HomeInfo SehatPencernaanBenarkah Kayu Manis Sebabkan Asam Lambung?
Pencernaan

Benarkah Kayu Manis Sebabkan Asam Lambung?

Aditya Prasanda, 19 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Terdapat mitos yang menyebut bahwa kayu manis dapat memicu naiknya asam lambung. Apakah medis sepakat dengan hal tersebut? Ketahui jawabannya di sini.

Benarkah Kayu Manis Sebabkan Asam Lambung?

Kayu manis alias Cinnamomum merupakan rempah dengan aroma khas yang populer digunakan sebagai bahan campuran makanan maupun minuman.

Jenis rempah tersebut dikenal memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, salah satunya mendukung fungsi saluran pencernaan.

Meski begitu, ada pula anggapan yang menyebut bahwa kayu manis tidak boleh dikonsumsi penderita GERD (gastroesophageal reflux disease).

Pasalnya, jenis rempah ini disebut bisa menyebabkan lonjakan asam lambung sehingga memperburuk gejala yang dirasakan penderita.

Menyingkap Rumor Kayu Manis Tingkatkan Asam Lambung

Asam lambung merupakan cairan yang dapat naik (refluks) ke arah kerongkongan ketika seseorang mengalami GERD.

Penyebab naiknya asam lambung pada penderita penyakit tersebut adalah karena kerusakan pada sfingter, yaitu otot berbentuk cincin yang dapat membuka dan menutup.

Otot yang terletak di bawah kerongkongan itu bertugas layaknya pintu satu arah.  Sfingter memungkinkan makanan dan minuman masuk menuju lambung untuk dicerna.

Sfingter juga mencegah isi lambung berupa makanan, minuman, maupun asam lambung untuk naik kembali ke arah kerongkongan.

Artikel Lainnya: Bisakah Jahe Mengatasi Asam Lambung?

Dalam keadaan normal, katup sfingter akan tertutup rapat. Namun, ketika seseorang mengalami penyakit GERD, katup ini melemah sehingga tidak dapat menutup dengan optimal.

Kerusakan sfingter lantas menyebabkan isi lambung mudah naik ke kerongkongan dan mencetuskan gejala, seperti sensasi rasa terbakar di dada (heartburn), mulut asam, nyeri ulu hati dan sesak napas, sakit tenggorokan, serta kesulitan menelan.

Lalu, bagaimana dengan kabar yang menyebut bahwa kayu manis bisa meningkatkan asam lambung?

Faktanya, terdapat beberapa studi yang bilang bahwa kayu manis bisa mencetuskan gejala mag pada orang-orang tertentu.

Hingga saat ini belum ada studi ilmiah yang menemukan dampak kayu manis dalam menyebabkan kondisi asam lambung.

Artikel Lainnya: Benarkah Hobi Makan Rujak Bisa Jadi Pemicu GERD?

Kendati demikian, dr. Atika mengatakan bahwa hipotesis soal kayu manis dapat memicu mag lebih dikaitkan dengan makanan utamanya.

“Sebab, kayu manis itu sendiri umumnya hanya digunakan sebagai pelengkap sajian,” jelas dr. Atika.

“Dalam beberapa kasus, kayu manis bahkan ditemukan berpotensi sebagai obat alami untuk gejala asam lambung berlebih,” kata dr. Atika.

Dengan demikian, dr. Atika menegaskan bahwa hingga saat ini belum bisa dipastikan apakah kayu manis berpengaruh terhadap kadar asam lambung atau tidak.

Walau begitu, penderita GERD diminta untuk tetap waspada dan menakar kemampuan tubuh terhadap asupan yang dikonsumsi.

Apabila Anda yakin bahwa kayu manis dapat menyebabkan perburukan kondisi asam lambung, cobalah untuk menghindari konsumsi rempah tersebut

Jika Anda masih ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Hal ini agar dokter dapat mengidentifikasi masalah dan menentukan perawatan yang paling tepat.

Ragu dengan informasi kesehatan yang Anda temukan di lingkungan sekitar? Agar tak terjebak mitos menyesatkan, lebih baik konsultasikan lebih lanjut kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Atika.
  • Healthline. Diakses 2022. Does Cinnamon Trigger Acid Reflux? All You Need to Know.
  • BBC Good Food. Diakses 2022. Top 5 health benefits of cinnamon.
pencernaanAsam LambungGERD

Konsultasi Dokter Terkait