Diet dan Nutrisi

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Kulit

Zahra Aminati, 13 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Buah ceri yang memiliki rasa manis dan asam dikenal bermanfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat buah ceri bagi kulit? Cari tahu di sini.

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Kulit

Buah ceri memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Umumnya, ceri dikonsumsi mentah, diolah menjadi jus, dan menjadi hiasan di dalam resep aneka kue. 

Perlu diketahui, buah ceri memiliki nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan potasium yang baik bagi kesehatan kulit.  

Dokter Atika menambahkan, “Kandungan polifenol dan vitamin C dalam buah ceri cukup besar. Sehingga berpotensi sebagai antioksidan dan antiperadangan dan hal ini bisa bermanfaat untuk kulit.” 

Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat buah ceri untuk kulit tubuh.

1. Memiliki Efek Antipenuaan

Ceri merupakan buah yang kaya antioksidan. Menurut dokter kulit bersertifikat di New York, Rachel Nazarian, sumber utama antioksidan buah ceri berasal dari anthocyanin. 

Antioksidan tersebut dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Radikal bebas membuat kulit tampak terlihat kusam dan mempercepat timbulnya tanda penuaan seperti garis halus atau keriput.

Tak hanya itu, kandungan vitamin E yang ada di dalam ceri juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif serta kerusakan akibat radikal bebas. 

Artikel Lainnya: Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah Cantik dan Sehat

2. Mengatasi Peradangan di Kulit

Antioksidan yang terdapat dalam ceri berperan sebagai agen antiinflamasi atau antiperadangan. 

Peradangan dapat ditandai dengan kondisi kulit gatal, kemerahan, dan kering. Peradangan juga menyebabkan degradasi serat elastis dan kolagen sehingga menyebabkan penuaan di kulit seiring berjalannya waktu.

Mengonsumsi buah ceri yang kaya antioksidan mampu membantu kulit terhindar dari radikal bebas serta membantu mengatasi peradangan.

3. Mencerahkan Kulit

Buah ceri turut dipercaya berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Pasalnya, vitamin C yang ada di dalam buah ceri membantu pembentukan kolagen yang sehat. 

Kolagen bekerja dengan meningkatkan kekenyalan kulit dan membantu kulit tampak lebih bercahaya.

Vitamin C juga dapat mencerahkan dengan cara menghambat jumlah melanin yang dihasilkan pada sel-sel pigmen kulit. 

Saat dioleskan ke kulit, vitamin C akan berinteraksi dengan tirosinase, enzim utama yang bertanggung jawab mengubah asam amino tirosin menjadi melanin. Dengan mekanisme tersebut, olesan vitamin C dapat mengurangi pigmentasi di kulit.

Artikel Lainnya: Tips Meracik Timun untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Untuk mendapatkan manfaat di atas, Anda bisa mengonsumsi buah ceri segar setiap harinya. Anda bisa mengonsumsi secangkir buah ceri dalam sehari dan tidak disarankan makan buah ini secara berlebihan. 

Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa mengolah ceri menjadi masker wajah. Anda perlu menghaluskan beberapa buah ceri segar yang telah dibersihkan menggunakan air mengalir. 

Setelah itu campurkan dengan satu sendok teh madu hingga teksturnya kental seperti pasta. Oleskan ke kulit selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. 

Apabila ingin menggunakan masker ceri ke wajah, sebaiknya lakukan uji alergi terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan masker ceri dalam jumlah sangat sedikit dan dioleskan ke punggung tangan atau kulit di belakang telinga.

Jika dalam waktu 24 jam timbul gejala alergi, seperti kemerahan, gatal, dan iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian masker tersebut. Bila tidak ada gejala alergi muncul, Anda bisa menggunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. 

Untuk tahu informasi seputar perawatan kulit lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

 

Masker wajahkulitCeri

Konsultasi Dokter Terkait