahat tinggi di dalam darah dapat menyebabkan plak pada dinding pembuluh darah menumpuk. 

Penumpukan plak juga bisa terjadi di pembuluh darah koroner alias pembuluh darah di jantung. Kondisi ini menghambat aliran darah ke jantung, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Dokter Dyah Novita Anggraini mengatakan manfaat labu kuning untuk jantung dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. 

“Hal ini karena labu kuning memiliki kandungan plant sterol yang membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) di dalam darah,” paparnya. Mengutip Cleveland Clinic, sterol tanaman tersebut ditemukan di dalam biji labu kuning. 

Labu kuning juga mengandung asam lemak omega-3 yang berperan membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung lainnya, yaitu trigliserida (lemak darah) dan tekanan darah.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, labu kuning mengandung 51 kalori per 100 gram. Buah ini juga memiliki 2,7 gram serat yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang bertahan lebih lama.

Karena itu, labu kuning cocok untuk membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, utamanya bagi orang dengan obesitas.

Pasalnya, kondisi berat badan berlebih tersebut dapat memicu faktor risiko gangguan jantung, seperti lonjakan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.

Itu dia sederet manfaat labu kuning untuk jantung. Guna menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh, imbangi konsumsi labu kuning dengan gaya hidup dan pola makan sehat.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar kesehatan jantung, konsultasi kepada dokter via Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/NM)

Penyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait