HomeInfo SehatDiabetesManfaat Gurmar untuk Penderita Diabetes
Diabetes

Manfaat Gurmar untuk Penderita Diabetes

Aditya Prasanda, 18 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Manfaat gurmar untuk pengidap diabetes dapat membantu menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan berat badan. Berikut penjelasannya menurut medis.

Manfaat Gurmar untuk Penderita Diabetes

Gymnema sylvestre alias gurmar merupakan tanaman herbal yang banyak tumbuh di kawasan India, Sri Lanka, Afrika, dan Australia.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat tanaman gurmar dapat mendukung pengobatan diabetes. 

Pasalnya, herba ini dinilai mampu membantu menurunkan kadar gula darah, mengurangi keinginan mengonsumsi makanan manis, hingga mendukung proses penurunan berat badan.

Berikut penjelasan soal khasiat gurmar untuk diabetes yang perlu Anda tahu.

1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi ataupun merespons insulin. Hormon insulin sendiri berperan membantu sel tubuh menyerap dan mengubah gula darah (glukosa) menjadi energi.

Kondisi ini mencetuskan gejala khas diabetes berupa lonjakan kadar glukosa. Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, Gymnema sylvestre memiliki sifat antidiabetes dan dapat menurunkan kadar gula darah.

“Hal ini karena gurmar dapat memblokir reseptor di pencernaan, sehingga sanggup menyerap glukosa dan membuat kadar gula darah setelah makan tidak tinggi,” katanya.

Sebuah riset yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information mengungkapkan bahwa herba gurmar dapat meningkatkan kontrol gula darah pengidap diabetes tipe 2.

Kendati demikian, herba ini belum bisa direkomendasikan sebagai terapi pengobatan tunggal untuk gangguan metabolik tersebut.

2. Menghambat Hasrat Mengonsumsi Makanan Manis

Sebuah penelitian lainnya yang dimuat National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa gurmar dapat mengurangi hasrat mengonsumsi makanan manis.  

Khasiat ini berasal dari komponen aktif gurmar bernama asam gymnemic. Zat ini dapat memblokir reseptor gula pada indra perasa. Karenanya, rasa manis pada makanan jadi berkurang. 

Hal ini bermanfaat mengurangi nafsu makan pengidap diabetes terhadap makanan manis. Dengan begitu, risiko kenaikan gula darah akibat konsumsi makanan manis pun akan berkurang.

Artikel Lainnya: Manfaat Neem untuk Penderita Diabetes

3. Merangsang Produksi Insulin

Manfaat Gymnema sylvestre untuk pengidap diabetes berikutnya yaitu merangsang produksi insulin.

Masih mengutip National Center for Biotechnology Information, sebuah riset mengatakan bahwa gurmar dapat merangsang sel-sel pankreas memproduksi insulin. Herba ini juga mendorong regenerasi sel-sel pankreas.

Khasiat tersebut utamanya diperlukan penderita diabetes tipe 1 yang sel pankreasnya mengalami kerusakan akibat autoimun. Ini merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat.

Dengan merangsang produksi insulin, potensi penurunan kadar gula darah diabetesi (pengidap diabetes) semakin besar. Risiko komplikasi diabetes pun berkurang.

Artikel Lainnya: Menelusuri Potensi Manfaat Sambiloto untuk Mengobati Diabetes

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ekstrak tanaman gurmar terbukti membantu menurunkan berat badan manusia. Hal ini penting, karena berat badan berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. 

Berdasarkan Diabetes UK, sekitar 80-85 persen pengidap obesitas alias berat badan berlebih berisiko mengembangkan penyakit metabolik tersebut.

Riset yang dirilis National Center for Biotechnology Information pun menunjukkan bahwa ekstrak gurmar dapat membantu menurunkan sekitar 5-6 persen berat badan. Pasalnya, herba ini mampu memblokir rasa manis dan mengurangi nafsu makan.

Manfaat ini secara otomatis membantu orang obesitas menurunkan asupan kalori mereka, sehingga mencegah risiko diabetes tipe 2. 

Pada saat bersamaan, tanaman ini juga membantu mencegah perburukan penyakit metabolik pada pengidap diabetes dengan berat badan berlebih.

Itu dia sederet manfaat tanaman gurmar untuk pengidap diabetes. Jika ingin tanya lebih lanjut seputar gangguan metabolik, konsultasi ke dokter via LiveChat.

(PUT/AYU)

 

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. 6 Impressive Health Benefits of Gymnema Sylvestre.
  • National Center for Biotechnology Information. Diakses 2022. Gymnema sylvestre: A Memoir.
  • National Center for Biotechnology Information. Diakses 2022. Gymnema sylvestre for Diabetes: From Traditional Herb to Future's Therapeutic.
  • Wawancara dr. Dyah Novita Anggra

 

NutrisiherbalDiabetesgurmarHari Diabetes Nasional

Konsultasi Dokter Terkait