HomePsikologiKesehatan MentalManfaat Merayakan Imlek untuk Kesehatan Mental
Kesehatan Mental

Manfaat Merayakan Imlek untuk Kesehatan Mental

Tri Yuniwati Lestari, 10 Feb 2024

Ditinjau Oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak hanya sekadar menerima angpao, perayaan Imlek ternyata juga memberi manfaat bagi kesehatan mental! Ini 6 manfaat Imlek untuk kesehatan Kamu

Manfaat Merayakan Imlek untuk Kesehatan Mental

Chinese New Year atau Tahun Baru Imlek kerap ditunggu masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Selama perayaan, biasanya rumah dan area lainnya meriah dihiasi dekorasi merah dan emas.

Perayaan Imlek juga menjadi ajang reuni keluarga dan rekan terdekat untuk saling mendoakan kebahagiaan, kesehatan, dan kemakmuran.

Hal ini nyatanya dapat membawa dampak positif bagi mental, lho. Penasaran apa saja manfaat Imlek untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini:

1. Membangun Kedekatan Keluarga

Sama seperti perayaan keagamaan lainnya, perayaan Imlek umumnya menjadi momen kumpul keluarga. Ini akan menjadi ajang untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Tahun baru Imlek juga biasanya dimeriahkan dengan beragam menu khas yang memiliki makna tersendiri.

Menu-menu seperti ikan, jeruk, yu sheng, dumpling, dan lain-lain pun bisa membawa manfaat sehat bagi tubuh selama porsinya tidak berlebihan.

Kumpul keluarga besar dan makan bersama seperti ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dijelaskan Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, makan bersama dengan keluarga besar memberi anak-anak kesempatan untuk belajar lebih banyak cara berkomunikasi dengan orang lain. 

Anak-anak akan memperhatikan bagaimana saudara mereka berinteraksi satu sama lain. Dari situ, anak akan belajar untuk tahu cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

“Kumpul bareng keluarga besar yang mungkin sebelumnya jarang bertemu, ada quality time di sana. Terus, mempererat komunikasi satu sama lain dan juga keterbukaan. Lalu, ada sense of belonging dalam keluarga, jadinya tidak merasa jauh dari keluarga,” ucap Gracia.

Artikel Lainnya: Kiat Tetap Bahagia Saat Liburan Meski Punya Masalah Keluarga

2. Mengajarkan untuk Menghargai yang Lebih Tua

Pada tradisi Imlek, kumpul keluarga biasanya dilakukan di rumah anggota keluarga yang dituakan. Menurut Psikolog Gracia, hal inilah yang mengajarkan untuk menghargai anggota keluarga yang lebih tua.

Selain acara kumpul keluarga dan makan bersama, perayaan Imlek juga biasanya dijadikan momen berdoa bersama. Doa juga biasanya akan dipimpin anggota keluarga yang paling tua.

Artikel Lainnya: Jangan Kendor, Ini Cara Mempererat Hubungan Keluarga

3. Meminimalisir Stres

Momen kumpul sanak saudara saat Imlek dapat menjadi cara mengurangi stres. Berkumpul, bercerita, memasak, bermain alat musik, dan lainnya dapat membuat keceriaan dalam keluarga.

Pasalnya, manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan dukungan sosial. Salah satu cara mendapatkannya adalah berkumpul bersama keluarga selama perayaan tahun baru Imlek.

4. Mengajarkan Anak Cara Menggunakan Uang

Gracia mengungkapkan, acara bagi-bagi angpao untuk anak-anak pada tradisi Imlek dapat dijadikan ajang untuk mengajarkan anak menghargai uang dan menabung.

Kamu dapat mengajak anak menghitung angpao bersama. Lalu, jelaskan bahwa uang dari angpao bisa sebagian untuk jajan dan sebagian lagi ditabung.

“Jelaskan anak untuk apa uang itu ditabung, jelaskan dengan kata-kata yang mudah dimengerti. Misalnya, katakan ‘Adik sebentar lagi mau masuk sekolah, jadi uangnya ditabung untuk membeli sepatu sekolah, ya’, seperti itu,” Gracia mencontohkan.

5. Mengurangi Rasa Kesepian

Merayakan Imlek dapat mengurangi rasa kesepian melalui pertemuan keluarga, interaksi sosial, kegiatan bersama, peningkatan dukungan sosial, dan memberikan rasa keterlibatan dalam komunitas. Dukungan dari orang terdekat tetap penting jika diperlukan.

6. Meningkatkan Kreativitas

Persiapan dan pelaksanaan perayaan Imlek dapat meningkatkan kreativitas kamu loh! perayaan Imlek ini tentu melibatkan berbagai kegiatan kreatif, seperti membuat dekorasi, memasak hidangan khas, atau mengikuti tradisi tertentu.

Aktivitas kreatif ini dapat membantu meningkatkan mood dan rasa kepuasan kamu.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapat dari perayaan Tahun Baru Imlek. Bila berencana merayakannya, lakukan dengan bijak dan tidak berisiko mengganggu kesehatan, ya.

Dapatkan info kesehatan mental lainnya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa konsultasi ke psikolog dan psikiater via LiveChat.

KeluargaImlekkesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait