HomeInfo SehatKankerBenarkah Infeksi HPV Tingkatkan Risiko Kanker Anus?
Kanker

Benarkah Infeksi HPV Tingkatkan Risiko Kanker Anus?

Endah Murniaseh, 18 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain berkaitan kanker serviks, infeksi HPV juga konon dapat meningkatkan risiko kanker anus. Apa kata medis terkait hal tersebut? Cari tahu faktanya berikut ini!

Benarkah Infeksi HPV Tingkatkan Risiko Kanker Anus?

Human papillomavirus atau HPV merupakan jenis virus yang dapat menular melalui kontak kulit. Virus ini terdiri dari lebih dari 100 jenis, dan lebih dari 40% kasus penyebarannya melalui hubungan seksual.

Selama ini infeksi HPV identik dengan risiko kanker serviks. Belakangan, infeksi virus tersebut juga disebut dapat meningkatkan potensi kanker anus.

Lantas, apa kata medis terkait bahaya infeksi HPV? Benarkah keadaan itu bisa mencetuskan kanker anus? Yuk, cari tahu kebenarannya.

Infeksi Virus HPV dan Risiko Kanker Anus

Saat ini, penelitian terkait kemungkinan virus HPV menyebabkan kanker anus masih dilakukan. Namun, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa jenis virus tersebut bisa menyebabkan timbulnya karsinoma sel skuamosa pada anus. 

Senada dengan itu, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan menyebut bahwa virus HPV memiliki lebih dari 150 subtipe. Sebagian di antaranya memang ada yang bisa meningkatkan risiko kanker anus.  

“Terdapat jenis virus HPV yang bisa meningkatkan kanker anus, misalnya subtipe 16,” jelas dr. M. Iqbal.

Artikel Lainnya: Positif HPV, Apakah Pasti Positif Kanker Serviks Juga?

Melansir dari American Cancer Society, jenis HPV lain yang juga diduga berkaitan dengan risiko kanker anus adalah subtipe 18. Namun, subtipe ini sangat jarang ditemukan. 

Satu hal yang perlu ditekankan pada temuan, tidak semua kasus infeksi virus HPV dapat berujung pada kanker anus. Hanya sebagian kecil kasus yang bisa berujung pada keganasan di dubur.

Cara Mengurangi Risiko Kanker Anus

Infeksi virus HPV tidak selalu berujung pada kanker anus. Namun, tak ada salahnya untuk memperkecil risiko keganasan tersebut dengan melakukan cara-cara sebagai berikut:

  • Berhubungan Seks dengan Aman

Menurut dr. M. Iqbal, risiko infeksi HPV bisa diminimalkan dengan menggunakan alat kontrasepsi atau kondom saat berhubungan seksual

Selain itu, Anda juga mesti menjaga kebersihan tubuh sebelum, saat, dan sesudah berhubungan seksual.

Apabila hendak menggunakan mainan seks, pastikan untuk menjaga kebersihannya agar benda tersebut tidak terkontaminasi kuman.

Artikel Lainnya: Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

  • Vaksin HPV

Anda bisa mendapatkan vaksin HPV saat remaja atau sebelum aktif secara seksual guna menurunkan komplikasi akibat infeksi virus tersebut.

Dengan vaksinasi HPV, tubuh Anda bisa mengembangkan sistem kekebalan untuk melawan jenis virus terkait. Alhasil, bila Anda terinfeksi dampaknya tidak begitu fatal pada tubuh.

  • Berhenti Merokok

Merokok merupakan kebiasaan tidak sehat, yang berkaitan dengan beberapa jenis penyakit, salah satunya kanker

Mengutip American Cancer Society, merokok bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mampu memerangi virus HPV dengan optimal.

Punya pertanyaan tentang infeksi HPV? Ingin tahu lebih detail mengenai kanker anus atau penyakit lainnya? Anda bisa berkonsultasi secara daring kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Everything you Need to Know About Human Papillomavirus Infection

American Cancer Society. Diakses 2022. What Causes Anal Cancer?

Verywell Health. Diakses 2022. How HPV Infection Is Linked to Anal Cancer

Ditinjau oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

HPVkanker anus

Konsultasi Dokter Terkait