Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSeksMasturbasi Sebelum Bercinta, Benarkah Bikin Cepat Klimaks?
Seks

Masturbasi Sebelum Bercinta, Benarkah Bikin Cepat Klimaks?

Zahra Aminati, 10 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Melakukan masturbasi sebelum berhubungan seks diyakini bisa bikin cepat klimaks. Benarkah demikian? Cari tahu efeknya lewat fakta medis berikut ini!

Masturbasi Sebelum Bercinta, Benarkah Bikin Cepat Klimaks?

Masturbasi merupakan aktivitas untuk merangsang alat kelamin secara sendiri. Kegiatan ini bisa menjadi cara untuk mengeksplorasi tubuh, yang mungkin memberikan kesenangan. 

Tak berhenti di situ, ada juga keyakinan yang menyebut bahwa masturbasi sebelum seks dapat meningkatkan peluang untuk klimaks.

Apakah medis setuju dengan hal tersebut? Benarkah efek masturbasi sebelum seks bisa bikin cepat orgasme? Yuk, cari tahu!

Masturbasi Sebelum Bercinta Bikin Cepat Klimaks?

Testosteron merupakan hormon yang identik dengan gairah seksual atau libido pria. Kadar hormon tersebut dapat meningkat selama masturbasi dan berhubungan seks. Setelahnya, testosteron akan turun kembali ke kadar semula.

Oleh karena itu, beberapa orang percaya bahwa masturbasi sebelum berhubungan seks dapat melepaskan ketegangan seksual yang pada akhirnya bisa membuat klimaks lebih cepat.

Sayangnya, hal tersebut hanya dugaan semata alias belum terbukti secara medis. Melansir Healthline, tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa masturbasi sebelum berhubungan intim berpengaruh pada kecepatan untuk mencapai klimaks. 

Artikel Lainnya: Benarkah Manfaat Masturbasi Berbeda-Beda Tergantung Waktunya?

Senada dengan itu, dr. Dyah Novita Anggraini pun mengatakan bahwa masturbasi atau onani sebelum seks belum terbukti dapat mempercepat orgasme.

Terlebih, setelah orgasme, ada fase pemulihan (fase refractory), yaitu ketika tubuh sudah dalam tahap maksimal untuk menerima rangsangan.

Mengenal Fase Pemulihan Setelah Klimaks

Seperti yang disampaikan sebelumnya, tubuh manusia memiliki periode refraktori (fase pemulihan) setelah klimaks. 

Dalam fase tersebut, tubuh akan berhenti merespons rangsangan untuk mencegah ketidaknyamanan. Selain itu, fase refraktori ini juga memberikan waktu bagi tubuh untuk kembali ke keadaan alaminya. 

Artikel Lainnya: Penyebab Rasa Sakit Ketika Masturbasi pada Wanita

Berapa lama periode refraktori seseorang tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kepekaan. 

Contoh, pria yang lebih muda mungkin hanya membutuhkan beberapa menit untuk pulih. Sementara itu, pria yang lebih tua mungkin membutuhkan 12–24 jam untuk pulih. 

Wanita biasanya memiliki periode pemulihan yang lebih pendek. Hal ini memungkinkannya untuk mengalami beberapa kali orgasme dalam satu sesi. 

Meski belum ada bukti ilmiah yang mendukung, tak ada salahnya jika Anda dan pasangan ingin mencoba melakukan masturbasi sebelum berhubungan seks. 

Hal yang penting, Anda mesti mendiskusikannya dengan pasangan agar keduanya bisa terpuaskan.

Memiliki pertanyaan atau ingin tahu tips lain mengenai hubungan seksual bagi pasangan suami istri? 

Anda bisa berkonsultasi secara daring kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. Masturbation Effects on Your Health: Side Effects and Benefits.
  • Healthline. Diakses 2022. Does Masturbating Before Sex Affect Your Performance?
  • Healthline. Diakses 2022. What’s the Connection Between Masturbation and Testosterone?
  • Wawancara dr. Dyah Novita Anggraini.

 

OrgasmeMasturbasiSeks

Konsultasi Dokter Terkait