Seks

Alasan Wanita Terlihat Lebih Cantik Setelah Berhubungan Seks

Endah Murniaseh, 10 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata anggapan bahwa seks membuat wanita lebih cantik tidaklah salah. Menurut studi, ini 7 manfaat seks untuk kecantikan wanita!

Alasan Wanita Terlihat Lebih Cantik Setelah Berhubungan Seks

Sudah menjadi rahasia umum kalau seks dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Namun, apakah Anda menyadari bahwa wanita bisa terlihat lebih cantik setelah berhubungan seks?

Wanita lebih cantik setelah berhubungan seks dikaitkan dengan pelepasan hormon yang terjadi setelah hubungan intim.

Bagaimana mekanismenya? Berikut ini beberapa perubahan fisik wanita setelah berhubungan intim menurut medis:

1. Wajah Jadi Bersinar

Seks akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dan sirkulasi darah menjadi lancar. Dua hal ini bisa membuat kulit menjadi bercahaya setelah berhubungan seks.

Selain itu, produksi estrogen akan meningkat setelah berhubungan. Ini akan mencegah kulit menjadi kering, sehingga kulit tetap lembap dan glowing.

Artikel Lainnya: Seks Secara Rutin, Baik untuk Kendalikan Ego Pria?

2. Mencegah Jerawat

Kadar hormon di dalam tubuh bisa menjadi seimbang setelah berhubungan seks. Efeknya, jerawat yang muncul karena faktor hormonal bisa berkurang.

Selain itu, sirkulasi darah yang lancar setelah berhubungan seks akan membantu kulit untuk membuang racun dan menyerap nutrisi.

Melansir Mindbodygreen, jika seks yang dilakukan atas dasar suka sama suka dan dengan cara yang sehat, maka aktivitas ini bisa menurunkan stres.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, seks akan mengurangi stres yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

“Stres akan merilis corticotropin releasing hormone (CRH) yang diproduksi oleh hypothalamic pituitary adrenal (HPA). Ini akan meningkatkan produksi kelenjar minyak seseorang dan meningkatkan risiko inflamasi atau proinflamasi,” jelasnya.

“Inflamasi atau proinflamasi akan berhubungan dengan jerawat. Karena, jerawat berhubungan dengan tingkat inflamasi, infeksi kulit, dan hormonal seseorang,” lanjut dr. Iqbal.

3. Mengurangi Stres

Saat berhubungan seks, tubuh akan melepaskan oksitosin dan dopamin yang bisa menurunkan kadar stres.

Selain itu, saat orgasme, tubuh akan melepaskan prolaktin yang membuat tubuh menjadi relaks, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik bisa mengurangi tingkat stres.

Stres sendiri menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini. Saat stres mereda, kondisi ini dipercaya bisa membuat seseorang jadi terlihat lebih muda.

Akan tetapi, manfaat seks untuk meredakan stres dan kecemasan dianggap bisa bermanfaat pada pasangan yang telah memiliki komitmen dalam hubungan.

Seks yang dilakukan saat one night stand ataupun dalam perselingkuhan justru dinilai bisa menyebabkan stres.

Artikel Lainnya: Berhubungan Seks, Cara Nikmat Tingkatkan Kualitas Tidur

4. Massa Otot Meningkat

Seks membuat Anda harus mengeluarkan tenaga dan kekuatan otot-otot tubuh. Saat berhubungan intim, tubuh juga akan melepaskan hormon pertumbuhan yang bisa meningkatkan massa otot. 

Melansir Medical News Today, menjaga massa otot dalam persentase yang sehat bermanfaat mengelola berat badan yang sehat pula. Wanita pun bisa terlihat lebih cantik dan menarik!

5. Rambut Menjadi Lebih Indah

Estrogen yang meningkat saat berhubungan seks akan membuat rambut berada dalam fase pertumbuhan (anagen), sehingga rambut akan terlihat lebih indah.

Dalam hal ini, penelitian memang belum menunjukkan efek seks secara khusus. Namun, menurut International Journal of Molecular Sciences, wanita hamil yang mengalami peningkatan kadar estrogen terlihat memiliki rambut yang lebih tebal.

Artikel Lainnya: Bikin Jurnal Seks Bisa Tingkatkan Kebahagiaan Anda dan Pasangan

6. Kulit Jadi Awet Muda dan Kenyal

Wanita yang aktif berhubungan seks secara sehat saat usia dewasa cenderung lebih berjiwa muda. Selain itu, estrogen yang meningkat saat berhubungan intim akan membuat kulit tetap sehat.

Sebab, estrogen akan meningkatkan produksi kolagen dan hyaluronic acid, serta menjaga ketebalan kulit. Hal ini membuat kulit tampak lebih awet muda dan kenyal.

Sementara, oksitosin yang dilepaskan saat orgasme akan menurunkan tingkat stres. Saat kortisol atau hormon stres berkurang, maka kerusakan kolagen dan elastin juga berkurang. Munculnya kerutan nantinya juga bisa ditekan.

7. Wanita Terlihat Lebih Menarik

Tidak hanya menciptakan rasa bahagia, seks juga bisa membuat seseorang menjadi terlihat lebih menarik!

Menurut jurnal Facts, Views and Vision in ObGyn, saat berhubungan seks, tubuh akan melepaskan feromon atau senyawa kimia yang memengaruhi respons seksual. Karena senyawa tersebut, wanita bisa lebih cantik setelah berhubungan intim bagi lawan jenis.

Manfaat seks untuk kecantikan dan kesehatan kulit sungguh mengejutkan, bukan? Agar manfaatnya semakin didapatkan maksimal, sebaiknya lakukan aktivitas seks dengan cara yang sehat dan tidak berisiko.

Jika Anda ingin tanya lebih lanjut seputar hubungan seks yang dianjurkan, konsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

  • Wawancara dr. Muhammad Iqbal Ramadhan
  • Consumer Health Digest. Diakses 2022. Sex Makes You Smarter & Look Younger!
  • Mindbodygreen. Diakses 2022. The Beauty Benefits Of Sex: 9 Ways Sex Can Nourish Your Skin, Hair & More.
  • The Health Site. Diakses 2022. 5 ways sex makes you look beautiful and attractive.
  • Medical News Today. Diakses 2022. How and why to calculate muscle mass percentage.
  • International Journal of Molecular Sciences. Diakses 2022. Hormonal Effects on Hair Follicles.

Ditinjau oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

SeksReproduksi Wanita

Konsultasi Dokter Terkait