HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBolehkah Lansia Menjalani Pola Makan Vegetarian?
Diet dan Nutrisi

Bolehkah Lansia Menjalani Pola Makan Vegetarian?

Tri Yuniwati Lestari, 29 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyak orang menjalani diet vegetarian karena dirasa memiliki banyak manfaat kesehatan. Lantas, bolehkah? Berikut penjelasannya.

Bolehkah Lansia Menjalani Pola Makan Vegetarian?

Vegetarian adalah pola makan atau diet yang tidak mengonsumsi sumber makanan dari hewan. Vegetarian hanya mengonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan, seperti sayuran, kacang-kacangan, buah, dan biji-bijian.

Sebagian besar orang yang menjalani pola makan ini mengaku menjadi jauh lebih sehat secara fisik. Dengan manfaat tersebut, bolehkah orang lanjut usia atau lansia menjadi vegetarian? Ini kata dokter.

Bolehkah Lansia Menjadi Vegetarian?

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, lansia boleh menjalani diet vegetarian. Kendati begitu, harus dipastikan bahwa lansia tidak memiliki penyakit kronis atau sedang menjalani pengobatan tertentu

“Pola makan vegetarian itu memiliki manfaat yang baik, menjauhkan dari beberapa kondisi kronis yang sering menyerang lansia, seperti diabetes, hipertensi, kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya,” ucap dr. Iqbal.

Namun, dr. Iqbal mengingatkan bahwa diet vegetarian dapat membuat tubuh kehilangan beberapa gizi penting, salah satunya protein.

Saat menjalani pola makan ini, lansia harus mengganti asupan protein dengan bentuk lain seperti sayuran atau biji-bijian protein tinggi. Pasalnya, asupan protein tinggi umumnya ditemukan pada sumber makanan hewani.

Artikel Lainnya: Lansia, Batasi Makanan dan Minuman Ini untuk Pencernaan Sehat

Protein sangat penting untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Oleh sebab itu, pastikan untuk memasukkan banyak kacang-kacangan, dan biji-bijian ke dalam makanan vegan lansia sebagai pengganti daging.

“Kemudian, pastikan untuk melakukan medical check up rutin supaya dokter dapat mengetahui jika ada kadar gizi yang kurang normal, seperti kekurangan kalsium atau gula darah dan lain-lain,” ucap dr. Iqbal.

Manfaat Menjalani Pola Makan Vegetarian Bagi Lansia

Orang lanjut usia biasanya lebih rentan mengalami kenaikan berat badan. Kemudian, wanita lanjut usia juga memiliki peluang lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung akibat menopause.

Melakukan diet vegetarian dipercaya dapat menghindari kondisi tersebut. Tidak hanya itu, pola makan ini juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2 yang banyak dialami lansia.

Melansir dari WebMd, jika dilakukan dengan benar, pola makan vegetarian memiliki manfaat berikut:

  • Membantu menurunkan berat badan‌.
  • Menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung‌.
  • Meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup‌.
  • Membantu tidur lebih nyenyak‌.
  • Menurunkan risiko darah tinggi.
  • Mengurangi risiko diabetes‌.
  • Menurunkan kolesterol.
  • Mengurangi kemungkinan terkena kanker tertentu‌.

Diet vegan harus mencakup konsumsi berbagai sayuran, kacang-kacangan, dan lemak sehat. Makanan tersebut kaya akan antioksidan dan serat yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta memberi energi bagi tubuh.

Artikel Lainnya: Apa Saja Suplemen yang Sebaiknya Dikonsumsi Lansia?

Tips Diet Vegan Untuk Lansia

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan lansia ketika ingin menjalani pola makan vegetarian. Berikut tipsnya:

1. Mulai Perlahan atau Secara Bertahap

Penting untuk menyesuaikan pola makan vegan secara bertahap. Apabila Anda langsung menghindari sumber makanan hewani, dikhawatirkan dapat terjadi gangguan atau masalah kesehatan tertentu.

Lakukan perubahan sedikit demi sedikit. Misalnya, coba hentikan atau mengurangi konsumsi produk daging dan susu secara bertahap setiap minggunya.

Sembari mengurangi produk hewani, Anda bisa menggantikannya dengan anti produk sumber protein vegan.

Artikel Lainnya: Malnutrisi pada Lansia, Apa Gejalanya?

2. Minta Dukungan Orang Terdekat

Dukungan dari pasangan atau orang-orang terdekat dapat membuat gaya hidup yang Anda tekuni menjadi lebih menyenangkan.

Jelaskan kepada mereka alasan Anda ingin yang beralih menjadi vegetarian. Anda bisa menjelaskan sesuai alasan masing-masing, misalnya demi menjaga kesehatan atau hal lainnya.

3. Bereksperimen Tentang Sumber Makanan Nabati yang Cocok

Mengubah pola makan tidaklah mudah. Maka itu, cobalah bereksperimen atau melakukan uji coba sampai Anda menemukan pola makan yang cocok.

Agar pola makan yang Anda jalani hasilnya maksimal, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi. 

Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tips menjadi vegetarian sesuai kondisi kesehatan Anda.

Ketahui informasi mengenai tips kesehatan dan pola makan bergizi seimbang lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

kesehatan lansiaPola MakanNutrisiVegetarian

Konsultasi Dokter Terkait