Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitJus Bawang Merah, Benarkah Bermanfaat untuk Kulit?
Kulit

Jus Bawang Merah, Benarkah Bermanfaat untuk Kulit?

Zahra Aminati, 08 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain menjadi kunci penting dalam masakan, bawang merah disebut-sebut bermanfaat bagi kesehatan kulit. Benarkah demikian?

Jus Bawang Merah, Benarkah Bermanfaat untuk Kulit?

Sebagian besar orang ingin memiliki kulit yang sehat. Beragam perawatan dilakukan untuk mewujudkannya, mulai dari pakai skincare hingga menggunakan bahan alami.

Salah satu bahan alami yang disebut-sebut bermanfaat untuk kulit dan wajah adalah bawang merah. Benarkah konsumsi bawang merah memiliki khasiat baik bagi kulit? Simak ulasannya di sini.

Manfaat Konsumsi Jus Bawang Merah untuk Kulit

Bawang merah mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serta mineral seperti potasium dan mangan.

Dengan nutrisi tersebut, bawang merah dipercaya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit wajah. Berikut manfaat mengonsumsi jus bawang merah untuk kulit wajah.

1. Mengandung Antioksidan yang Baik untuk kulit

Bawang merah mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Selain itu, sumber antioksidan yang berasal dari vitamin A dapat memperlambat sel penuaan dini di kulit.

Tak hanya itu, kandungan sulfur di dalam bawang merah dipercaya dapat memelihara kesehatan dan peremajaan kulit.

Artikel Lainnya: Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Bawang Bombay untuk Kulit

2. Mengandung Sifat Antiinflamasi

Bawang merah memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan di kulit. Mengonsumsi bawang merah dalam bentuk jus dipercaya dapat mengatasi peradangan di kulit akibat respons sistem kekebalan tubuh.

Gejala peradangan tersebut bisa berupa kulit kemerahan, panas, gatal, sensitif, dan bengkak. Penyebab atau pemicu peradangan kulit bisa diakibatkan oleh infeksi kulit.

3. Membantu Meredakan Alergi

Saat mengalami alergi, sel dalam tubuh akan melepaskan histamin yang memicu gejala seperti gatal-gatal di kulit

Dilansir dari Healthline, bawang merah kaya akan quercetin, yaitu jenis flavonoid dapat bertindak sebagai antihistamin alami dengan mencegah pelepasan histamin.

Selain membantu meredakan gatal, manfaat quercetin dari konsumsi jus bawang merah juga meredakan mata dan hidung berair karena alergi.

Perlu diingat bahwa manfaat jus bawang merah untuk di atas belum bisa dibuktikan secara medis atau penelitian. Apabila memiliki alergi terhadap bawang, sebaiknya hindari mengonsumsi jus bawang merah.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Kerokan, Lebih Baik Pakai Baby Oil atau Bawang?

Dokter Atika turut menambahkan, “Belum ada jurnal yang menunjukkan bukti penggunaan jus bawang merah secara topikal (dioles ke kulit). Oleh karena itu, keamanannya untuk kulit wajah masih belum bisa dipastikan.”

“Meskipun umumnya aman digunakan sebagai bahan makanan, mungkin perlu berhati-hati juga terhadap efek samping minum jus bawang merah. Bisa saja penggunaan jus bawang merah secara topikal malah dapat menimbulkan alergi atau iritasi pada orang-orang yang berkulit sensitif,” lanjut dr. Atika.

Untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter dapat merekomendasikan perawatan yang tepat sesuai kondisi kulit masing-masing.

Cari tahu informasi kesehatan kulit lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

Referensi:

Wawancara dr. Atika

Healthline. Diakses 2022. Shallot Benefits.

Organic Facts. Diakses 2022. Shallot.

Verywell. Diakses 2022. Treatment for Skin Inflammation.

bawang merahkulitSkincare

Konsultasi Dokter Terkait