HomeInfo SehatKankerWaspada, Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Anus!
Kanker

Waspada, Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Anus!

Endah Murniaseh, 24 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya membahayakan paru, kebiasaan merokok ternyata juga bisa meningkatkan risiko kanker anus. Ingin tahu alasannya? Cek fakta selengkapnya berikut ini!

Waspada, Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Anus!

Rokok diketahui mengandung ribuan zat, yang sebagian besarnya bisa menyebabkan kerusakan tubuh secara menyeluruh.

Banyak temuan yang telah menyebutkan bahwa merokok bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), bronkitis, hingga kanker paru.

Belakangan, kebiasaan merokok juga dihubungkan dengan tingginya faktor risiko kanker anus.

Bagaimana mungkin kebiasaan mengisap produk tembakau tersebut bisa meningkatkan risiko keganasan di dubur? Yuk, cari tahu!

Alasan Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Anus

Melansir Center for Disease Control and Prevention (CDC), rokok bisa melemahkan sistem imunitas tubuh. Kondisi ini membuat tubuh rentan mengalami peradangan akibat paparan dari luar.

Selain itu, bahaya rokok (asapnya) juga mampu merusak atau mengubah struktur DNA. Padahal, DNA berfungsi memberikan instruksi agar sel bisa tumbuh dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Apabila DNA telanjur rusak akibat paparan asap rokok berulang, maka sel bisa tumbuh di luar kendali. Kondisi ini adalah cikal-bakal terbentuknya tumor ganas, yang bisa berujung pada kanker.

Artikel Lainnya: Waspada Kanker Paru, Perlukah Perokok Pasif Rutin Cek Kesehatan Paru?

“Zat-zat karsinogenik yang ada di dalam rokok dapat merusak DNA, sehingga memicu mutasi sel yang berujung pada terbentuknya sel kanker,” ucap dr. Devia Irine Putri.

American Society of Clinical Oncology menyatakan, perokok berpotensi mengalami kanker anus 8 kali lebih tinggi dibanding nonperokok.

Hal serupa juga diungkapkan oleh studi yang dipublikasikan di BMC Cancer. Studi selama 14 tahun ini melibatkan 1.336 pria dan 840 wanita dengan kanker anus invasif yang pernah memiliki kebiasaan merokok.

Ditemukan bahwa perokok pria yang mengisap produk tembakau sebanyak 20 pak per tahun memiliki peningkatan risiko kanker anus sebesar 35%. Sementara itu, pada wanita, rokok dapat meningkatkan risiko kanker anus hingga 47%.

Kanker anus itu sendiri diduga berkaitan erat dengan infeksi virus human papillomavirus (HPV). Jenis virus ini pun digadang-gadang lebih sering menyerang perokok dibandingkan orang yang tidak mengisap produk tembakau tersebut.

Pada studi yang dimuat dalam jurnal Plos Computational Biology, dikatakan bahwa wanita berusia 18–26 tahun yang menjadi perokok pasif dan aktif memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi HPV.

Artikel Lainnya: Penyakit Mematikan yang Dipicu oleh Rokok

Apa yang Harus Dilakukan?

Merokok merupakan kebiasaan yang tidak sehat. Dengan mengisap 1–10 batang rokok per hari, risiko kanker dan penyakit berbahaya lainnya bisa meningkat berkali-kali lipat. Risiko tersebut juga bisa menghampiri apabila Anda menjadi seorang perokok pasif.

Atas dasar itu, akan lebih baik jika Anda menghentikan kebiasaan merokok sejak saat ini. Upayakan pula untuk tidak berada di tengah lingkungan yang penuh asap rokok.

Tak cukup hanya dengan itu, Anda pun perlu menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Perhatikan juga kebersihan diri dengan saksama, dan hindari melakukan hubungan seks berisiko.

Apabila terdapat riwayat kanker anus atau jenis keganasan lain dalam keluarga, ada baiknya Anda juga melakukan skrining kesehatan secara berkala. Dengan demikian, potensi keganasan yang mungkin terjadi bisa dideteksi sedini mungkin.

Memiliki pertanyaan seputar penyakit kanker anus? Butuh tips dan saran dari dokter terkait cara berhenti merokok? Jangan sungkan untuk chatting langsung dengan tenaga kesehatan terpercaya melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

American Cancer Society. Diakses 2022. Key Statistic for Anal Cancer

Center for Disease Control and Prevention. Diakses 2022. What Is Cancer?

Cancer Research UK. Diakses 2022. How Does Smoking Cause Cancer?

American Society of Clinical Oncology. Diakses 2022. Anal Cancer: Risk Factors and Prevention

BMC Cancer. Diakses 2022. Smoking increases rectal cancer risk to the same extent in women as in men: results from a Norwegian cohort study

Plos Computational Biology. Diakses 2022. Tobacco smoke exposure as a risk factor for human papillomavirus infections in women 18-26 years old in the United States

American Cancer Society. Diakses 2022. What Causes Anal Cancer

 

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

merokokkanker anus

Konsultasi Dokter Terkait