Diet dan Nutrisi

Manfaat Sehat Salad Yu Sheng, Makanan Khas Imlek

Aditya Prasanda, 31 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Salad yu seng kerap menjadi hidangan utama saat imlek. Ini dia manfaat kesehatan konsumsi salad yu sheng yang perlu Anda tahu.

Manfaat Sehat Salad Yu Sheng, Makanan Khas Imlek

Salah satu makanan khas Imlek yang disajikan saban tahun yaitu salad yu sheng. Salad khas Tiongkok ini berisi potongan ikan mentah, sayur dan saus plum.  

Salad yu sheng biasanya dikonsumsi bersama keluarga. Oleh karena itu, kuliner khas Imlek ini disajikan di dalam wadah besar di tengah meja makan.

Yu sheng dimakan dengan cara yang unik. Sebelum disantap, anggota keluarga yang mengambil yu sheng akan mengaduk makanan tersebut menggunakan sumpit. Salad yang diambil kemudian diangkat tinggi-tinggi, sembari harapan dilisankan sekeras mungkin, lalu disantap.

Tradisi unik tersebut tidak lepas dari filosofi mengonsumsi yu sheng. Menyantap yu sheng menandakan harapan baru untuk sesuatu yang lebih baik di tahun mendatang. 

Di luar filosofi dan tradisi menyantap yu sheng yang khas, tahukah Anda bahwa kuliner ini punya sejumlah manfaat bagi kesehatan? 

Manfaat tersebut berasal dari komposisi makanan dalam salad yu sheng. Berikut khasiat yu sheng yang perlu Anda tahu.

1. Sayur

Sayur merupakan salah satu komponen utama salad yu sheng. Salah satu sayur yang wajib disertakan dalam makanan Imlek ini yaitu daun bawang.

Daun bawang mengandung sejumlah mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu mineral di dalam daun bawang adalah zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. 

Artikel Lainnya: Cara Aman Merayakan Tahun Baru Imlek Saat Pandemi

Daun bawang juga mengandung mineral mangan yang berfungsi membantu sistem saraf dan pengaturan otak.

Tidak hanya itu, wortel merupakan bahan salad yu seng yang mengandung beta karoten, vitamin K1, kalium, serat, dan antioksidan. Khasiat wortel yang paling utama adalah menjaga kesehatan mata dan menurunkan kadar kolesterol.

Salad yu sheng juga berisikan acar yang terdiri dari lobak dan timun. Keduanya kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

2. Rempah

Rempah di dalam salad yu sheng adalah jahe putih dan jahe merah. Selain memberikan sensasi rasa herbal, jahe berperan sebagai pewarna alami.

Rempah ini juga memiliki senyawa antibakteri. Senyawa dalam jahe bermanfaat membantu meminimalkan infeksi patogen yang bersumber dari ikan mentah. Jahe juga berkhasiat menyingkirkan bau amis ikan.

Selain jahe, rempah lainnya yang dapat digunakan dalam resep yu sheng, yaitu wijen hitam dan biji labu. 

Wijen hitam kaya akan kalsium dan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Sementara biji labu mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat menyehatkan jantung.

3. Ikan

Isi yu sheng berikutnya yaitu potongan ikan mentah. Terdapat banyak jenis ikan yang dapat dipilih sebagai isian yu sheng.

Salah satu ikan yang kerap digunakan adalah salmon. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan berkhasiat untuk menyehatkan jantung.

Artikel Lainnya: Efek Buruk Kebanyakan Makan Kue Keranjang

4. Saus Plum

Salad yu sheng belumlah lengkap tanpa baluran saus plum. Saus plum memberikan rasa yang cukup dominan.

Lebih dari itu, saus ini juga memiliki khasiat kesehatan jika diolah dengan tambahan gula yang sangat sedikit.

Pasalnya, disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, buah plum yang menjadi bahan utama saus yu seng mengandung kalium. 

“Fungsi kalium dapat menjaga kontraksi otot jantung, irama jantung, dan tekanan darah sehingga menyehatkan jantung,” katanya.

Itu dia sederet manfaat salad yu sheng. Agar khasiatnya optimal, olah salad Imlek ini menggunakan sedikit garam dan gula, ya

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar info kesehatan lainnya, konsultasi ke dokter via Live Chat KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

Women's Weekly. Diakses 2022. 5 Simple Swaps To Make Your Yu Sheng Healthier Instantly.

Healthline. Diakses 2022. 11 Impressive Health Benefits of Salmon. 

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini.

Makanan SehatSaladImlekSalmon

Konsultasi Dokter Terkait