Kehamilan

Tampung Sperma di Menstrual Cup Agar Cepat Hamil, Efektifkah?

Endah Murniaseh, 17 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan, salah satunya menampung sperma di menstrual cup dan dimasukkan ke vagina. Apakah efektif dan aman?

Tampung Sperma di Menstrual Cup Agar Cepat Hamil, Efektifkah?

Saat menstruasi, beberapa wanita memilih menggunakan menstrual cup karena dianggap lebih ramah lingkungan dan bisa menampung darah hingga 12 jam.

Namun, saat ini penggunaan menstrual cup tidak hanya untuk menampung darah menstruasi. Sejumlah wanita bahkan menampung sperma di menstrual cup untuk membuat mereka cepat hamil. 

Bagaimana menstrual cup sebagai tempat menampung sperma menjadi cara cepat hamil? Simak terus ulasannya berikut ini.

Metode Menampung Sperma di Menstrual Cup untuk Program Hamil

Disampaikan Sherry Ross, MD, seorang obgyn dan pakar kesehatan wanita Amerika Serikat, cukup banyak wanita yang menampung sperma dengan menstrual cup

Untuk melakukannya, wanita meminta pasangannya untuk memasukkan sperma ke menstrual cup setelah berhubungan seks.

Sementara, cara lain yang digunakan adalah segera memasukkan menstrual cup ke vagina setelah berhubungan seks. Ini dilakukan agar sperma tetap berada di dekat pintu masuk rahim.

Artikel Lainnya: Tips Cepat Hamil yang Terbukti Efektif

Dokter Ross juga menyampaikan, pasangan yang menggunakan metode inseminasi buatan untuk mendapatkan anak bisa mencoba cara ini. 

Menampung sperma di dalam menstrual cup agar lekas hamil telah dicoba oleh seorang wanita berusia 36 tahun asal Sunnyside, New York, Julia Dennison. Ia mengaku telah mencoba memasukkan sperma pasangannya ke menstrual cup, kemudian menstrual cup dimasukkan ke vagina layaknya sedang menstruasi. 

Lalu, menstrual cup tersebut dibiarkan di dalam vagina. Pada bulan pertama percobaan, Julia hamil. 

Wanita lainnya yang berhasil hamil setelah mencoba metode ini adalah Karly McBride yang berusia 36 tahun dari Virginia, AS. Karly kesulitan hamil karena suaminya mengalami infertilitas. 

Setelah berhubungan seks, ia segera memasukkan menstrual cup. Setelah satu tahun mencoba cara ini, akhirnya ia bisa hamil. Namun, ia tidak meyakini kehamilannya dibantu oleh penggunaan menstrual cup.

Artikel Lainnya: Pilihan Makanan Tinggi Antioksidan Agar Anda Cepat Hamil

Bisakah Cara Itu Efektif Membuat Wanita Cepat Hamil?

Dokter Ross memercayai cara baru ini bisa membantu wanita untuk cepat hamil. Saat ejakulasi, terdapat jutaan sperma yang berenang. Saat sperma berada di menstrual cup, sperma hanya bisa bergerak satu arah ke sel telur.

Adanya lendir serviks saat wanita berovulasi juga akan membantu sperma berenang melalui serviks dan rahim, hingga akhirnya bisa masuk ke tuba falopi dan terjadi pembuahan. 

Proses pembuahan hanya memerlukan satu sel telur. Jika sudah dibuahi, maka sel telur akan membelah dan terciptalah embrio yang berjalan ke rahim untuk proses implantasi. 

Untuk meningkatkan peluang kehamilan, dr. Ross menyarankan untuk membiarkan sperma berada di dekat serviks dan pintu masuk rahim pada waktu yang agak lama.

Menurutnya, sperma yang sehat bisa bertahan selama tiga hari. Saat sperma berada di leher rahim dan pintu rahim dalam waktu lama, maka peluang sperma untuk bisa berenang ke tuba falopi agar proses pembuahan terjadi juga semakin besar. 

Namun, tidak terdapat pedoman penggunaan menstrual cup untuk menampung sperma. Jadi, ia menyarankan untuk mengikuti anjuran pemakaian menstrual cup pada umumnya yaitu tidak melebihi 12 jam.

Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Sperma yang Sehat untuk Mempercepat Kehamilan

Menanggapi metode ini, dr. Atika menyampaikan efektivitasnya masih diragukan dan perlu dilakukan penelitian lanjutan. 

“Secara medis, hal ini terbilang kecil kemungkinannya [untuk hamil]. Karena, untuk dapat bertemu dengan sel telur, sperma harus sampai ke tuba falopi,” jelasnya.

Dokter Atika juga menyampaikan, cara ini justru bisa memicu iritasi pada area vagina yang disebabkan oleh air mani pria. 

Hal senada juga disampaikan oleh seorang obgyn serta ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas dari Texas, Daniel A. Skora, MD. 

Menurutnya, penggunaan menstrual cup dalam waktu lama bisa membuat pH vagina berubah, serta memicu infeksi jamur dan vaginosis bakterialis

Bila Anda sedang merencanakan kehamilan, lakukan metode yang sudah benar-benar dianjurkan dalam medis.

Konsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan lewat Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, untuk tanya lebih lanjut seputar cara cepat hamil yang aman.

(FR/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Atika.
  • Parents. Diakses 2022. Women Are Using Menstrual Cups to Get Pregnant Faster and It Might Work.
  • Healthline. Diakses 2022. Everything You Need to Know About Using Menstrual Cups.

Ditinjau oleh dr. Atika

KehamilanSpermamenstrual cup

Konsultasi Dokter Terkait