Kulit

Tips Menggunakan Pore Pack untuk Angkat Komedo

Zahra Aminati, 17 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pore pack merupakan plester yang biasa digunakan untuk mengangkat komedo di sekitar hidung. Bagaimanakah cara pakai yang baik untuk angkat komedo? Simak di sini.

Tips Menggunakan Pore Pack untuk Angkat Komedo

Sering kali kita melihat strip hidung yang digunakan para wanita sebelum ber-makeup. Strip hidung yang digunakan tersebut adalah pore pack yang berguna untuk mengangkat komedo di sekitar hidung. 

 

Namun, pemakaian yang salah menyebabkan plester komedo ini tidak efektif untuk mengangkat komedo di sekitar hidung. Lalu, bagaimana cara menggunakan pore pack yang baik dan benar? Cari tahu di sini.

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Bersihkan Wajah dengan Baik dan Benar

Pori-pori wajah Anda dapat tertutup dengan komedo karena banyaknya produksi minyak di sekitar permukaan hidung Anda. Hal terpenting yang perlu dilakukan sebelum menggunakannya adalah membersihkan kulit wajah secara keseluruhan. 

 

Setelah menggunakan sabun cuci muka hingga bersih, penting untuk mengoleskan toner penyeimbang di hidung atau di area lain sebelum menempelkannya. 

 

Hal ini penting, karena dengan wajah yang lebih bersih, komedo yang terangkat pun menjadi lebih maksimal. 

 

Artikel Lainnya: Efektifkah Menggunakan Pore Pack untuk Usir Komedo?

 

2. Gunakan Uap

Pori-pori yang dipenuhi dengan komedo dan minyak membuatnya tersumbat sehingga dapat menyebabkan jerawat

 

Untuk membantu membuka pori-pori ini, seorang marketing manager MISSHA, Jessica Jeong, merekomendasikan untuk menggunakan uap di wajah Anda sebelum menggunakan pore pack

 

Menguapkan wajah Anda akan membantu pori-pori mengendurkan cengkramannya pada kotoran yang tersumbat. Hal ini dapat membuat kotoran yang tersangkut di pori-pori lebih mudah untuk diekstraksi. 

 

3. Menggunakan Masker Tanah Liat

Cara lain untuk mempersiapkan hidung sebelum menggunakan plester komedo adalah dengan menggunakan masker tanah liat. 

 

Tanah liat dapat menyerap sisa minyak dari pori-pori Anda dan mengeluarkan kotoran yang menyumbatnya. Dengan begitu, perekat akan benar-benar menempel pada komedo dan dapat menariknya keluar. 

 

Jika tidak yakin dengan metode ini, pastikan untuk konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. 

 

4. Tekan dari Kedua Sisi

Cara pakai pore pack yang sangat sederhana namun sangat efektif adalah dengan menekannya dari kedua sisi, yaitu sisi luar dan dalam hidung, sebelum menempelkan produk.

 

Selain menekan dari sisi luar dengan jari, letakkan ibu jari Anda di lubang hidung dan tekan hidung pada saat yang bersamaan. 

 

Cara tersebut dapat membantu membuat komedo menonjol dari pori-pori Anda sedikit lebih banyak, sehingga akan menempel lebih baik pada pore pack

 

Artikel Lainnya: Penggunaan Kertas Minyak untuk Wajah Picu Komedo, Benarkah?

5. Tarik Pore Pack dari Bawah ke Atas

Saat pore pack telah dipasangkan ke hidung, pastikan untuk tidak membiarkannya lebih lama dari 20 menit karena dapat melukai kulit. Saat hendak melepasnya, pastikan Anda menarik dengan tepat. 

 

Alih-alih menarik dari kiri ke kanan atau sebaliknya, yang paling tepat adalah menariknya dari bawah ke atas. Cara ini akan membantu mengangkat lebih banyak komedo. 

 

6. Jangan Gunakan Terlalu Sering

Menurut dr. M. Iqbal Ramadhan, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan pore pack, karena berpotensi sebabkan iritasi. 

 

“Dapat menjadikan kulit lebih sensitif, seperti kemerahan ataupun perih. Ini karena tidak hanya komedo teratas saja yang terangkat, tetapi juga sel kulit teratas,” jelas dr. Iqbal. 

 

Ia juga menyarankan untuk membersihkan kembali area hidung setelah mencabut pore pack, karena adanya sisa-sisa perekat. Selain itu, jangan lupa pula menggunakan pelembap yang bersifat menenangkan kulit. 

 

Itulah beberapa cara menggunakan pore pack agar lebih efektif mengangkat komedo. Namun, sebaiknya jangan bergantung dengan produk ini saja untuk mengangkat semua komedo di hidung. 

 

Seperti yang diungkapkan dr. Iqbal, “Pore pack memang dapat mengangkat komedo, tetapi hanya bagian permukaannya saja, tidak sampai ke akar.”

 

  

Oleh sebab itu, sebaiknya barengi penggunaannya dengan perawatan lain. Menjaga kebersihan wajah pun bisa mencegah muncul atau semakin banyaknya komedo di hidung. 

 

Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

 

(PUT/AYU)

 

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. Nose Strips for Blackheads and Pores: Good or Bad?
  • Allure. Diakses 2022. Do Pore Strips Really Work? Here's What Dermatologists Say.
  • Bustle. Diakses 2022. Here's How To Make Pore Strips Even More Effective
  • Wawancara dr. M. Iqbal Ramadhan.

 

kulitKecantikanpore packKomedo

Konsultasi Dokter Terkait