Diet dan Nutrisi

Manfaat Biji Kola untuk Kesehatan Tubuh

Zahra Aminati, 03 Feb 2022

Ditinjau Oleh dr. Theresia Yunita

Biji kola yang memberi rasa pada minuman cola ternyata baik untuk kesehatan, lho. Ini dia manfaat biji kola untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Biji Kola untuk Kesehatan Tubuh

Bila Anda gemar minum minuman bersoda, pasti sudah tak asing lagi dengan cola. Rasa cola berasal dari bahan alami dengan nama serupa, yaitu biji kola.

Biji atau kacang kola berasal dari pohon kola yang biasanya ditemukan di hutan hujan Afrika. Buahnya dilindungi cangkang putih yang di dalamnya terdapat biji kola.

Selain untuk menambah rasa, biji kola juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh Anda. Apa saja manfaat biji kola untuk kesehatan? Baca terus ulasan berikut.

Khasiat Kacang Kola untuk Kesehatan

Biji kola telah terdaftar oleh Food and Drug Administration (FDA), AS, sebagai bahan makanan yang aman dikonsumsi.

Dokter Theresia Rina Yunita menjelaskan, “Biji kola mengandung kafein, yang mana berperan untuk merangsang sistem saraf pusat, jantung, dan otot, sehingga baik untuk beberapa manfaat.”

Artikel lainnya: Manfaat Daun Jeruk untuk Kesehatan

Berikut ini sejumlah manfaat biji kola untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Salah satu efek baik dari biji kola datang dari kandungan kafein di dalamnya. Kafein memiliki kemampuan merangsang tubuh dan meningkatkan detak jantung. Biji kola dapat memberikan dorongan metabolisme yang diperlukan orang yang memiliki metabolisme lambat.

Biji kola juga dapat mengoptimalkan kesehatan jantung. Karena, kafein dapat menjadi stimulan kesehatan dalam dosis sedang. Namun, orang-orang yang telah memiliki masalah jantung perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kafein.

2. Meningkatkan Sirkulasi Tubuh

Kandungan kafein dan theobromine di dalam biji kola dapat menstimulasi detak jantung dan meningkatkan sirkulasi. Hal ini membuat biji kola bisa meningkatkan penyebaran oksigen ke bagian penting tubuh tertentu, termasuk kulit, organ, dan bahkan otak.

Itulah mengapa biji kola sering disebut sebagai penguat kognitif. Pasalnya, peningkatan kadar oksigen di otak dikaitkan dengan tingkat kognitif dan konsentrasi yang berpotensi lebih tinggi.

Selain itu, manfaat biji kola juga dapat meningkatkan penyembuhan luka, serta memperbaiki sel melalui peningkatan aliran oksigen dan nutrisi.

Artikel lainnya: Menilik Manfaat Dedak Padi untuk Kesehatan Kulit

3. Melancarkan Pencernaan

Biji kola dikenal sebagai makanan yang biasa dikunyah atau dikonsumsi di Afrika, contohnya dalam pengobatan masalah pencernaan. Di dalam biji kola terdapat bahan aktif yang dapat meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Zat-zat di dalam biji kola juga dinilai mampu membantu mengurangi sembelit, kembung, kram, dan masalah pencernaan lainnya yang lebih serius. Melansir Medical News Today, biji kola dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat meningkatkan efektivitas enzim pencernaan di perut.

4. Memiliki Potensi Antikanker

Penelitian yang dilakukan tentang khasiat biji kola ini memang masih dalam tahap awal dan tengah menjadi perdebatan. Namun, fitoestrogen dan fitoandrogen biji kola diteliti dapat merangsang apoptosis pada sel kanker prostat.

Penelitian lainnya yang bertajuk “Characterization of Bizzy Nut extracts in estrogen-responsive MCF-7 breast cancer cells”, menemukan bahwa biji kola mengandung senyawa bioaktif yang menunjukkan sifat sitotoksik dan bisa menginduksi apoptosis pada sel kanker payudara.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam akar, batang, dan daun pohon kola terdapat senyawa volatil yang dapat menurunkan risiko infeksi bakteri tertentu di dalam tubuh manusia. Infeksi bakteri yang dimaksud adalah bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti bronkitis.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai apakah benar biji kola juga memiliki senyawa volatil yang mirip dengan akar, batang, dan daun pohon kola.

Dokter Theresia mengatakan penggunaan biji kola di Indonesia masih jarang. “Hal ini karena manfaat atau efeknya sama dengan biji kopi, teh, ataupun suplemen lain yang mengandung kafein, sehingga kita lebih mengandalkan biji kopi, teh, dan lainnya.”

Artikel lainnya: Manfaat Daun Belalai Gajah untuk Kesehatan

Risiko Konsumsi Biji Kola

Biji kola atau produk yang mengandung biji kola memang tidak diperuntukkan bagi semua orang. Beberapa orang yang alergi terhadap biji-bijian, perlu menghindari biji kola. Reaksi alergi yang bisa muncul setelah konsumsi biji kola antara lain gatal-gatal, sakit perut, dan sulit bernapas.

Orang yang memiliki masalah medis tertentu mungkin juga disarankan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung biji kola. Misalnya, biji kola tidak baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi atau kondisi jantung tertentu karena ada efek stimulannya.

Selain itu, orang yang sulit tidur sebaiknya menghindari konsumsi biji kola. Tingginya kadar kafein di dalam biji dan suplemen kola dapat merangsang sistem saraf pusat dan membuat sulit tidur, terutama bagi orang yang sensitif terhadap kafein.

Itulah manfaat kacang kola untuk kesehatan. Beberapa khasiat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Untuk itu, disarankan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi produk mengandung biji kola.

Konsultasi langsung secara daring lebih mudah via Live Chat aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

kafeinKesehatan Tubuh

Konsultasi Dokter Terkait