HomeInfo SehatGigi MulutBeberapa Penyebab Munculnya Rasa Asin di Mulut
Gigi Mulut

Beberapa Penyebab Munculnya Rasa Asin di Mulut

Tri Yuniwati Lestari, 20 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Lidah terasa asin bisa disebabkan oleh masalah pada mulut maupun penyakit tertentu. Ketahui selengkapnya 10 penyebab mulut terasa asin di sini.

Beberapa Penyebab Munculnya Rasa Asin di Mulut

Jika lidah terasa asin setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi garam, itu hal yang wajar. Namun, kalau lidah atau mulut terasa asin dalam waktu lama atau muncul tiba-tiba, maka mungkin ada penyebab yang mendasarinya.

Rasa asin di mulut sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan berlebihan, tetapi memang dapat membuat tidak nyaman bila dibiarkan. Untuk itu, mengetahui penyebab mulut asin adalah langkah tepat untuk mengatasinya.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab munculnya rasa asin di mulut dan cara mengatasinya:

1. Mulut Kering

Mulut kering adalah salah satu penyebab lidah terasa asin yang bertahan lama. Dalam medis, mulut yang kering disebut juga xerostomia. Kondisi ini dapat disebabkan banyak faktor. 

Merokok dan penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut terasa kering. Hidung tersumbat juga dapat memicu mulut kering. Jika hidung tersumbat, penderita cenderung bernapas melalui mulut, bukan hidung.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum dari mulut kering dan asin. Kondisi ini dapat berkembang secara tiba-tiba atau seiring waktu. Beberapa orang mungkin mengalami dehidrasi setelah serangan diare atau muntah. 

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka air liur menjadi kaya akan mineral asin karena ada ketidakseimbangan kadar garam dan air di dalam tubuh.

Selain rasa asin di mulut, gejala dehidrasi yang mungkin juga muncul antara lain:

  • Kelelahan
  • Kebingungan
  • Pusing atau sakit kepala ringan
  • Urine berwarna kuning tua atau oranye
  • Jarang buang air kecil
  • Rasa haus ekstrem

3. Perdarahan Mulut

Rasa asin atau logam di mulut mungkin merupakan tanda adanya perdarahan di mulut. Ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, seperti makan makanan bertekstur tajam seperti keripik.

Lalu, jika gusi sering berdarah setelah menggunakan benang gigi atau menyikat gigi, kemungkinan Anda mengalami penyakit gusi (gingivitis). Kondisi ini juga dapat menyebabkan gusi sakit dan bengkak seiring waktu.

Tanpa pengobatan, penyakit gusi dapat menyebabkan infeksi. Oleh sebab itu, jika Anda sering mengalami perdarahan di mulut atau nyeri tekan yang tidak dapat dijelaskan, segera buat janji dengan dokter gigi.

4. Infeksi Mulut

Melansir Medical News Today, gingivitis yang tidak diobati dapat mengakibatkan infeksi mulut, contohnya periodontitis. Infeksi yang juga tidak diobati dapat memiliki efek jangka panjang pada tulang dan gigi.

Periodontitis bisa menyebabkan sensasi asin ataupun serupa besi, serta dapat menyebabkan:

  • Gigi goyang
  • Nanah pada bawah gigi
  • Luka terbuka pada gusi
  • Gusi sakit
  • Bau mulut

Artikel Lainnya: Penyebab Mulut Terasa Asam, Apakah Berbahaya?

Infeksi mulut lain yang juga bisa menyebabkan sensasi asin yaitu sariawan. Infeksi jamur ini menyebabkan bercak putih muncul di mulut dan sensasi terbakar di mulut. 

Orang yang sedang sariawan mungkin mengalami kesulitan untuk mencicipi makanan ataupun merasakan rasa pahit, logam, dan asin di mulut.

Infeksi human papillomavirus (HPV) juga dapat menyebabkan rasa aneh di mulut. Jika gejalanya tidak ditangani, HPV dapat menyebabkan batuk darah dan rasa logam atau asin di mulut.

5. Penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD)

Dijelaskan oleh drg. Callista Argentina, penyakit GERD juga menjadi salah satu penyebab mulut terasa asin yang berkepanjangan. 

“Orang dengan penyakit GERD biasanya memiliki otot sfingter yang mulai lemah, sehingga asam lambung bisa naik melalui esofagus. Inilah yang menyebabkan rasa tidak enak di mulut, seperti asin, pahit, bahkan asam,” ucap drg. Callista. 

6. Postnasal Drip

Postnasal drip atau penumpukan lendir dapat menyebabkan lidah terasa asin. Lendir dari hidung bisa menumpuk di bagian belakang tenggorokan saat Anda sakit. Jika bercampur dengan air liur di mulut, maka bisa menyebabkan rasa asin.

Adanya lendir tersebut bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, di antaranya:

Obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu membersihkan postnasal drip, yang kemungkinan akan menghilangkan rasa asin.

7. Kekurangan Gizi

Sensasi asin di mulut juga dapat terjadi karena adanya kadar nutrisi yang hilang atau rendah. 

Dokter mungkin akan menguji darah untuk menentukan nutrisi apa yang kurang. Perawatan biasanya melibatkan beberapa bentuk suplemen.

Artikel Lainnya: Ada Sensasi Rasa Sabun di Mulut, Ketahui Penyebabnya

8. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis yang berdampak pada otak atau saraf juga dapat memengaruhi lidah, sehingga menyebabkan munculnya rasa aneh atau asin. 

Adapun sejumlah kondisi yang bisa menjadi penyebabnya seperti multiple sclerosis, Bell's palsy, atau bahkan tumor otak. Orang dengan cedera kepala atau leher mungkin juga mengalami gejala kerusakan saraf.

Sindrom Sjögren dan gangguan sistem kekebalan juga dapat menyebabkan kekeringan pada mata dan mulut. Kondisi ini yang mungkin menjadi penyebab rasa asin bertahan lama, serta nyeri sendi, kelelahan, dan disfungsi organ.

9. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab mulut terasa asin selanjutnya yaitu kondisi hormon yang tidak seimbang. 

Ketidakseimbangan hormon, seperti yang dialami saat wanita menopause atau kehamilan, juga dapat menyebabkan rasa aneh di mulut dan perubahan selera makan. 

10. Efek Samping Obat

Beberapa obat dapat menyebabkan mulut kering dan memunculkan rasa aneh di mulut, termasuk rasa asin. Konsultasikan dengan dokter jika rasa asin muncul setelah Anda mengonsumsi obat tertentu, dokter akan membantu mengidentifikasi penyebabnya. 

Beberapa perawatan kanker juga dapat menyebabkan rasa aneh di mulut. Orang yang menerima perawatan ini mungkin juga mengalami mulut kering, penyebab umum rasa asin bertahan lama.

Cara menghilangkan rasa asin di mulut bergantung pada penyebabnya. Sebagian orang mengatasinya dengan minum beberapa gelas air tambahan sepanjang hari.

Namun, mungkin minum air saja tidak cukup untuk menghilangkan rasa asin di mulut. Oleh karena itu, kunjungi dokter untuk diagnosis dan perawatan yang sesuai. 

Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter gigi lebih cepat dan mudah.

(FR/AYU)

Referensi:

  • Wawancara drg. Callista Argentina.
  • Medical News Today. Diakses 2022. Why do I have a salty taste in my mouth?
  • Healthline. Diakses 2022. Salty Taste in Mouth: Why It Happens and What You Can Do.
  • Harvard Health Publishing. Diakses 2022. Why do I have a salty taste in my mouth?

Ditinjau oleh drg. Callista Argentina

lidahMulutGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait